uefau17.com

Cara Bikin CV Anti Gagal dalam Hitungan Menit Pakai ChatGPT, Biar Gampang Cari Kerjaan - Tekno

, Jakarta - Berkat kecanggihan ChatGPT, kini kamu bisa bikin Curriculum Vitae (CV) dengan lebih cepat, nggak perlu capek ngetik panjang lebar.

Kalau kamu seorang fresh graduate yang ingin melamar pekerjaan, CV menjadi salah satu dokumen penting yang harus kamu buat.

CV merupakan dokumen yang memuat berbagai riwayat kehidupan serta keahlian yang dimiliki. CV biasanya menunjukkan pengalaman, pendidikan, penghargaan, dan karya yang telah dibuat.

Pun demikian, tak sedikit dari kita yang merasa kesulitan untuk membuat CV, entah karena kebingungan keahlian apa saja yang ingin dimasukkan karena terlalu banyak keahlian yang dimiliki, atau bahkan bingung karena tidak memiliki keahlian sama sekali.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ChatGPT bisa bantu kamu membuat CV dengan sangat cepat, dan pastinya disesuaikan dengan keahlian yang kamu punya.

Seperti yang diketahui, ChatGPT merupakan chatbot AI buatan OpenAI yang dapat digunakan untuk membantu pengguna dengan menjawab pertanyaan ke dalam prompt dengan sangat cepat. Tak hanya itu, alat AI generatif ini bisa membantu membuatkan beberapa daftar, salah satunya CV.

Mengutip CNET, Jumat (22/6/2024), alat AI ini bisa mensintesis, menyusun, dan merangkum informasi untuk membantu pembuatan CV jadi lebih cepat.

Kamu bisa merangkum CV dengan cepat baik menggunakan ChatGPT versi gratis maupun berbayar. Ingin tau gimana cara bikin CV pakai ChatGPT, simak artikel ini ya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Membuat CV dengan ChatGPT

Sebelum membuat CV di ChatGPT, kamu perlu membubuhkan konteks ke dalam kolom ChatGPT agar hasil yang diberikan AI tidak keliru.

Sebagai permulaan, kamu bisa mengetikkan perintah seperti contoh "Bisakah kamu membuatkan Resume/CV untuk saya" di kolom perintah.

Lalu, ChatGPT akan meminta semua informasi yang dibutuhkan untuk membuat CV, seperti nama lengkap, kontak pribadi, ringkasan pengalaman, pengalaman kerja, pendidikan, keahlian, projek yang dilakukan, penghargaan yang diterima, bahasa yang dikuasai, ataupun kegiatan lain yang bisa dijadikan nilai tambah.

Kemudian, kamu bisa mengisi sesuai dengan permintaan dari ChatGPT. Kamu tidak perlu mengisi semua permintaan dari ChatGPT karena sistem tersebut bisa mengorganisasikan semua informasi yang dimasukkan dan menyatukannya menjadi sebuah CV yang menarik.

Masukkan Informasi yang Tak Terlalu Sensitif

Untuk menjaga informasi pribadi agar tak diambil secara diam-diam oleh ChatGPT, hindari untuk memasukkan informasi yang terlalu sensitif.

Kamu bisa menambahkannya nanti saat memindahkan data yang dihasilkan ChatGPT ke aplikasi lain, seperti Microsoft Word maupun Google Docs.

3 dari 4 halaman

Penyesuaian Hasil CV yang Telah Dibuat

Setelah CV telah dirangkum oleh ChatGPT, kamu bisa memberikan penyesuaian akhir agar CV tersebut sesuai dengan keinginan kamu.

Sebelum melalukan penyesuaian akhir, kamu bisa meminta ChatGPT untuk memberikan daftar singkat saran tentang cara meningkatkan CV.

Lalu, ChatGPT akan memberikan saran yang cukup membantu, seperti menyesuaikan CV dengan pekerjaan tertentu, menambahkan kata kunci, dan lain sebagainya.

Setelah itu, kamu bisa membuat CV kamu agar lebih menarik serta lebih terlihat profesional, seperti meminta agar ringaksan pengalaman yang dibuat ChatGPT lebih ringkas, meringkas halaman CV, atau saran lain yang telah disebutkan oleh ChatGPT.

Ketika dirasa sesuai, kamu bisa memindahkan hasil pembuatan CV di ChatGPT dengan menyalin informasi tersebut ke aplikasi seperti Google Docs atau Microsoft Word untuk memasukkan informasi pribadi.

Sebagai catatan, kamu tidak perlu membubuhkan data pribadi kamu ke ChatGPT jika kamu merasa informasi tersebut dirasa sensitif.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Rekomendasi Chatbot AI Terbaik

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat