uefau17.com

Melihat 6 Uji Ketahanan Oppo A60 di Pabrik Oppo Indonesia, Dijatuhkan Ribuah Kali hingga Disiksa di Suhu Ekstrem! - Tekno

, Jakarta - Oppo A60 resmi dijual di Indonesia mulai hari ini, Kamis (17/5/2024) secara online di e-commerce. HP ini memiliki keunggulan pada ketahanan bodi yang sangat kokoh, dibalut dengan desain elegan di kelas harganya.

Tak hanya sekadar ucapan belaka, Oppo bahkan menguji ponsel ini dengan serangkaian tes ketahanan untuk membuktikan kehebatan Oppo A60 dalam hal durabilitas.

Untuk membuktikannya, Oppo Indonesia mengajak rekan media, termasuk tim Tekno untuk melihat sendiri proses pengujian durabilitas Oppo A60.

Untuk itu, berikut beberapa pengujian ketahanan HP Oppo A60 di pabrik Oppo Indonesia, Tangerang.

1. Uji Drop Test

Pengujian pertama yang diperlihatkan Oppo Indonesia adalah dijatuhkan secara berulang (drop test). Pengetesan ini dilakukan untuk melihat seberapa tahan Oppo A60 saat dijatuhkan beberapa kali.

Drop test dilakukan dengan dua metode berbeda, yaitu dengan dijatuhkan dalam ketinggian 10 cm dan 1 meter.

Salah satu teknisi Oppo Indonesia menyebutkan kalau pengujian ini dilakukan hingga 7.000 kali di segala sisi selama dua hari.

Seletah dijatuhkan beberapa kali, penguji akan mengecek keseluruhan smartphone, mulai dari sektor bodi hingga fungsionalitas dari HP Oppo A60. Jika terdapat masalah saat pengetesan, maka ponsel akan ditarik dan tidak akan dilepas ke pasar.

"Kalau semisal terjadi masalah, maka smartphone tidak akan dikirim ke market sebelum semua uji ketahanan lulus," ujar salah satu teknisi Oppo Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Uji Guncangan

Pengujian selanjutnya adalah uji ketahanan terhadap guncangan (rumble test). Pengetesan ini dilakuakn untuk melihat apakah Oppo A60 tahan terhadap segala guncangan.

Uji ketahanan ini dilakukan di mesin khusus yang akan menghantam Oppo A60 dengan guncangan terus-menerus selama 75 putaran dan dilakukan selama satu jam.

Untuk mellihat seberapa tahan ponsel ini, akan dilakukan pengecekan setiap 15 putaran, dan teknisi akan mengecek setiap fungsi apakah masih tetap bekerja dengan baik, seperti LCD, kamera, dan pengetesan fungsionalitas lainnya.

3. Uji Ketahanan Debu

Debu merupakan salah satu kelemahan utama dalam sebuah smartphone. Agar Oppo A60 tetap dapat berfungsi optimal meski diterjang debu, Oppo Indonesia juga melakukan pengetesan ketahanan terhadap debu.

Jenis debu yang digunakan dalam pengujan ini adalah debu khusus yang memiliki ukuran sangat kecil, sehingga kondisi pengujian ini bisa dibilang cukup sulit.

Kendati demikian, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi Oppo A60. Sebab, HP ini telah memiliki ketahanan terhadap partikel kecil, termasuk debu, sehingga tak mudah masuk ke dalam komponen ponsel.

3 dari 4 halaman

4. Uji Suhu Ekstrem

Pengujian lain yang dilakukan adalah uji ketahanan terhadap suhu ekstrem (temperature shock test). Pengetesan ini dilakukan dengan cara meletakkan Oppo A60 ke dalam mesin khusus.

Mesin ini akan menguji seberapa tahan ponsel ini ketika berada di suhu yang menantang. Tak tanggung-tanggung, pengujian ini dilakukan pada suhu dingin -45 hingga suhu sangat tinggi, 70 derajat celcius.

Hasilnya, Oppo A60 tetap dapat berfungsi dengan normal meski diletakkan di suhu seekstrem apapun.

5. Uji Kelembaban

Pengujian selanjutnya adalah pengetesan terhadap kelembaban. Oppo A60 akan diletakkan pada mesin yang akan diatur pada suhu 65 derajat dengan tingkat kelembaban 90 persen. Tes ini dilakukan selama kurang lebih tiga hari.

Pengetesan terbilang cukup ekstrem untuk sebuah uji ketahanan smartphone. Kendati demikian, ponsel ini teryata masih bisa digunakan dengan normal.

Bahkan, saat dilakukan pengujian kamera, Oppo A60 masih dapat menangkap gambar dengan sangat tajam.

4 dari 4 halaman

6. Uji Listrik Statis

Pengujian terakhir yang ditunjukkan adalah uji ketahanan terhadap listrik statis (electrostatic discharge/ESD). Ini dilakukan untuk melihat seberapa tangguh Oppo A60 terhadap guncangan listrik secara tiba-tiba.

Pengetesan ini dilakukan dengan cara menyalurkan listrik 10 kilovolt. Setiap sudut ponsel diberikan arus listrik sebesar itu hingga sekitar 20 titik berbeda.

Tak hanya disetrum, Oppo A60 juga diberikan arus listrik besar saat transfer file ke komputer. Dan hasilnya, ponsel tetap bekerja secara normal.

Serangkaian pengujian tersebut dilakukan untuk memastikan Oppo A60 tetap bisa membantu aktivitas pengguna, bahkan pada kondisi ekstrem.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat