uefau17.com

Spesifikasi PS5 Pro Bikin Ngiler! Sudah Dukung Ray Tracing dan Bakal Rilis Akhir Tahun 2024 - Tekno

, Jakarta - PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) akan menjadi konsol Sony yang diluncurkan di pasaran, dengan target pengumuman pada akhir tahun 2024.

Rumor terkini PS5 Pro datang dari sumber anonim yang mengetahui rencana Sony. Dilansir The Verge, Selasa (16/4/2024), spesifikasi konsol baru ini akan hadir dengan GPU dan CPU lebih kencang dari PS5 sekarang.

Laporan The Verge juga menyebutkan, sejumlah pengembang game sudah diminta agar game buatan mereka sudah kompatibel dengan PS5 Pro dan sudah mendukung ray tracing.

Konsol penerus PS5 ini akan dilengkapi dengan memori lebih besar dan cepat, serta peningkatan rendering GPU yang diklaim "45 persen lebih cepat" dibandingkan PS5 standar.

Secara keseluruhan, spesifikasi PS5 Pro akan mengalami peningkatan signifikan di GPU, meskipun konsol ini masih menggunakan CPU sama dengan PS5 di pasaran saat ini.

Berdasarkan informasi yang diungkap sumber anonim tersebut, konsol PS5 dengan kode nama Trinity itu akan memiliki "mode standar" dan "mode frekuensi CPU tinggi".

Untuk mode standar, CPU konsol akan beroperasi dikecepatan dengan kecepatan CPU 3,5GHz. Sedangkan untuk mode baru di konsol PS5 Pro, pengembang dapat memanfaatkan kecepatan konsol hingga 3,85GHz.

Untuk membantu performa konsol PS5 Pro ini lebih cepat, Sony juga melakukan perubahan atau lebih tepatnya peningkatan di memori konsol sebesar 25 persen--576 GB/s ketimbang 448 GB/s di PS5.

Sesuai dengan bocoran sebelumnya, konsol baru milik perusahaan asal Jepang itu juga sudah dilengkapi dengan teknologi PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR).

Disebutkan, PSSR ini berfungsi sebagai solusi upscaling grafis di kebanyakan game--seperti DLSS Nvidia dan FSR milik AMD--untuk menignkatkan frame rate tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Jika pengembang dapat menyiapkan game mereka tepat waktu, peluncuran PS5 Pro diperkirakan akan terjadi pada musim liburan tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sony 'Ngamuk' Usai Spesifikasi PS5 Pro Bocor

PS5 serta beberapa aksesoris pelengkap. (Doc: PlayStation)

Di sisi lain, Sony hingga saat ini memang belum mengonfirmasi keberadaan PlayStation 5 Pro (PS5 Pro). Akan tetapi, bocoran konsol baru tersebut sudah beredar di internet.

Terkini, bocoran spesifikasi PS5 Pro membuat Sony 'kebakaran jengot' dan memutuskan untuk melakukan penyelidikan tentang sosok yang membocorkan informasi tersebut.

YouTuber Moore's Law is Dead pertama kali mengunggah video spesifikasi PS5 Pro, yang tampaknya adalah merupakan dokumentasi resmi konsol baru Sony tersebut.

Selang beberapa waktu kemudian, Tom Henderson dari Insider Gaming mengonfirmasi detail, dan men-tweet pada hari Senin tentang penyelidikan oleh pihak Sony.

Mengutip Gizmodo, Sabtu (30/3/2024), pihak Sony sedang melakukan penyelidikan terhadap siapa yang membagikan spesifikasi PS5 Pro tersebut.

 

 

3 dari 4 halaman

Performa PS5 Pro

<p>Cek Harga dan Spesifikasi PS5 Slim, Konsol Terbaru dari Sony yang Akan Meluncur di Indonesia. (Doc: PlayStation)</p>

Disebutkan, dokumen-dokumen tersebut kemungkinan dibagikan kepada mitra pihak ketiga. Hal ini sejalan dengan rumor, penerus PS5 itu akan dirilis akhir tahun ini.

Sayang, hingga kini perusahaan berbasis di Jepang itu belum memberikan komentar terkait penyelidikan dan rincian hardware yang bocor di internet.

Berdasarkan informasi saat ini, PS5 Pro memiliki performa 67 teraflop untuk perhitungan floating point 16-bit.

Bila benar, maka angka tersebut setara dengan 33.5 teraflop untuk komputasi single-precision, dan secara kasar memberikan peningkatan performa rendering hingga 45 persen dibanding PS5 standar.

Untuk gambaran, PS5 saat ini memiliki kemampuan 10.28 teraflop. Bila angka ini benar adanya, maka performa PlayStation 5 Pro akan mengalami peningkatan signifikan.

Dokumen tersebut juga menyebutkan, performa PS5 Pro ini menjanjikan ray tracing 3 kali lipat lebih baik ketimbang PS5--hingga 4x dalam beberapa situasi. 

4 dari 4 halaman

Jadwal Rilis PS5 Pro

PS5. (Doc: Sony PlayStation)

PS5 Pro dikabarkan bakal meluncur pada tahun ini, setelah penjualan konsol baru Sony itu jauh dari ekspektasi perusahaan.

Analis mengatakan, PS5 Pro ini akan meluncur pertengahan akhir tahun 2024. Kehadiran model "Pro" ini memang sudah banyak dinantikan.

 PS5 sendiri meluncur pertama kali pada akhir tahun 2020, di mana kala itu kondisi pasar konsol sedang mengalami kekurangan chipset.

Akibatnya, pasokan chipset untuk konsol baru Sony ini pun langka di pasaran dan berujung melambungnya harga PS5 saat ini.

Namun, terbatasnya stok konsol Sony tersebut akhirnya berakhir pada tahun 2023. Sejak pasokan berangsur normal, rumor PS5 Pro pun langsung bermunculan.

Salah satu awal rumor ini datang ketika fans dengan jeli melihat paten Sony, dan terkini datang dari laporan dari orang dalam industri gaming.

CEO Kantan Games, Serkan Toto, baru-baru ini membagikan kabar tentang kehadiran varian baru PS5 tersebut.

Mengutip laporan CNBC via Gamerant, Rabu (21/2/2024), kemungkinan PS5 Pro akan meluncur pada akhir tahun 2024.

Rumor konsol Sony ini muncul setelah laporan Sony minggu lalu, di mana PS5 telah memasuk akhir siklus hidupnya. Karena itu, wajar langkah berikutnya untuk mengganti konsol Sony ini adalah PS5 Pro.

Jika analis ini benar, PS5 Pro akan hadir sebelum rilis GTA 6 pada tahun 2025.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat