uefau17.com

Oppo Rilis ColorOS 14 untuk Pengguna Global, Cek Deretan Fitur Baru - Tekno

, Jakarta - Oppo telah resmi meluncurkan ColorOS 14 versi global. ColorOS terbaru ini memperkenalkan desain aquamorphic yang dioptimalkan, fitur cerdas berbasis AI, sekaligus menawarkan performa yang lebih mulus.

Dalam ColorOS 14, Oppo mengoptimalkan desain aquamorphic yang diperkenalkan pertama kali di ColorOS 13.

Pengoptimalan dilakukan pada berbagai bagian, seperti efek suara baru, sistem warna, interaksi, dan pembaruan lain untuk memberikan pengalaman pemakaian yang ringkas dan intuitif.

Melalui keterangan resmi yang diterima, Selasa (16/1/2024), untuk di Indonesia, ColorOS 14 melakukan debutnya di lini Oppo Reno 11 yang baru saja diperkenalkan.

"Kami senang sekali dengan diluncurkannya ColorOS 14 ini secara global, yang juga bertepatan dengan resmi tersedianya OPPO Reno11 Series secara luas di seluruh Indonesia," tutur Chief Marketing Officer Oppo Indonesia Patrick Owen.

Seperti disebutkan, salah satu peningkatan yang dilakukan Oppo di ColorOS terbaru ini ada di sisi suara. Menurut perusahaan asal Tiongkok itu, suara merupakan faktor yang memainkan peran penting dalam memberikan pengalaman intuitif pada pengguna.

Oleh sebab itu, Oppo bermitra dengan Sonic Minds dan Epicsounds untuk menghadirkan suara baru ke ColorOS 14. Efek suara ini mencakup sepuluh set nada dering bertema aquamorphic untuk panggilan, alarm, dan notifikasi, termasuk tujuh desain suara UI.

ColorOS 14 yang berbasis Android 14 ini, Oppo juga menghadirkan sistem aquamorphic colouring yang dapat beradaptasi dengan status dan waktu pada smartphone.

Melalui pencocokan warna secara cerdas sesuai konteks, sistem pewarnaan dinamis ini membuat penerimaan dan pemahaman informasi jauh lebih efektif, sekaligus intuitif dalam memberikan pengalaman pengguna yang lebih nyaman.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fitur Lain di ColorOS 14 Berbasis Android 14

Oppo juga menyertakan memperkenalkan desain aqua dynamics terbaru. Fitur ini akan mengintegrasikan interaksi umum dalam bentuk gelembung, kapsul, dan panel untuk menyajikan informasi yang mengalir dan menyatu secara alami.

Update juga akan diberikan pada fitur Always-On Display. Pada pembaruan ini, ada fitur Always-On Display Green baru untuk meningkatkan kesadaran pengguna tentang perubahan iklim dan perlindungan lingkungan.

Tidak hanya itu, ada pula serangkaian fitur cerdas berbasis AI untuk membantu pengguna meningkatkan efisiensi aktivitas mereka sehari-hari. Beberapa fitur berbasis AI yang hadir adalah SmartTouch, File Dock, serta Smart Image Matting.

Peningkatan performa juga dilakukan di ColorOS terbaru ini. Oppo mengklaim, Trinity Engine di ColorOS 14 mampu meningkatkan kelancara dan stabilitas smartphone dengan mengelola sumber daya komputasi, memori, dan penyimpanan secara efisien.

Trinity Engine memiliki tiga fitur utama yang terdiri dari visualisasi ROM, vitalisasi RAM, dan vitalisasi CPU.

 

3 dari 4 halaman

Kehadiran Smart Charging ColorOS 14

Oppo turut membenamkan Smart Charging sebagai algoritma AI untuk penyesuaian arus pengisian daya berdasarkan status penggunaan smartphone untuk membantu mencegah pemakaian baterai yang tidak diperlukan.

Keamanan dan privasi turut ditingkatkan dalam update ini. Kini, ColorOS mengintegrasikan kemampuan privasi dasar Android 14 dan memperkenalkan fitur baru yakni Picture Keeper.

Lewat fitur ini, pengguna bisa mencegah aplikasi menyalahgunakan izin akses foto atau video pribadi mereka. Jadi, aplikasi perlu mendapatkan izin untuk mengakses foto atau video yang dipilih setiap kali pengguna mengaktifkan pengelolaan izin baru.

Oppo juga bekerja sama dengan mitra strategis untuk menghadirkan kemudahan dalam penggunaan ColorOS. Beberapa mitra strategis yang bekerja sama adalah Grab dan Snapchat.

Selain itu, Oppo turut berkolaborasi dengan Microsoft untuk menciptakan ekosistem yang mulus antara Windows dan ColorOS.

 

4 dari 4 halaman

Daftar HP yang Kebagian ColorOS 14 di Awal 2024

Setelah diperkenalkan pada kuartal akhir 2023, Oppo berencana untuk merilis ColorOS 14 ke lebih banyak perangkat di kuartal pertama 2024.

Daftar HP Oppo yang Mendapat ColorOS 14 di kuartal pertama 2024

Versi Beta

  • Oppo Reno8 Z 5G
  • Oppo F21s Pro 5G
  • Oppo A79 5G
  • Oppo A78
  • Oppo A59 5G
  • Oppo Pad Neo

Versi Resmi

  • Oppo Find N3
  • Oppo Find N3 Flip
  • Oppo K10 5G
  • Oppo A77 5G
  • Oppo A58
  • Oppo A38
  • Oppo A18

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat