uefau17.com

Uji Kualitas Audio Samsung Galaxy Buds FE, Suara Bass Nendang dengan Fitur ANC dan Ambient Sound - Tekno

, Jakarta - Samsung menawarkan true wireless stereo (TWS) terjangkau lewat Galaxy Buds FE. Meski dibanderol Rp 1 jutaan, buds ini memiliki fitur premium, seperti Active Noise Cancellation (ANC), Ambient Sound, dan Deep Neural Network (DNN) yang berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Galaxy Buds FE bahkan memiliki performa serupa seperti Galaxy Buds Pro, di mana teknologi ANC-nya mampu memblokir sejumlah besar suara (hingga 98 persen) yang tidak saya diinginkan.

Saat menggunakan TWS ini dalam perjalanan ke kantor dengan transportasi umum, saya hanya mendengar sedikit suara sekitar. Obrolan para penumpang di dalam bus berhasil diredam dengan sangat baik, meskipun suara sirine masih sedikit terdengar.

Fitur di Samsung Galaxy Buds FE ini tentu sangat berguna untuk perjalanan darat maupun penerbangan agar kamu tidak terganggu dengan kebisingan sekitar.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. /Iskandar</p>

Fitur ANC dipadukan dengan Ambient Sound yang memungkinkan saya tetap bisa aware dengan lingkungan sekitar. Misalnya, ketika menyeberangi jalan, saya tak perlu melepas earbuds karena keadaan di lingkungan sekitar bisa terdengar cukup baik.

Kamu pun bisa mendengarkan musik sesuai kebutuhan hanya dengan beralih dari ANC ke Ambient Sound atau sebaliknya melalui aplikasi Galaxy Wearable yang telah terhubung dengan Galaxy Buds FE.

Fitur canggih lainnya adalah asisten virtual Bixby yang dapat diaktifkan dengan perintah suara, dan beroperasi secara sempurna di ponsel Galaxy.

Ada pula Gaming Mode untuk menurunkan latensi atau jeda suara saat bermain game mobile atau menonton video streaming.

Kamu bahkan bisa melakukan Earbud Fit Test (tes kecocokan earbud) untuk memberi tahu apakah sudah mendapatkan kenyamanan atau tingkat kekedapan yang pas di telinga.

Jika dirasa belum pas, kamu bisa memilih tiga ukuran eartips dan dua ukuran wingtips yang sudah tersedia dalam paket penjualan.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. /Iskandar</p>

Selain itu, Galaxy Buds FE juga memiliki area grip yang telah dirancang sedemikian rupa agar earbuds tidak mudah terlepas dari telinga, bahkan ketika kita sedang banyak bergerak, seperti berolahraga.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bass Menghentak dengan 5 Pilihan EQ

Kualitas audionya pun harus saya akui bisa menghasilkan suara detail dengan bass powerful. Ya, TWS ini cocok untuk mendengarkan sejumlah genre musik dengan karakter bass yang dalam.

Antara lain seperti genre musik electronic dance music (EDM), rhythm and blues, pop, dubstep, hip hop, R&B, dan juga techno.

<p>Pengaturan EQ Samsung Galaxy Buds FE di aplikasi Galaxy Wearable. /Iskandar</p>

Equalizer (EQ) bawaannya pun terdengar solid, dengan bass kuat yang menghentak. Jika tak begitu suka dengan karakter bass yang terlalu nendang, kamu bisa memilih lima EQ lainnya via aplikasi Galaxy Wearable: Bass Boost, Soft, Dynamic, Clear, dan Treble Boost.

Menurut saya, Clear menawarkan kualitas suara paling konsisten, di mana saya dapat menikmati suara pukulan drum dan riff gitar yang mengalir mulus ke telinga lewat lagu 'Dance With Me' dari Blink 182.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. /Iskandar</p>

Beralih ke musik pop, lagu 'Water' dari Tyla berhasil disajikan dengan apik. Unsur afrobeats-nya terdengar tajam dan suara vokal Tyla pun mengalun dengan lembut. Kedua lagu tersebut saya putar lewat Spotify.

<p>Samsung Galaxy Buds FE. /Iskandar</p>

Menikmati konten video streaming, seperti Netflix pun cukup memuaskan. Setiap adegan perkelahian seperti pukulan dan ledakan dari senapan terasa apik dan jelas dalam film aksi pembunuh bayaran 'The Killer (2023)'.

Galaxy Buds FE juga menawarkan kontrol sentuh yang bisa kamu eksekusi melalui bodi earbuds (kanan dan kiri). Antara lain play/pause lagu dengan sekali tap, memutar musik selanjutnya (next track) dengan double tab, lalu sentuh dan tekan untuk beralih dari mode ANC ke Ambient atau sebaliknya.

<p>Pengaturan kontrol sentuh Samsung Galaxy Buds FE di aplikasi Galaxy Wearable. /Iskandar</p>

Kamu juga bisa mengontrol panggilan masuk dengan double tap untuk menjawab/mengakhiri panggilan atau sentuh dan tekan untuk menolak panggilan masuk.

 

 

3 dari 6 halaman

Mikrofon dengan Deep Neural Network (DNN)

Selain ANC dan Ambient Sound, fitur canggih lainnya adalah Deep Neural Network (DNN) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Teknologi ini bisa menyaring suara bising di lingkungan sekitar, khususnya saat kamu sedang berinteraksi dengan orang lain (menerima telepon atau online meeting).

Samsung Galaxy Buds FE. /Iskandar

DNN juga membuat mikrofon pada Galaxy Buds FE mampu menghadirkan panggilan suara lebih jernih. TWS besutan Samsung ini mengusung tiga mikrofon: mikrofon utama, submicrophone, dan mikrofon bagian dalam.

Sistem tiga mikrofon ini bekerja secara harmonis untuk menangkap suara pengguna dengan akurat sehingga input suara lebih lantang dan jelas.

 

4 dari 6 halaman

Daya Tahan Baterai hingga 30 Jam

Galaxy Buds FE dibekali ketahanan baterai hingga 8,5 jam saat digunakan secara aktif tanpa menyalakan fitur ANC.

Saat ANC aktif, Galaxy Buds FE memiliki ketahanan baterai hingga 6 jam. Masa pakai baterainya cukup akurat, yang mana saya bisa menggunakan Galaxy Buds FE selama tiga hari (sekitar 2 jam setiap hari).

Kamu bahkan bisa mendapatkan waktu pemakaian hingga 21 jam atau bahkan 30 jam--tergantung cara kamu menggunakannya--berkat tambahan baterai pada casing.

Dengan ketahanan baterai tersebut, selain untuk call dan mendengarkan musik, TWS ini juga bisa digunakan untuk streaming film dan series atau pun main game seharian. Cocok untuk milenial dan Gen Z yang aktif.

 

5 dari 6 halaman

Desain Minimalis

Galaxy Buds FE mengusung desain minimalis yang memang mirip dengan saudaranya, seperti Galaxy Buds Pro, Buds2, Buds2 Pro, dan Buds Live.

TWS ini tersedia dalam dua warna pilihan yaitu Graphite dan White yang modern, timeless, dan versatile untuk dipadukan dengan berbagai outfit pengguna.

Samsung juga melengkapi Galaxy Buds FE dengan casing kolaborasi bertema Minions, Pringles, hingga Pokemon yang dijual terpisah.

Tekno mendapatkan unit review Galaxy Buds FE bersamaan dengan casing Minions Edition atau Minions Edition Samsung Eco-Friends. Sesuai namanya, casing edisi khusus ini terbuat dari bahan daur ulang.

Galaxy Buds FE dengan casing Minions Edition Samsung Eco-Friends. /Iskandar

"Terbuat dari material PC daur ulang (PCM lebih dari 40%, PCM yang digunakan disertifikasi oleh UL/Underwriters Laboratories)," tulis Samsung dalam keterangan produk Minions Edition Samsung Eco-Friends di situs resminya.

Perusahaan menjelaskan, Samsung Eco-Friends adalah nama koleksi aksesori yang dibuat dengan bahan daur ulang lebih dari 40% total volumenya oleh produsen pihak ketiga yang merancang dan memproduksi aksesori yang kompatibel dengan Samsung Electronics Co., Ltd.

Harus kami akui, tampilan case putih Galaxy Buds FE yang tampak polos, menjadi terlihat makin 'Kiyowo' saat menggunakan casing yang dibanderol Rp 499 ribu ini. Untuk diketahui, Kiyowo merupakan bahasa Korea Selatan yang artinya lucu atau menggemaskan.

Selain membuat tampilan Galaxy Buds FE menjadi lebih stylish, casing Minions juga dapat memberikan perlindungan ekstra, agar terhindar dari goresan atau benturan.

6 dari 6 halaman

Infografis 7 Gelagat Pria Ketika Selingkuh via Ponsel. (/Lois Wilhelmina)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat