uefau17.com

5 Editor PDF Terbaik 2023, Ada yang Gratis - Tekno

, Jakarta - Di zaman serba digital, rasanya sudah tidak asing lagi dengan dokumen PDF. Segala berkas-berkas penting sangat mudah dan efisien dikirimkan dari platform satu ke platform lain, dari perangkat satu ke perangkat lain.

Tidak hanya saling berkirim file dokumen saja, tetapi juga membaca, memeriksa, dan mengeditnya. Di sinilah seringkali terjadi kebingungan, bagaimana caranya mengedit sebuah dokumen. Salah satu dokumen sulit untuk diedit adalah dokumen dengan format PDF.

Berikut ini akan memberikan rekomendasi editor PDF yang bisa menjadi pilihan kamu untuk mengedit file.

Dilansir PCWorld, Minggu (15/9/2023), Adobe Acrobat adalah salah satu aplikasi paling terkenal dan menjadi pilihan terbaik bagi kebanyakan orang.

Namun, beberapa tahun terakhir, sejumlah editor PDF bermunculan untuk memberikan alternatif yang lebih murah.

1. PDF Candy

PDF Candy adalah editor PDF gratis yang menawarkan banyak fitur. Beberapa penawaran, seperti pemindaian dan konversi file tersedia. Kelebihan dari PDF Candy di antaranya, banyaknya fitur canggih, kemampuan OCR, dan mudah untuk digunakan. Namun, editor ini tidak ada dukungan Mac dan uji coba gratis hanya menawarkan fitur dasar.

2. PDFFiller

Sama seperti PDF candy, editor PDF ini juga menyediakan layanan gratis. Dengan editor berbasis browser ini, kamu bisa mengedit, mengamankan, berbagi, membuat, dan menyimpan file PDF.

Dengan desain yang mirip aplikasi dekstop, kamu akan sangat mudah menggunakannya. Namun sayangnya, tidak semua fitur lanjutan dapat digunakan pada layanan gratis.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Editor PDF Khusus Pengguna Apple

3. Editor PDF Pratinjau Apple

Bagi kamu pengguna Mac, tidak perlu bingung jika ingin mengedit file file PDF, karena sudah ada seperangkat alat markup PDF yang lengkap di Apple Preview.

Dengan Apple Preview kamu dapat mengedit file PDF, termasuk dengan enskripsi, perlindungan kata sandi, dan izin file, sehingga file PDF kamu terlindungi. Tidak hanya itu, Apple Preview juga mendukung pengisian formulir.

Hanya saja, kekurangan dari Pratinjau Apple adalah opsi berbagi yang terbatas dan layanan hanya tersedia untuk pengguna Mac.

4. PDF Expert

PDF Expert merupakan editor berfitur lengkap terbaik untuk perangkat Apple. Editor ini menawarkan sejumlah opsi pengeditan yang mudah untuk digunakan, seperti manajemen halaman, konversi file yang dipindai menjadi dokumen yang dapat diedit, dan konversi ke format file lain.

Di samping banyaknya fitur yang ditawarkan, PDF Expert membutuhkan pembayaran tahunan dan lisensi seumur hidup.

3 dari 4 halaman

Mengedit PDF di Aplikasi Desain

5. Canva

Canva merupakan aplikasi desain serba guna. Tidak hanya dapat membuat desain dan mengedit file berupa gambar dan berformat jpg. atau png., aplikasi ini juga dapat membantu kamu mengedit file PDF secara gratis.

Dengan aplikasi ini, kamu dapat mengubah file Word dan gambar menjadi file PDF, atau sebaliknya. Namun, kekurangan dari penggunaan aplikasi ini adalah ukuran file yang diunduh akan berukuran cukup besar.

Dari lima rekomendasi editor PDF di atas, mereka menawarkan berbagai fitur yang kamu butuhkan. Dalam memilih editor PDF yang sesuai, kamu harus memperhatikan fungsi dasar, mulai dari membuat PDF, menyalin dan mencetak, hingga mengkonversi dokumen digital.

Nilai tambah dari sebuah editor PDF, baik aplikasi maupun web adalah kemampuan untuk memodifikasi teks, menyisipkan, mengubah ukuran, memindahkan gambar, dan mengatur ulang halaman.

Tidak hanya itu, editor PDF juga lebih baik jika memungkinkan pengguna dapat menggunakan dan menambah komentar atau anotasi lain ke file PDF.

4 dari 4 halaman

Jangan Lupa Pastikan Keamanan File PDF Kamu

Meskipun kemudahan dalam mengakses editor PDF tidak perlu diragukan lagi, tetapi tetap harus berhati-hati dalam menggunakannya. Apalagi jika kamu menggunakan editor PDF pada dokumen-dokumen penting dan berisi data sensitif. Carilah editor PDF yang menyertakan fitur keamanan dan hanya dapat diakses oleh orang berwenang. 

Editor PDF yang baik biasanya akan menawarkan beberapa tingkat keamanan, termasuk perlindungan kata sandi, pengaturan izin, dan redaksi konten.

Untuk menjaga file PDF kamu tetap aman dan tidak ingin orang lain dapat mengeditnya, kamu juga bisa membuka file di Acrobat. Kamu bisa mengklik Alat > Lindungi. Kemudian kamu juga akan mendapat beberapa pilihan, seperti membatasi pengeditan dengan kata sandi atau enkripsi file untuk keamanan lebih lanjut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat