uefau17.com

Google Umumkan Minecraft Kini Bisa Dimainkan di Chromebook, Punya Fitur Cross-Play - Tekno

, Jakarta - Game Minecraft: Bedrock Edition kini bisa dimainkan di perangkat Chromebook, setelah sebelumnya melakukan fase early access bulan Maret tahun ini.

Pengumuman ini disampaikan oleh Google pekan lalu. Dengan ini, pengguna Chromebook pun bisa memainkan Minecraft melalui perangkat yang memang bukan dikenal sebagai perangkat gaming ini.

Mengutip blog resmi Google, Senin (12/6/2023), Minecraft: Bedrock Edition bisa dipasang di Chromebook melalui Play Store untuk ChromeOS. Pemain pun bisa mendapatkan akses ke berbagai fitur seperti Minecraft Marketplace, serta bermain di Realms.

Selain itu, Minecraft di Chromebook juga mendukung fitur cross-play, sehingga dapat dimainkan bersama dengan pemain lain dari berbagai platform termasuk Android, Xbox, PlayStation, Switch, dan PC Windows.

"Minecraft kini tersedia di Chromebook yang kompatibel, termasuk semua Chromebook yang diluncurkan dalam tiga tahun terakhir," kata John Maletis Vice President, ChromeOS Product, Engineering and UX.

Meski begitu, pengguna Google Chromebook tetap diminta untuk melihat spesifikasi perangkat minimum maupun yang direkomendasikan, di laman resmi Minecraft.

Bagi pemain yang sudah membeli Minecraft di Chromebook, ia juga akan bisa mengunduh game ini di perangkat Android tanpa biaya tambahan, dengan akun Google yang sama.

Sementara, jika sudah membeli Minecraft untuk perangkat Android dan masuk melalui akun Google yang sama di Chromebook, pemain akan dapat potongan harga jika ingin membeli versi Chromebook.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Spesifikasi Buat Main Minecraft di Chromebook

Minecraft untuk Chromebook juga akan hadir dengan pembaruan bertajuk Trails and Tales. Pembaruan ini menambahkan banyak konten baru di dalam game, termasuk bioma cherry grove dan kemampuan menunggang unta.

Apabila ingin memainkan Minecraft di Chromebook, berikut ini spesifikasi perangkat yang diperlukan:

Spesifikasi minimal Minecraft Chromebook

  • OS: ChromeOS 111
  • System Architecture: 64-bit (x86_64, arm64-v8a)
  • Prosesor: AMD A4-9120C, Intel Celeron N4000, Intel 3865U, Intel i3-7130U, Intel m3-8100Y, Mediatek Kompanio 500 (MT8183), Qualcomm SC7180 atau lebih baik
  • Memori: 4 GB RAM
  • Penyimpanan: Minimal 1 GB instalasi game, maps, dan file lain

Spesifikasi direkomendasikan Minecraft Chromebook

  • OS: ChromeOS 111
  • System Architecture: 64-bit (x86_64, arm64-v8a)
  • Prosesor: AMD Ryzen 3 3250C, Intel Celeron N4500, Intel i3-7130U, Mediatek Kompanio 500 (MT8183), Qualcomm SC7180 atau lebih baik
  • Memori: 4 GB RAM
  • Penyimpanan: Minimal 1 GB instalasi game, maps, dan file lain
3 dari 4 halaman

Death Stranding Bakal Rilis di Mac Apple

Di sisi lain, Hideo Kojima, pencipta Kojima Productions dan Metal Gear, mengumumkan game Death Stranding: Director's Cut akan diluncurkan untuk perangkat komputer Mac akhir tahun ini.

Hal itu diungkapnya dalam penampilan kejutannya di gelaran Worldwide Developer Conference atau WWDC 2023 yang digelar oleh Apple, pada hari Senin waktu setempat.

Selain itu, menurut Kojima, memboyong Death Stranding untuk MacOS baru permulaan untuk Kojima Productions, di platform-platform Apple.

"Melihat karya terbaik tim saya menjadi nyata di Mac adalah impian saya," kata Kojima yang mengklaim sebagai "penggemar berat Apple" sejak membeli Mac pertamanya di 1994.

"Sekarang kita memasuki era baru untuk bermain game di Mac. Saya harap pembuat game di mana saja akan memanfaatkan kekuatan ini untuk mengembangkan pengalaman baru yang menarik dan revolusioner," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Baru Permulaan

"Ini baru permulaan, dan kami bekerja secara aktif untuk membawa judul masa depan kami ke platform Apple," Kojima menambahkan, seperti dikutip dari Polygon, Selasa (6/6/2023).

Meski begitu, Hideo Kojima maupun Apple belum mengumumkan lebih lanjut kapan Death Stranding: Director's Cut akan dirilis untuk Mac. Penampilan singkat dari Hideo Kojima juga tak lama usai Apple memperkenalkan dua fitur baru untuk MacOS.

Pertama adalah Game Mode, untuk memastikan game mendapatkan prioritas tertinggi pada CPU dan GPU selama bermain; serta Game Porting Toolkit for Metal, untuk memudahkan pengembang untuk membuat game berjalan di Mac besutan Apple.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat