uefau17.com

Mengisi Daya alias Charging Ponsel di Mobil, Benarkah Bisa Bikin Aki Soak? - Tekno

, Jakarta Smartphone atau handphone menjadi salah satu barang yang nggak pernah ditinggalkan di rumah alias selalu dibawa kemanapun kamu pergi. Apalagi ketika melakukan roadtrip, pasti perlu banget handphone demi keperluan dokumentasi dan maps selama perjalanan.

Lantaran karena penggunaan handphone yang berlebihan selama perjalanan, kamu pasti pernah mengisi daya handphone di mobil. Namun, satu pertanyaan yang sering muncul adalah apakah mengisi daya handphone di mobil bisa merusak aki mobil?

Beberapa orang menganggap bahwa mengecas ponsel di dalam mobil dapat merusak aki, sementara yang lain merasa bahwa hal tersebut tidak masalah. Kepala bengkel Auto2000 Bekasi Barat, Sapta Agung Nugraha menjelaskan bahwa kebiasaan tersebut nggak menyebabkan masalah selama pengisian dari alternator ke aki berjalan normal.

"Mengecas ponsel di mobil sebenarnya tidak akan membuat aki menjadi cepat habis. Kalau pengisian aki berjalan normal dari alternator, maka dayanya akan terisi terus," jelas Sapta, seperti dikutip dari laman Auto2000.

Meski begitu, Sapta mengingatkan bahwa setiap mobil memiliki sistem pengisian daya yang dirancang khusus untuk mengisi daya aki dan mengalirkan arus listrik yang diperlukan untuk berbagai sistem kendaraan seperti sistem penerangan, sistem audio, dan lain-lain. Jika terlalu banyak perangkat yang dihubungkan ke mobil, termasuk handphone, maka beban listrik pada sistem pengisian daya akan meningkat yang berpotensi menguras daya aki.

Menurut Sapta, pada dasarnya fungsi aki dibagi menjadi tiga, sebagai starter (electric starter), supply kelistrikan (lampu, klakson, signal, ECU), dan penstabil tegangan untuk melindungi alat-alat kelistrikan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akibat Mengisi Daya HP di Mobil

Dalam beberapa kasus, jika terlalu banyak perangkat yang dihubungkan ke mobil, termasuk HP yang diisi daya, maka sistem pengisian daya dapat terbebani dan akhirnya merusak aki mobil. Jadi, jika kamu ingin mengisi daya HP di mobil, pastikan untuk membatasi jumlah perangkat yang dihubungkan dan jangan biarkan ponsel tetap terhubung dalam waktu yang lama setelah mobil dimatikan.

Selain itu, jika memungkinkan, lebih baik mengisi daya ponsel di rumah atau di tempat umum seperti pusat perbelanjaan atau ruang tunggu bandara, daripada di dalam mobil. Hal tersebut nggak hanya dapat menghindari potensi kerusakan pada aki mobil, tetapi juga dapat membantu menghemat daya baterai HP kamu dan memperpanjang masa pakai baterai.

Secara keseluruhan, mengisi daya HP di mobil dapat mempengaruhi kinerja aki mobil dalam jangka panjang, meskipun nggak secara langsung merusak aki. Namun, dengan membatasi jumlah perangkat yang dihubungkan dan tidak biarkan HP terhubung dalam waktu yang lama setelah mobil dimatikan, kamu dapat meminimalkan risiko kerusakan pada aki mobil.

 

(*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat