uefau17.com

Indonesia Sabet Emas di Final Sepak Bola SEA Games 2023, Tagar TimnasDay hingga Garuda Trending Topic - Tekno

, Jakarta - Warganet dibuat terpana dan deg-degan menonton laga Indonesia vs Thailand di final Sepak bola SEA Games 2023, Selasa (16/5/2023).

Bagaimana tidak, keunggulan timnas Indonesia lewat dua gol yang disarangkan oleh Ramadhan Sananta di babak pertama berhasil dikejar oleh Thailand lewat gol dari Anan Yodsangwal dan Yotsakon Burapha.

Laga pun berjalan panas, di mana kedua timnas terlihat mulai bermain agresif. Terbukti, Thailand saja sudah mengantongi tiga kartu merah dan satu kuning.

Sedangkan untuk timnas Merah Putih, wasit memberikan 4 kartu kuning dan 1 kartu merah. Laga kedua tim yang berjalan panas ini juga membuat warganet gelisah.

Memasuki babak perpanjangan waktu, Indonesia berhasil mengamankan medali emas mereka lewat dua gol selanjutnya yang disarangkan oleh Irfan Jauhari dan ditutup oleh Beckham Putra dengan skor akhir 5-2.

Kemenangan timnas sepakbola Indonesia di SEA Games 2023 ini sontak disambut meriah oleh warganet. Terbukti,#TimnasDay pun sudah menjadi trending topic di platform media sosial itu.

Selain itu, keyword terkait dengan laga Indonesia vs Thailand pun mulai bermunculan di daftar trending topic.

Adapun keyword tersebut, antara lain Thailand, #SEAGames2023, Alhamdulillah Ya Allah, Indra Sjafri, Beckham, Marselino, dan Garuda.

Berikut adalah beberapa cuitan warganet di Twitter yang menyambut meriah kemenangan timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2023.

"Sempet kesel sama wasitnya karna di prank. Orang udah selebrasi eh disuruh lanjut, tapi terbayarkan sudah🔥 #TimnasIndonesia #TimnasDay," cuit @c****.

"Seneng campur terharu ih Indonesia akhirnya menang yaAllah makasiiiiiii😭😭😭😭 #TimnasDay," kata @a**** di Twitter.

Sementara itu, akun @j**** menulis Twitter, "congrats mas-mas yg bawa pulang emas🥹 #TimnasDay."

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Indonesia Raih Emas dari Sepak Bola SEA Games 2023

Tuntas sudah puasa 32 tahun medali emas Indonesia dari cabor sepak bola SEA Games setelah Timnas Indonesia U-22 asuhan Indra Sjafri memenangi laga final penuh drama atas Thailand pada SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). Kemenangan 5-2 (2-2) Timnas Garuda Muda atas Thailand diraih lewat laga yang harus diselesaikan melalui perpanjangan waktu. Sempat terjadi dua kali keributan di bench pemain dalam laga tersebut, yaitu saat Thailand menyamakan skor 2-2 di penghujung injury time babak kedua dan saat Irfan Jauhari membawa Timnas Indonesia unggul 3-2 di awal perpanjangan waktu babak pertama. (Bola.com/Abdul Aziz)

Kemenangan Timnas U-22 Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja ini pun disambut meriah oleh warganet.

Pengguna internet dengan akun @cik memuji aksi Timnas Indonesia U-22 yang berhasil memenangkan pertandingan lawan Thailand dengan selisih skor yang cukup jauh, 5-2. Medali emas SEA Games 2023 pun berhasil dibawa pulang dari cabor sepak bola. 

"Keren anjir, 119:54 #TimnasDay," kicaunya.

Pengguna dengan akun @eyc*** mengucapkan selamat bagi Timnas Indonesia U-22 atas kemenangan ini.

Pengguna @itt*** sangat bersyukur dengan kemenangan Timnas Indonesia U-22 atas Thailand. "Alhamdulillah ya Allah #TImnasDay" diiringi dengan tiga emoji tangis seolah sangat lega karena Indonesia berhasil memenangkan laga berdurasi hampir 2 jam itu.

Pengguna Twitter lain dengan akun @joj*** bahkan berterima kasih atas medali emas yang disumbangkan oleh timnas sepak bola Indonesia di SEA Games 2023.

"Terima kasih Indonesia Gold Medal Football SEA Games 2023 #SEAGames #IndonesiaJuara #TimnasDay," kicaunya.

Pengguna internet lainnya merasa lega dengan kemenangan Timnas Indonesia U-22. "Ya Tuhan akhirnya," kicau @ant***.

Tagar Timnas Day, Thailand, SEA Games 2023, hingga wasit pun memuncaki trending topic Twitter Indonesia pada Selasa (16/5/2023) malam.

3 dari 4 halaman

Jalannya Pertandingan

<p>Selebrasi striker Timnas Indonesia U-22, Ramadhan Sananta setelah mencetak gol kedua ke gawang Thailand pada laga final cabor sepak bola SEA Games 2023 di National Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (16/5/2023). (Bola.com/Abdul Aziz)</p>

Dalam edisi lima edisi SEA Games sebelumnya, Indonesia hampir selalu kalah dari Thailand, kecuali pada SEA Games 2019 di mana Indonesia menang 2-0 di fase grup.

Sempat unggul 2-0 hingga menit ke-60, Thailand akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 64. Pemain pengganti Anan Yodsangwal mencetak gol melalui sundulan meneruskan sebuah umpan penjuru.

Beberapa menit setelah gol Thailand, Dewangga diganjar kartu kuning akibat melakukan tekel keras dan berbahaya kepada pemain Thailand.

Indonesia hampir mencetak gol ketiga pada menit 79 melalui eksekusi tendangan bebas Marselino Ferdinan. Sayangnya kiper Thailand Soponwit dengan gemilang masih bisa menepisnya.

Witan membuang peluang emas pada serangan balik cepat di menit 87. Sudah berhadapan dengan kiper Thailand, Witan gagal memasukkan bola. 

4 dari 4 halaman

Thailand Samakan Skor 2-2

<p>Pada laga ini timnas Indonesia U-22 tak bisa menurunkan bek kiri Pratama Arhan yang diganjar kartu merah di semifinal. (Nhac NGUYEN / AFP)</p>

Di menit 92 Thailand nyaris menyamakan skor saat Purachet lolos dari kawalan pertahanan Indonesia. Beruntung sepakannya masih tepat ke arah Ernando.

Thailand menyamakan skor di menit 90+7 lewat kelihaian pemain pengganti Yotsakon Burapha di kotak penalti. Tembakan kaki kanannya tak kuasa dibendung Ernando.

Pertandingan final SEA Games 2023 harus dilanjutkan ke perpanjangan waktu setelah Thailand memaksakan skor imbang 2-2 selama 90 menit.

Babak perpanjangan waktu baru dimulai, Indonesia bisa kembali unggul melalui Irfan Jauhari. Kesalahan passing pemain Thailand diselesaikan dengan dingin oleh Irfan lewat tendangan lob.

Usai gol tercipta terjadi keributan dahsyat di bangku cadangan melibatkan pemain Indonesia dan Thailand serta ofisial tim.

Pada menit ke-106, Indonesia mencetak gol keempat di awal babak kedua perpanjangan waktu melalui Fajar yang melepaskan tendangan keras setelah meneruskan penetrasi Rio Fahmi.

Thailand kembali kehilangan satu pemainnya. Teerasak mendapat kartu kuning kedua di menit 118.

Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2 berkat sontekan pemain pengganti Beckham Putra. Gol Beckham sekaligus menutup pertandingan final SEA Games 2023. Indonesia meraih emas pertama sejak 1991.

(Ysl/Tin)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat