uefau17.com

Zoom Meeting Punya Fitur AI Baru, Bantu Pengguna Kalau Telat Rapat - Tekno

, Jakarta - Bulan lalu, platform pertemuan video Zoom Meeting memperkenalkan beberapa fitur berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI), yang merupakan hasil kerja sama dengan pembuat ChatGPT, OpenAI.

Melalui asisten AI Zoom IQ, Zoom memperkenalkan fitur seperti membuat ringkasan, draf pesan, dan fitur-fitur AI lain ke dalamnya.

Dilansir The Verge, dikutip Jumat (28/4/2023), Zoom IQ sebelumnya sudah bisa melakukan beberapa hal seperti membuat bab dan sorotan untuk rekaman rapat.

Namun kali ini, platform meeting online itu memberikan lebih banyak kemampuan kepada fitur asisten itu, termasuk cara untuk mengikuti rapat yang mungkin dilewatkan oleh pengguna.

Jadi dengan begitu, pengguna bisa meminta bantuan AI untuk meringkaskan apa yang dia lewatkan dalam pertemuan, serta mengajukan pertanyaan lebih lanjut.

Zoom IQ juga bisa melakukan beberapa kemampuan lain seperti membuat whiteboard berdasarkan permintaan teks dan menyediakan rekap rapat, serta meringkas utas dalam Zoom Team Chat.

Zoom IQ juga memungkinkan pengguna membuat respon ke rekan menggunakan AI, seperti bot ChatGPT yang ada di Slack.

Adapun, draf pesan dan email berbasis AI diluncurkan pada bulan April, namun masih berdasarkan undangan. Meski begitu, fitur ringkasan rapat Zoom IQ "terpilih" juga akan diperkenalkan dengan lebih luas.

Diintegrasikannya fitur-fitur AI ke dalam Zoom juga menjadi respon terhadap berbagai kemampuan kecerdasan buatan ke dalam platform pertemuan online pesaing mereka seperti Google dan Microsoft.

Misalnya Google, membawa fitur untuk menghasilkan teks, gambar, dan ringkasan di Docs, Gmail, Sheet, dan Slide. Sementara Microsoft 365, telah menguji asisten AI Copilot untuk platform Office.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengguna Zoom Meeting Kini Bisa Pakai Avatar Diri Sendiri

Sebelumnya Zoom merilis pembaruan yang memungkinkan pengguna untuk membuat avatarnya sendiri. Fitur avatar sendiri sebenarnya bukan barang baru di Zoom. Sebab, platform video conference ini pertama kali mendukung fitur avatar di awal tahun lalu.

Namun yang menjadi pembeda, fitur avatar sebelumnya hanya mampu mengubah tampilan pengguna dengan karakter hewan. Sementara pada pembaruan ini, pengguna bisa menggunakan avatar dibuat mirip dengan dirinya sendiri.

Secara tampilan, fitur ini mirip dengan Memoji dari Apple atau fitur Avatar yang ada di platform milik Meta. Tidak hanya itu, avatar di Zoom ini juga bisa menirukan gerakan maupun ekspresi wajah penggunanya.

Menurut Zoom, fitur ini hadir untuk membantu pengguna saat melakukan panggilan atau pertemuan yang tidak terlalu formal. Jadi, mereka masih dapat tampil di depan kamera, tapi bukan dengan wajah sesungguhnya.

 

3 dari 4 halaman

Cara Bikin Avatar Sendiri di Zoom Meeting

Mengutip informasi dari situs resmi Zoom, Senin (30/1/2023), fitur avatar diri ini hanya tersedia untuk pengguna aplikasi Zoom di desktop, baik Windows maupun macOS.

Meski masih dalam tahap beta, Zoom berjanji akan menghadirkan lebih banyak opsi bagi pengguna untuk membuat avatar mereka, mulai dari tampilan wajah hingga gaya rambut.

Nah, lantas seperti apa cara membuat avatar diri yang bisa dipakai ketika melakukan panggilan video di Zoom? Simak langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Sign in di Zoom pada perangkat desktop
  2. Klik profile picture-mu, lalu pilih Settings
  3. Klik Background & Filters
  4. Di bawah video preview, kamu bisa mengklik tab Avatars
  5. Lalu, di sebelah opsi None, klik ikon Tambah.
  6. Berikutnya, jendela baru akan terbuka dan kamu bisa mulai mendesain avatar diri sendiri
  7. Selanjutnya, kamu tinggal memilih opsi yang tersedia untuk membuat avatar diri sendiri
  8. Klik Done ketika semuanya telah selesai. Perlu diingat, kamu bisa membuat beberapa avatar berbeda

 

4 dari 4 halaman

Cara Pakai Avatar Sendiri di Zoom Meeting

Lalu berikut ini adalah cara untuk menggunakan avatar diri sendiri saat melakukan panggilan video atau video conference di Zoom:

  1. Kamu bisa mulai atau bergabung dengan meeting terlebih dulu
  2. Selanjunya, di sebelah opsi Start Video/Stop Video, klik tanda panah atas untuk memilih Choose Virtual Background atau Choose Video Filter
  3. Berikutnya, klik tab Avatars dan pilih avatar yang ingin kamu gunakan

(Dio/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat