uefau17.com

Penerapan Robot dan Kecerdasan Buatan untuk Terapi Pijat - Tekno

, Jakarta - AiTreat, sebuah perusahaan robotika berbasis di Singapura, akan memulai evaluasi produk di Amerika Serikat di Mayo Clinic untuk robot terapi pijat yang didukung kecerdasan buatan (Artificial Intelligence, AI).

Pada saat yang sama, AiTreat akan melakukan uji coba terkontrol secara acak di Singapura, yang dipimpin bersama oleh program Ilmu Biomedis dan Pengobatan Tiongkok di Nanyang Technological University, Singapura, dan Rumah Sakit Umum Singapura (SGH).

Penelitian ini akan membandingkan keampuhan robot pijat dengan terapi yang sudah ada, seperti Tuina manual, yang merupakan jenis pijat yang digunakan dalam Pengobatan Tradisional Tiongkok, dalam mengelola nyeri punggung bawah kronis.

Uji coba ini ini akan menggunakan EMMA--Expert Manipulative Massage Automation; produk unggulan dari AiTreat, yang bertujuan untuk mengurangi kekurangan terapis pijat yang terampil dan menambah pekerjaan fisioterapis dalam menangani kasus-kasus yang tidak terlalu rumit di Singapura dan negara-negara lain.

Tujuannya adalah untuk membantu mengurangi biaya perawatan sekaligus memberikan perawatan berkualitas tinggi yang konsisten kepada setiap pasien.

Pada tahun 2019, perusahaan rintisan ini telah mengerahkan lebih dari 19 unit EMMA yang bekerja di 14 lokasi di Singapura, Tiongkok, dan AS, seperti di klinik Pengobatan Tradisional Tiongkok, pusat fisioterapi, dan rumah sakit, dengan lebih dari 41.500 jam perawatan.

Uji coba itu sejalan dengan penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Mayo Clinic di Minnesota, AS, SGH di Singapura, dan Universitas Jinan di Guangzhou, Cina.

Penelitian itu membandingkan kemanjuran Tuina dengan fisioterapi dalam membantu meringankan nyeri punggung bawah kronis. Namun, penelitian multi-pusat sebelumnya menggunakan terapis Tuina manusia, bukan robot.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Uji Coba Terkontrol

AiTreat berharap dapat mendaftarkan sekitar 180 pasien untuk uji coba terkontrol yang diusulkan pada akhir 2023. Jika hasil uji coba positif, ini akan membuka jalan bagi solusi robotik dari pendekatan Timur-Barat yang integratif dalam pengelolaan nyeri punggung bawah, untuk diterima sebagai bagian dari intervensi muskuloskeletal dalam perawatan kesehatan umum.

Demonstrasi EMMA disertakan dalam lokakarya empat hari yang diadakan di Mayo Clinic awal pekan lalu untuk menyiapkan panggung bagi kolaborasi penelitian yang diusulkan.

Usulan protokol penelitian klinis untuk kemanjuran dan keamanan robot Tuina juga dipresentasikan oleh Associate Professor Linda Zhong, Direktur Ilmu Biomedis dan Pengobatan Tiongkok di School of Biological Sciences, NTU. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi di antara para peserta lokakarya.

Sebagai co-investigator dari uji coba, Assoc. Prof Zhong mengatakan, "Studi klinis yang diusulkan akan menggabungkan konsep diagnosis nyeri punggung bawah kronis dan kriteria diferensiasi pola Pengobatan Tradisional Tiongkok.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai efektivitas dan keamanan Tuina robotik dalam kelompok populasi yang berbeda secara lebih tepat dan individual. Penelitian ini juga akan mengeksplorasi kelayakan penggunaan robot Tuina dalam praktik klinis sehari-hari di Singapura." 

 

3 dari 5 halaman

Kurangi Beban Kerja Terapis Manusia

Dr Brent Bauer, Direktur Program Pengobatan Komplementer dan Integratif Mayo Clinic, mengatakan, "Pemberian Tuina secara robotik dan terapi pijat lainnya tampaknya tidak dapat dihindari. Saya senang bahwa kami dapat membantu memimpin dengan melakukan evaluasi klinis terhadap teknologi baru ini."

Penggunaan AI dan robotika untuk Pengobatan Tradisional Tiongkok telah disoroti oleh Profesor Chen Jiaxu, Dekan Fakultas Pengobatan Tradisional Tiongkok di Universitas Jinan, Guangzhou.

Dia menyatakan, "Ini akan mengurangi beban kerja terapis Pengobatan Tradisional Tiongkok secara signifikan dan memungkinkan mereka untuk fokus pada diagnosis dan bagian pengobatan yang lebih rumit. Ini juga menunjukkan bahwa Pengobatan Tradisional Tiongkok mengimbangi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern." 

Tantangan di Singapura dan negara Asia Tenggara lainnya adalah tidak ada cukup praktisi dan fisioterapis Pengobatan Tradisional Tiongkok yang memenuhi syarat untuk merawat sejumlah besar pasien.

Profesor Tay Boon Keng, Konsultan Emeritus, Bedah Ortopedi di SGH, mengatakan, "Jika solusi otomatis seperti EMMA terbukti aman dan efektif, ini akan sangat membantu komunitas perawatan kesehatan dan pasien kami."

4 dari 5 halaman

Rencana AiTreat

Dengan menggunakan hasil perawatan klinis yang dikumpulkan melalui uji coba dan penerapan baru, AiTreat berencana untuk meningkatkan algoritme AI dan kinerja robotnya, dan berupaya untuk meluncurkan EMMA generasi berikutnya di pasar Singapura, Amerika Serikat, dan Tiongkok pada tahun 2024.

Perusahaan rintisan ini didirikan pada tahun 2015 oleh Dr Albert Zhang, seorang alumnus dari angkatan perintis program gelar ganda Ilmu Biomedis dan Pengobatan Tiongkok di NTU.

Sejak saat itu, perusahaan rintisan ini telah menyelesaikan putaran pendanaan Seri A senilai jutaan dolar tahun lalu dan saat ini sedang merencanakan penggalangan dana Seri A+ akhir tahun ini.

Investor AiTreat termasuk perusahaan modal ventura yang berbasis di Amerika Serikat, BRC Innovation, perusahaan robotika dan AI terkemuka Flexiv, Tasly International Capital, cabang investasi dari perusahaan farmasi Tasly, dan Comfort Enterprise, yang mewakili Ogawa, sebuah merek terkemuka untuk perawatan kesehatan dan kebugaran.

5 dari 5 halaman

Infografis Era Teknologi 5G di Indonesia (/Triyasni)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat