uefau17.com

Kesal Produk Sering Bocor, Apple Kirim Peringatan ke Leaker Tiongkok - Tekno

, Jakarta - Apple selalu menjaga kerahasiaan produk-produknya sebelum diluncurkan secara resmi dalam Apple event. Kendati demikian, sejumlah bocoran mengenai produk-produk baru Apple terus bermunculan. Misalnya bocoran tentang produk iPhone, iPad, komputer Mac, dan lain-lain.

Apple pun mengambil langkah hukum untuk menutup keran bocoran dari leaker alias pembocor gadget Apple asal Tiongkok bernama Kang. Mengutip The Verge, Sabtu (26/6/2021), leaker bernama Kang mengatakan, dirinya mendapatkan peringatan dari Apple terkait bocoran-bocoran produk perusahaan.

Kabar ini diunggah Kang ke akun Weibo-nya. Sekadar informasi, Kang saat ini memegang posisi nomor satu di papan peringkat AppleTrack. AppleTrack merupakan situs berisi berbagai bocoran mengenai produk baru Apple dari banyak sumber.

Klaim yang dipublikasikan di AppleTrack dinilai cukup akurat. AppleTrack juga mendeklarasikan bahwa pihaknya tidak terafiliasi dengan Apple. Nah, sebelum Apple merilis iPhone 12, Kang menginfokan bahwa Apple menyiapkan 4 model perangkat.

Bukan hanya itu, bocoran Kang juga dilengkapi dengan harga, warna, hingga rencana perilisan iPhone 12. Padahal saat itu produk iPhone 12 bahkan belum diumumkan.

Kang mengatakan, surat dari firma hukum itu mengklaim tindakannya membocorkan rahasia perusahaan bisa memberikan keuntungan informasi bagi kompetitor. Selain itu info yang belum resmi bisa menyesatkan konsumen, karena mungkin ada perbedaan dengan produk aslinya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Screenshot

Kang juga menunjukkan unggahan-unggahan screenshot yang diambil oleh Apple dari akun Weibo-nya sebagai bukti. Screenshot ini yang memperlihatkan lebih dari sekadar bocoran, misalnya ketika ia berbicara mengenai masalah-masalah saat menggunakan produk Apple.

Kang pun memberikan tanggapan atas masalah ini. "Saya tidak pernah mengunggah foto produk yang dirahasiakan atau pun menjual informasinya. Apple harus memberikan pengecualian untuk tiap teka-teki dan mimpi mengenai proyek yang masih dirahasiakan," katanya.

"Bahkan bermimpi pun akan melanggar mekanisme kerahasiaan mereka (Apple). Jika aku punya mimpi, kompetitor Apple akan mendapatkan informasi yang efektif, tanpa harus mengirim atau menyebarkan gambar. Aku masih bisa dijadikan sebagai seorang target," kata kang.

3 dari 3 halaman

Tak Niat Sesatkan Konsumen

Kang berpendapat, dirinya tidak menyesatkan konsumen dan ia merasa masih memiliki hak untuk mengungkapkan perasaannya tentang pengalaman smartphone Apple. Ia mengatakan, "Perusahaan Anda tidak boleh menganggu Weibo saya," katanya.

Kang mengisyaratkan dirinya mungkin akan menghapus sejumlah unggahan sebelumnya di media sosial. Sebelumnya kreator konten "Ben Geskin" juga menyebut, dirinya mendapat surat peringatan serupa di tahun lalu.

Leaker lain, "L0vetodream", yang merupakan leaker terpercaya nomor 5 dari AppleTrack mengatakan pihaknya belum menerima pemberitahuan apa pun. Pihak Apple sendiri tidak memberikan tanggapan atau komentar terkait berapa banyak surat yang dikirimkan kepada para leaker perangkat.

(Tin/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat