uefau17.com

Twitter Izinkan Penggunaan Perangkat Kunci Keamanan Sebagai Satu-Satunya Metode Autentikasi 2FA - Tekno

, Jakarta - Twitter berencana untuk meningkatkan keamanan di platform-nya. Update ini memungkinkan akun yang diaktifkan dengan autentikasi dua langkah (2FA) untuk menggunakan kunci keamanan sebagai satu-satunya metode autentikasi.

Twitter sendiri sebelumnya menambahkan dukungan perangkat keras kunci keamanan pada 2018. Namun dukungan tersebut hanya tersedia untuk komputer desktop.

Pada Desember 2019, Twitter menambahkan dukungan perangkat keras (hardware) kunci keamanan untuk iOS dan Android. Namun, hardware yang berbasis 2FA masih terbatas karena hanya mendukung sebuah kunci keamanan tunggal.

Pengguna pun tidak dapat menautkan beberapa kunci keamanan dengan satu akun Twitter. Artinya, orang yang memakai kunci keamanan di perangkat berbeda harus bergantung pada metode 2FA lainnya untuk bisa login ke Twitter.

Mengutip The Verge, Selasa (16/3/2021), kini Twitter mengumumkan bahwa platform-nya telah mendukung beberapa perangkat kunci keamanan per akun.

Kunci keamanan sendiri merupakan sebuah perangkat fisik berbentuk mirip seperti USB untuk masuk ke komputer atau akun online

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Paling Aman

Kunci keamanan dianggap merupakan cara paling aman untuk melindungi akun online. Pasalnya pengguna tidak perlu mengetikkan kode yang bisa diambil alih oleh pihak ketiga.

Ketika pengguna terhubung dengan kunci, tanda kriptografi akan memverifikasi identitas pengguna. Keuntungan lain dari kunci keamanan adalah pengguna tidak perlu memberikan tambahan informasi personal kepada Twitter misalnya nomor telepon, agar dapat login ke akun mereka.

"Amankan akun kamu dengan beberapa perangkat kunci keamanan. Kini kamu bisa login dengan lebih dari satu kunci keamanan baik di mobile ataupun web. Akan datang pula, opsi untuk menambah dan menggunakan kunci keamanan sebagai satu-satunya metode autentikasi tanpa mengaktifkan metode autentikasi lainnya," kata Twitter dalam cuitannya.

3 dari 3 halaman

Pakai Kunci Keamanan Jadi Cara Lumrah Amankan Perangkat

Tentunya update keamanan ini telah ditunggu-tunggu oleh pengguna yang menggunakan beberapa perangkat kunci keamanan untuk mengakses Twitter di beberapa perangkat berbeda.

Coywolf News dalam laporannya menyebut, memakai beberapa kunci keamanan menjadi praktik yang lumrah dijalankan saat ini. Pasalnya, kunci keamanan menyediakan manfaat keamanan tambahan bagi pengguna yang kerap login Twitter di lebih dari satu perangkat.

Misalnya, jika sebuah kunci keamanan untuk sebuah perangkat dicuri, kunci tersebut bisa dihapus dari akun. Namun, seluruh kunci lain yang terhubung masih bisa dipergunakan.

(Tin/Isk)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat