uefau17.com

Blusukan di Banyuwangi, Kaesang Menyelam di Bangsring Underwater - Surabaya

, Banyuwangi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengunjungi kawasan destinasi wisata Bangsring Underwater (Bunder) di Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi.

Kedatangan Kaesang ke kawasan konservasi terumbu karang itu, disambut para kader PSI Banyuwangi. Setiba di lokasi putra bungsu Presiden Joko Widodo tersebut  langsung menyelam di Pantai kawasan konservasi trumbu karang tersebut.

“Kami menyelam sambil menurunkan 15 meja terumbu karang dan 1.000 bibit kerapu di Bangsring Underwater,” ujar Kaesang, Rabu (6/12/2023).

Parairan Selat Bali merupakan habitat terumbu karang yang masih menyisahkan 17 persen. Upaya- upaya kecil seperti halnya tranplantasi trumbu karang bisa turut berkontribusi terhadap pelestarian laut.

“Kalau kita lihat mungkin ini jumlahnya tidak begitu besar. Tapi ini langka dan sangat berharga untuk keberlanjutan ekosistem terumbu karang terutama di Selat Bali,” tambah Kaesang.

Setelah penanaman terumbu karang, Kaesang pangarep bertemu dengan puluhan anggota kelompok nelayan. Mereka berdiskusi membahas berbagai hal soal dunia perikakan terutam di wilayah Banyuwangi.

Kedatangan Kaesang ini merupakan rangkaian safari politik di Jawa Timur. Sebelum ke Banyuwangi dia lebih dulu singgah ke Kota lainya seperti Lamongan, Magetan, Madiun, Malang, Jember dan Surabaya.

Bangsring Underwater merupakan destinasi ekowisata berbasis konservasi ikan dan trumbu karang. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi.

Obyek wisata ini diinisiasi sekaligus dikelola oleh kelompok nelayan lokal. Kelompok nelayan tersebut, berdiri sejak 2008 lalu, namun Bangsring Underwater secara resmi baru dibuka pada 2014.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Penghargaan Kalpataru

Bangsring Underwater berada di perairan Selat Bali, sehingga keindahan alam bawah lautnya tidak perlu diragukan lagi.

Sebelum tahun 2008 , terumbu karang di perairan ini sempat rusak karena para nelayan masih menangkap ikan menggunakan bom ikan. Namun kini perairan Bangsirng telah disulap menjadi kawasan konservasi laut yang dilindungi.

Bahkan pada tahun 2017 obyek wisata ini mendapat penghargaan Kalpataru Katagori Penyelamatan Lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat