uefau17.com

Jemaah Haji Kecewa Tambahan 5 Liter Air Zam-Zam Tak Kunjung Tiba di Surabaya: Kalau Sulit, Sampaikan Saja - Surabaya

 

, Surabaya - Jemaah haji Kloter 80 asal Kota Surabaya, Dwi Prasetyo, mengaku kecewa dengan janji manis Kemenag terkait air zam-zam tambahan sebanyak 5 liter yang tidak kunjung datang. Ia berharap Kemenag tidak memberikan janji manis, jika tak mampu merealisasikannya.

Baca Juga

"Kalau memang sulit diwujudkan, sebaiknya disampaikan aja ke para jemaah haji. Biar kita tak menunggu hal yang tidak pasti," katanya, Rabu (23/8/2023).

Jemaah haji lainnya Holis Mahsuni, mengaku heran dengan janji Kemenag terkait air zam-zam tambahan 5 liter belum juga diterima jemaah haji. Padahal, kata dia, musim haji tahun ini telah berakhir pada 5 Agustus 2023.

"Saya gak tahu apa penyebab lamanya air zam-zam tambahan ini, kok sampai sekarang belum juga diterima para jemaah haji," ujarnya.

Jemaah haji Kloter 79 asal Pulau Bawean Kabupaten Gresik, ini menyebut jemaah haji sepulangnya dari Tanah Suci hanya boleh membawa 5 liter, sementara 5 liter tambahan dari Kemenag akan diberikan sesampainya di Indonesia, tapi faktanya nihil.

"Di grup WhatsApp bahkan ada jemaah haji kloter pertama belum menerima, apalagi yang kloter terakhir," kata bapak satu anak ini.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim Husnul Maram mengungkapkan, air zam-zam tambahan 5 liter belum diterima oleh para jemaah haji. Alasannya, pihaknya juga masih menunggu kiriman dari petugas haji di Arab Saudi.

"Inggih (iya) benar, karena masih menunggu kedatangan tambahan air zam-zam ke Kanwil Kemenag Prov Jawa Timur," ujar Maram, sapaan akrabnya, Rabu (23/8/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Tahu Kapan Datangnya

Maram mengaku belum mengetahui pasti kapan tambahan 5 liter air zam-zam itu akan tiba di Indonesia. Ia berjanji akan segera mendistribusikan ke jemaah haji asal Embarkasi Surabaya, begitu air zam-zam tambahan tiba di Tanah Air.

"Kita tunggu saja, moga-moga secepatnya nggih. Insya Allah kalau sudah datang, segera kami distribusikan melalui Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se- Jatim dan diberikan kepada seluruh jamaah haji termasuk yang wafat (keluarga terkait)," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat