uefau17.com

Michael Gambon Sang Dumbledore di Film Harry Potter Meninggal Dunia dalam Usia 82 Tahun Usai Sakit Pneumonia - ShowBiz

, Jakarta Kabar duka datang dari aktor senior Michael Gambon. Pemeran Dumbledore dalam film-film Harry Potter ini dinyatakan meninggal dunia.

Dilansir dari CNN, kabar duka ini disampaikan perwakilan sang aktor yang mewakili pihak keluarga pada Kamis (28/9/2023).

“Dengan duka mendalam, kami mengumumkan kepergian Sir Michael Gambon,” begitu pernyataan sang publisis, Clair Dobbs. Diungkap pula bahwa sebelum Michael Gambon meninggal dunia, sang aktor mengalami masalah kesehatan yang terbilang serius.  

“Michael, suami dan ayah yang begitu dicinta, meninggal dunia dengan tenang dengan istrinya, Anne dan putranya, Fergus yang menemani di samping tempat tidurnya, setelah sakit pneumonia. Michael berusia 82,” begitu pernyataan dari keluarga.

Ditambahkan, bahwa keluarga minta privasi dari publik saat mereka menghadapi masa-masa sulit ini.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dumbledore Kedua di Harry Potter

Michael Gambon adalah aktor kedua yang memerankan Dumbledore di waralaba Harry Potter setelah Richard Harris meninggal dunia pada 2002 silam.

Ia pertama kali muncul pada film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban yang rilis tahun 2004. Penampilannya sebagai kepala sekolah Hogwarts ini langsung memikat hati penggemar franchise Harry Potter.

3 dari 4 halaman

Perjalanan Karier Michael Gambon

Jauh sebelum membintangi film Harry Potter, Michael Gambon telah membangun karier yang panjang di dunia akting.

Pria kelahiran Irlandia pada 19 Oktober 1940 ini mulai tampil di panggung teater sejak tahun 1960-an. Sekitar dua dekade setelahnya, namanya mulai dikenal berkat tampil dalam serial TV The Singing Detective.  

Sementara sejumlah film yang ia bintangi adalah The Omen (2006), Fantastic Mr Fox, Emma, The Book of Eli, Little Women, Kingsman: The Golden Circle, dan masih banyak lagi.

4 dari 4 halaman

Penghargaan untuk Michael Gambon

Sepanjang kariernya, Michael Gambon memenangkan sejumlah gelar Aktor Terbaik dalam British Academy Television Awards (BAFTAs), dan mendapat dua nominasi Emmy awards.   

Atas kiprahnya di dunia akting, pada 1990 ia mendapat gelar kehormatan Commander of the Order dari Kerajaan Inggris. Delapan tahun kemudian ia mendapat gelar Knight Bachelor.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat