uefau17.com

Ipay Beberkan Polemik Lagu Cinderella dengan Band Radja - ShowBiz

, Jakarta Rival Achmad Labaikka alias Ipay, menanggapi pernyataan personel Band Radja, terkait kepemilikan lagu "Cinderella". Sejak awal Ipay ingin permasalahan ini diselesaikan secara kekeluargaan, tanpa harus diungkap ke publik.

Ipay mengaku sudah mengungkap keberatannya terhadap Ian Kasela Cs, mengenai status lagu "Cinderella". Ia mengklaim memiliki beberapa catatan terkait upayanya meminta kejelasan terhadap Band Radja.

"Proses itu sudah kami lakukan. Tapi akhirnya jalan inilah yang harus saya lakukan. Menurut saya, kalau bukan sekarang harus kapan lagi," ungkap Ipay di Kawasan Tendean, Jakarta Selatan, Senin (21/8/2023).

"Setelah ada Covid dua tahun, itu tertahan juga. Akhirnya membuat saya speak up. Sebelumnya, proses itu sudah saya kemukakan ke dia. Banyak catatan yang menunjukkan saya sudah melakukan itu jauh sebelum hari ini," Ipay menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Lagu Tanpa Izin?

Puncaknya ketika Radja merilis album kedua di 2003, Ipay menuding Band Radja menggunakan lagu "Dongeng Cinderella" ciptaannya tanpa izin, kemudian ditulis dengan judul "Cinderella". Ia juga menyebut tidak ada kesepakatan yang terjalin mengenai penggunaan lagu tersebut.

"Nah ketika 2003 itu permasalah sudah dimulai. Dia menggunakan lagu Dongeng Cinderella itu tanpa izin, merekam, mendistribusikan, menggunakan, mempublikasikan lagu Dongeng Cinderella yang ditulis sebagai lagu Cinderella. Di dalamnya dia tulis nama dia tanpa ada surat kontrak, persetujuan, kesepakan dengan saya selaku pencipta tunggal dan pemilik lagu," urai Ipay.

3 dari 4 halaman

 Sudah Berupaya Berkomunikasi

Ipay mengaku sudah mengupayakan komunikasi secara intens dengan pihak Band Radja sejak 2007. Kala itu, Ipay yang sudah menetap di Jakarta, berusaha menjalin komunikasi dan tidak pernah menghasilkan titik temu.

"Tapi setiap tahun saya ketemu. Nanti dia bilang lagi, oh tahunnya enggak ketemu. Tahun kapan dia enggak (ketemu) sebutkan. Setiap tahun saya ketemu, 2006, 2007, 2008, 2009, 2010, 2011, 2012, 2013, 2014, 2015, 2016, 2017, 2018, 2019, 2020 Covid ya kan. Nah covid itu yang nggak ketemu. Tiba-tiba perantara di antara kami meninggal," jelas Ipay.

4 dari 4 halaman

Masuk ke Jalur Hukum

Seperti diketahui, polemik lagu "Cinderella" antara Ipay dan Band Radja saat ini berujung ke ranah hukum. Para personel Band Radja diketahui telah melaporkan Ipay ke polisi atas dugaan pemalsuan identitas.

Tak hanya Ipay, Akun Youtube Dunia Manji pun ikut terseret persoalan ini. Akun Youtube milik Anji Manji ini turut dilaporkan Band Radja, atas dugaan pencemaran nama baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat