uefau17.com

Gelar Puteri Indonesia 2023 Diraih Wakil Jawa Barat untuk Pertama Kali, Farhana Nariswari Wisandana Mengungguli Perwakilan Lampung dan Jatim - ShowBiz

, Jakarta Acara Malam Puncak Pemilihan Puteri Indonesia 2023 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) pada Jumat (19/5/2023) malam, baru saja berakhir dan disiarkan live di SCTV. Lama dinantikan para pemirsa, akhirnya mahkota Puteri Indonesia 2023 disematkan kepada Farhana Nariswari Wisandana, wakil Jawa Barat 1.

Puteri Indonesia 2022, Laksmi De-Neefe Suardana, menobatkan secara langsung Farhana Nariswari Wisandana dengan meletakkan mahkota yang menemaninya selama setahun ini ke atas kepala Puteri Indonesia baru. Rasa bangga campur haru terlihat di raut wajah Farhana Nariswari Wisandana.

Sementara itu, posisi runner up pertama diduduki oleh Yasinta Aurella perwakil untuk Jawa Timur, dan posisi runner up kedua diduduki oleh Lulu Zaharani dari Lampung. Keduanya juga langsung mendapat gelar Puteri Indonesia lainnya.

Yasinta Aurella mendapatkan gelar Puteri Indonesia Pariwisata 2023. Sementara itu, Lulu yang daerah asalnya, Lampung, menjadi tema yang diangkat pada ajang tahun ini, menyandang gelar Puteri Indonesia Lingkungan 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Farhana Nariswari Wisandana Unggul di Atas 44 Peserta Lain

Farhana Nariswari Wisandana dan 44 peserta lainnya (total 45 peserta) yang berasal dari 34 provinsi bersaing ketat di malam final Puteri Indonesia 2023. Para peserta lalu disaring menjadi 15 besar, 6 besar, hingga akhirnya menjadi tiga besar.

Sebelum diumumkannya nama pemenang tiga besar Puteri Indonesia 2023, Farhana, Yasinta, dan Lulu harus menjawab pertanyaan Ketua Dewan Pembina Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani. Ketiganya diberi waktu satu menit untuk menjawab.

Jawaban Farhana yang disampaikan dalam bahasa Inggris, sukses membuat dewan juri memberikan nilai plus. Sekadar informasi, dewan juri tahun ini antara lain adalah Puteri Indonesia 2020 Ayu Maulida, Miss Supranational 2021 Chanique Rabe, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, dan Direktur PT Mustika Ratu Kusuma Ida Anjani.

3 dari 4 halaman

Kemenangan Pertama Jawa Barat

Dinobatkannya Farhana Nariswari Wisandana itu membuat Jawa Barat untuk pertama kalinya menyabet kemenangan di ajang Puteri Indonesia selama 30 tahun diselenggarakan.

Farhana pun membawa pulang gelar Puteri Intelegensia Puteri Indonesia 2023 dan akan mewakili Indonesia di ajang Miss International 2023.

Diketahui pemenang utama tahun ini tak dikirimkan ke Miss Universe lantaran lisensinya di Indonesia tak lagi dipegang oleh Yayasan Puteri Indonesia.

4 dari 4 halaman

Dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung

Gelaran Puteri Indonesia 2023 tahun ini terdapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk acara prestisius tersebut dengan kolaborasi bersama desainer untuk membuat gaun yang menyematkan unsur wastra kain tapis khas Lampung.

Pada malam Grand Final Puteri Indonesia 2023, sebanyak 45 finalis dan ratu dunia tampil memesona dengan busana karya designer Tanah Air salah satunya Intan Avantie dengan sentuhan kain tapis khas Lampung. 

"Ini merupakan kontribusi Lampung dengan kekayaan wisata dan budayanya," sebut Kabid Perencanaan Perekonomian Bappeda Provinsi Lampung, Bobby Irawan.

Momen ini dimanfaatkan sekaligus mempromosikan kekayaan wisata dan budaya Lampung sekaligus memperkenalkan kain tapis yang secara tradisi dibuat dari benang katun dan benang emas.

Di masa sekarang, kain tapis ini masih banyak dipakai oleh masyarakat Lampung dan sering pula digunakan pada acara-acara adat seperti pernikahan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat