uefau17.com

Melihat dari Dekat Mahkota St. Edward, Pusaka Kerajaan Inggris yang Keluar dari Pingitan di Penobatan Raja Charles III - ShowBiz

, Jakarta Jangan sampai lengah dalam prosesi penobatan Raja Charles III yang digelar hari ini, Sabtu (6/5/2023). Pasalnya, ada sejumlah barang pusaka Kerajaan Inggris yang selama ini “dipingit” akan ditampilkan secara langsung ke penjuru dunia.

Salah satu yang paling bersinar, adalah Makhota St. Edward. Dilansir dari People, ini adalah satu dari dua mahkota yang akan dikenakan oleh Raja Charles, selain Imperial State Crown.

Berbeda dengan Imperial State Crown, Mahkota St Edward memang umumnya hanya digunakan saat seremoni penobatan raja dan ratu Inggris saja.

Ratu Elizabeth II juga mengenakan mahkota ini dalam seremoni penobatannya pada 1953 silam.

Mahkota ini dibuat pada 1661 silam untuk Raja Charles II, sebagai pengganti mahkota dari abad pertengahan yang telah dilebur pada tahun 1649. Raja Charles II menugaskan perajin perhiasan kerajaan Robert Vyner untuk membuat mahkota ini. Desainnya memiliki kemiripan dengan mahkota yang telah dilebur.

Dilansir dari situs Royal Collection Trust, berat Mahkota St. Edward mencapai 2076 gram, atau lebih dari 2 kilogram.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mahkota Emas Bertahtakan 444 Batu Mulia

Dilansir dari Forbes, mahkota ini terbuat dari emas 22 karat, yang dihiasi dengan 444 batu mulia dan semi mulia. Batuan ini antara lain adalah 345 aquamarines, 37 topas putih, 27 turmalin, 12 rubi, tujuh batu kecubung, enam safir, dua jargoon, satu garnet, satu spinel, dan satu carbuncle.

Selama ini, mahkota tersebut disimpan di Tower of London. Namun BBC mencatat bahwa sejak Desember 2022 lalu, mahkota ini dipindahkan dari tempat penyimpanannya, untuk dimodifikasi sebelum seremoni penobatan.

3 dari 4 halaman

Mahkota Imperial State

Dibandingkan dengan Mahkota St Edward, Mahkota Imperial State yang beratnya “cuma” setengahnya saja, 1060 gram. Namun jangan salah, jejeran permata yang memenuhi mahkota ini tak kalah menyilaukan. Royal Collection Trust mencatat mahkota ini dibentuk dari bingkai emas ini dihiasi dengan 2.868 berlian, ditambah 17 safir, 11 zamrud dan 269 mutiara.

Salah satu berliannya yang terletak di bagian depan mahkota ini adalah Cullinan II, potongan terbesar kedua dari Berlian Cullinan—yang juga dikenal sebagai Bintang Kedua dari Afrika.

Associated Press mencatat mahkota inilah yang akan dikenakan Raja Charles III saat meninggalkan Westminster Abbey.

4 dari 4 halaman

Ratu Camilla Pakai Mahkota Ratu Mary

Sementara itu Ratu Camilla akan mengenakan Mahkota Ratu Mary yang dipercantik dengan 2.200 berlian. Namun mahkota ini telah dipermak, tak menampilkan permata kontroversial berlian Kohinoor yang melambangkan sejarah kolonialisme Inggris.

Sebagai penggantinya, mahkota tersebut dipercantik dengan berlian Cullinan III, IV dan V milik Ratu Elizabeth II. Masing-masing berukuran 94,4; 63,6; dan 18,8 karat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat