uefau17.com

7 Minuman Sehat yang Ampuh Mengontrol Kadar Kolesterol - Regional

, Yogyakarta - Perayaan Iduladha umumnya identik dengan berbagai menu olahan daging sapi maupun kambing. Daging sapi memang dapat mengandung kolesterol, tetapi beberapa trik pengolahan bisa membuat kandungan kolesterol pada daging menjadi lebih rendah. Selain itu, ada juga berbagai minuman sehat yang cukup ampuh mengontrol kolesterol usai mengonsumsi daging.

Mengutip dari berbagai sumber, kolesterol adalah zat lilin yang digunakan tubuh untuk membuat sel dan hormon. Terdapat dua jenis kolesterol yang berbeda, yakni High-density lipoprotein (HDL) dan low-density lipoprotein (LDL). Ketika kadar kolesterol tidak sehat (LDL) meningkat, maka dapat memicu risiko kondisi kesehatan yang serius, seperti stroke hingga serangan jantung.

Untuk mencegahnya, sebaiknya konsumsi minuman sehat tertentu yang dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol. Berikut beberapa jenis minuman sehat pengontrol kolesterol dalam tubuh:

1. Jus Tomat

Sederhana dan mudah dibuat, minuman sehat jus tomat ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Tomat memang kaya akan senyawa yang disebut likopen.

Likopen dipercaya dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol LDL. Tomat yang diolah menjadi jus dapat membuat kandungan likopennya meningkatkan. Jus tomat juga kaya serat penurun kolesterol dan niasin.

2. Kakao

Kakao adalah bahan utama dalam cokelat hitam yang mengandung antioksidan berupa flavonoid. Antioksidan itu dapat meningkatkan kadar HDL.

Mengonsumsi 450 mg minuman yang mengandung flavanol kakao sebanyak dua kali sehari dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan meningkatkan kadar kolesterol HDL. Terlebih, jika kebiasaan ini rutin dilakukan selama satu bulan.

3. Minuman Oat

Seperti diketahui, oat mengandung beta-glukan yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu. Hal ini dapat membantu mengurangi penyerapan kolesterol dalam tubuh.

Untuk membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh dengan oat, bisa dilakukan dengan mengonsumsi susu oat yang dapat mengurangi kadar kolesterol secara signifikan. Terpenting, periksa label minuman oat untuk memastikan kandungan beta-glukan yang mungkin muncul sebagai bagian dari informasi serat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Teh Hijau

4. Teh Hijau

Teh hijau menjadi salah satu minuman yang bisa membantu mengurangi kadar kolesterol tubuh. Minuman ini mengandung katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang membantu menurunkan LDL.

Setidaknya, teh hijau dapat mengurangi kadar kolesterol dan LDL sekitar 14,4-30,4 persen. Selain teh hijau, teh hitam juga dapat berdampak positif pada kolesterol. Hanya saja, tingkatnya lebih rendah daripada teh hijau. 

5. Susu Kedelai

Susu kedelai juga dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini dikarenakan kadar lemak jenuh pada susu kedelai cukup rendah, sehingga aman dikonsumsi.

Susu ini bisa digunakan sebagai pengganti krim atau produk susu berlemak tinggi. Hal ini dapat membantu mengurangi atau mengelola kadar kolesterol.

6. Smoothie Berry

Buah beri kaya akan antioksidan dan serat. Keduanya dipercaya mampu membantu mengurangi kadar kolesterol.

Anthocyanin pada berry juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik. Adapun jenis buah beri yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah stroberi, bluberi, blackberry, dan rasberi.

7. Minuman dengan sterol dan stanol

Sterol dan stanol adalah bahan kimia pada tanaman yang bentuk dan ukurannya mirip dengan kolesterol. Fungsinya untuk menghalangi penyerapan beberapa kolesterol.

Namun, kadar sterol dan stanol pada sayuran dan kacang-kacangan masih terlalu rendah, sehingga tidak dapat menurunkan kolesterol. Produsen makanan pun menambahkan bahan kimia ini ke beberapa makanan dan minuman, termasuk minuman yogurt yang diperkaya, susu, dan jus buah.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat