uefau17.com

Sapi Limosin Asal Parigi Moutong jadi Hewan Kurban Jokowi di Kota Palu - Regional

, Kota Palu - Sapi yang terpilih menjadi kurban Jokowi di Kota Palu itu berjenis sapi limosin berwarna coklat yang dipelihara peternak Desa Tinombala, Kecamatan Ongka Malino, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Sebelumnya untuk memilih sapi kurban dengan kualitas terbaik pihak Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Sulteng selama sebulan melakukan seleksi terhadap sapi-sapi pilihan di Sulteng.

Selain berat tubuh seleksi yang dilakukan meliputi kondisi fisik dan kesehatan.

"Termasuk pemeriksaan darah dan feses sapi untuk mengetahui ada tidaknya penyakit. Dan semuanya sehat, tidak ada penyakit menular," Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Veteriner (Kesmavet) Disbunnak Sulteng, Dandy Alfita menjelaskan, Sabtu (15/6/2024).

Nesosiasi harga dengan peternak telah dilakukan langsung oleh Kantor Kesekretariatan Presiden (KSP) yang sebelumnya telah datang ke Desa Tinombala melihat langsung kondisi sapi bersama pihak Kementan. 

Iduladha tahun 2024 ini sendiri menjadi tahun ke lima Presiden Jokowi berkurban untuk Sulawesi Tengah. 

Sebelumnya orang nomor satu di Indonesia itu juga berkurban tahun 2020 di Kota Palu, tahun 2021 di Parimo, 2022 di Huntap Pombewe Sigi, 2023 di Desa Pakuli Sigi, dan tahun 2024 ini rencananya di Masjid Jami yang berada di Kelurahan Talise, Kota Palu.

 

Simak Video Pilihan Ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat