uefau17.com

Dinilai Berhasil Tangani Stunting, Pemkot Semarang Terima Penghargaan dari PBB di Korsel - Regional

, Jakarta - Keseriusan Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, untuk menangani masalah stunting berbuah penghargaan.

Mbak Ita, sapaannya, akan menerima penghargaan tentang capaian penanganan stunting dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Korea Selatan.

"Semarang alhamdulillah sudah go internasional, penurunan stunting diapresiasi oleh PBB," ujar Mbak Ita dalam Instagram pribadinya, Selasa (25/6/2024).

Pada saat yang bersamaan, Pemerintah Kota Semarang dipercaya oleh BKKBN untuk menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2024.

Kepercayaan yang diberikan untuk menjadi tuan rumah Harganas menjadi tantangan bagi Kota Semarang untuk menurunkan kasus stunting.

 

SImak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Berikut Program Penanganan Stunting

"Sangat bangga loh, Lur, Semarang diberi amanah menjadi tuan rumah Harganas. ...Eh ndilalah loh, Lur, kok yo pas tanggal 26 (Juni 2024) dapat penghargaan dari PBB," imbuh Mbak Ita.

Pemerintah Kota Semarang memiliki berbagai program untuk mengatasi masalah sunting.

Antara lain membentuk 10 rumah penanganan stunting lintas sektor bernama Rumah Pelita; Pelangi Nusantara (Pelayanan Gizi dan Penyuluhan Kesehatan Anak Serta Remaja), Rumah Gizi, hingga SiBening (Semua Ikut Bergerak Bersama Menangani Stunting).

Mbak Ita menambahkan, selain program-program di atas terdapat program SANPIISAN yang merupakan akronim dari Sayangi Dampingi Ibu dan Anak Kota Semarang. Program SANPIISAN inilah yang menjadi poin penting Kota Semarang mendapat penghargaan dari PBB.

Di sela rangkaian acara penerimaan penghargaan itu, Mbak Ita didapuk menjadi pembicara dalam ajang UN Public Services Forum di Korea Selatan.

 

3 dari 3 halaman

Grafik Stunting Trennya Menurun

Selain itu, kata dia, Pemerintah Kota Semarang juga membuka stand untuk memperkenalkan potensi Ibu Kota Jawa Tengah. Hal tersebut menjadi kesempatan dan peluang bagi Kota Semarang untuk memperkenalkan potensi dan unggulan program-program yang dilaksanakan.

"Alhamdulillah selain membuka stand, diberi kesempatan juga untuk sharing session tentang inovasi program SANPIISAN (Sayangi Dampingi Ibu dan Anak Kota Semarang)," kata Mbak Ita, melalui layanan pesan WhatsApp (WA), Rabu (25/6/2024).

Diketahui, grafik stunting Kota Semarang menunjukkan tren penurunan signifikan dalam satu tahun terakhir --sebagaimana data yang dipublikasikan dalam data.semarangkota.go.id.

Menurut data tersebut, kasus stunting Kota Semarang mencapai 1,54 persen dari total anak pada Juni 2023. Angka stunting terus mengalami penurunan hingga pada Desember 2023 tinggal 1,06 persen.

Penurunan jumlah anak stunting terus berlanjut pada tahun 2024. Tercatat, pada Januari 1,05 persen, Februari 1,1 persen, Maret 0,97 persen, April 0,97 persen, dan Mai 0,95 persen. 

Penulis: Nugroho Purbo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat