uefau17.com

Rekomendasi 7 Kuliner Khas Bangkalan Madura - Regional

, Madura - Kabupaten Bangkalan terletak di ujung paling barat Pulau Madura. Kabupaten ini memiliki sejumlah kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan.

Kabupaten ini sekaligus menjadi gerbang utama untuk masuk ke daerah Madura setelah diresmikannya Jembatan Suramadu. Tak heran, jika kabupaten ini menjadi surganya kuliner khas yang menyambut para wisawatan. Mengutip dari berbagai sumber, berikut deretan kuliner Bangkalan Madura:

1. Bebek Sinjay

Bebek sinjay adalah kuliner khas Bangkalan yang memiliki tekstur daging yang gurih dan keras. Bebek tersebut disajikan dengan nasi putih hangat dan sambal pencit.

2. Kaldu Kokot

Kaldu kokot adalah sajian unggulan Bangkalan. Kuliner Madura ini dibuat dari kaldu kacang hijau dan rempah-rempah, sehingga menghasilkan rasa yang kaya dan unik.

Agar lebih terasa lezat, potongan kikil ditambahkan ke dalam kuah. Umumnya, kaldu kokot disajikan bersama sambal petis dan kacang ulek.

3. Nasi Serpang

Kabupaten Bangkalan juga memiliki kuliner nasi khas yang disebut sebagai nasi serpang. Dengan bumbu khas yang kaya rempah, sajian ini terdiri dari ikan, bihun, daging, hingga telur.

Salah satu ciri khas nasi serpang adalah keberadaan kerupuk rambak sebagai bahan pelengkap. Berbagai campuran bahan itu dibumbui dengan semacam bumbu rujak.

4. Sate Madura

Madura juga memiliki sajian sate khas, layaknya daerah lain. Bahkan, sate Madura merupakan salah satu jenis sate yang sudah terkenal hingga ke seluruh wilayah Indonesia.

Sate Madura dibuat dari daging pilihan yang kenyal dan bertekstur. Kuliner ini juga bisa diberi tambahan sambal jika ingin mendapatkan rasa lebih pedas.

5. Soto Mata Sapi

Kabupaten Bangkalan juga memiliki sajian kuliner ekstrem bernama soto mata sapi. Sajian ini menggunakan mata sapi utuh yang dibungkus tulang. Dengan tambahan kuah berbumbu khas, makanan ini biasanya juga dilengkapi dengan topping daging dan sambal.

6. Tajin Sobih

Tajin sobih merupakan sajian bubur khas Bangkalan, Madura. Secara tampilan, sajian ini mirip dengan bubur sumsum dan biji salak.

Tajin sobih umumnya diisajikan di wadah daun pisang berbentuk kerucut. Adapun sendoknya menggunakan sendok suru yang juga terbuat dari daun pisang. Makanan ini diberi cairan gula merah di atasnya, sehingga terasa manis.

7. Topak Ladeh

Topak ladeh merupakan sajian berkuah kental dengan warna merah. Dibuat dari santan kelapa berkualitas, kuliner ini pun menghasilkan rasa gurih yang dominan.

Topak lodeh umumnya disajikan dengan lontong atau ketupat. Selain itu, ada juga tambahan topping sayur, daging, dan kerupuk.

 

Penulis: Resla

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat