uefau17.com

5 Teori Film Siksa Kubur ala Joko Anwar - Regional

, Yogyakarta - Film Siksa Kubur garapan sutrdara Joko Anwar menjadi perbincangan sejak tayang di bioskop Indonesia pada 14 April 2024 lalu. Film bergaya psychological horror berhasil membuat para penontonnya berteori soal akhir film yang dibintangi Reza Rahadian tersebut.

Banyaknya teori yang menjadi perdebatan warganet di laman media sosial X membuat sang sutradara turun tangan. Joko Anwar terlihat aktif menjawab setiap teori penonton melalui akun X pribadinya @jokoanwar.

Berikut teori-teori film Siksa Kubur yang sesuai dengan konfirmasi Joko Anwar selaku sutradara.

1. Teori Sosok Ismail

Para penonton film Siksa Kubur pasti kenal karakter Ismail. Rupanya nama Ismail juga muncul dalam film pendek Siksa Kubur yang rilis di YouTube pada 2012.

Dalam film pendek bertajuk Grave Torture tersebut, Ismail Masbeth adalah seorang pembunuh berantai. Banyak penonton yang berspekulasi bahwa keduanya merupakan karakter yang sama.

Joko Anwar secara tegas menekankan kalau dua Ismail tersebut adalah dua orang yang berbeda. Ismail di film layar lebar Siksa Kubur merupakan hantu anak penunggu terowongan yang menjadi jalan keluar Sita dan Adil.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Kurang Jelas di Film Layar Lebar

2. Suara Kurang Jelas di Film Layar Lebar

Warganet di laman media sosial X sempat memperdebatkan kualitas suara film Siksa Kubur yang disebut-sebut kurang jelas. Kualitas suara pada film ini berubah menjelang akhir jalan cerita dan dianggap sebagai kesalahan produksi.

Namun, ada juga netizen berspekulasi kalau suara yang tak jelas serta bergema ini adalah pertanyaan 'Man Rabbuka' dari malaikat. Walau tak menjawab secara gamblang, Joko Anwar menjelaskan kalau kualitas suara dialog di film Siksa Kubur itu merupakan hal yang disengaja.

"Itu memang bagian dari cerita," tulis Joko Anwar di akun X pribadinya.

3. Teori Ending Film Siksa Kubur

Teori film Siksa Kubur yang cukup ramai dibahas selanjutnya adalah ending film ini. Banyak netizen menilai, film ini berakhir open ending.

Pasalnya, banyak film horor memiliki akhir yang menggantung untuk potensi munculnya sekuel atau spin-off sebagai proyek berikutnya. Namun, Joko Anwar menegaskan kalau film terbarunya ini tidak memiliki open ending atau ending alternatif seperti yang disebutkan di media sosial.

4. Kondisi Tubuh Adil

Adegan lain yang menuai perhatian di akhir film adalah kondisi Adil. Mendadak, mata Adil yang diperankan oleh Reza Rahadian terlihat bengkak.

Beragam teori pun muncul, salah satunya adalah teori Adil dipatok ular di mata. Namun, Joko Anwar menegaskan ada daerah tubuh lain yang bengkak dan luput dari perhatian penonton.

"Coba liat yang gak di tengah layar, apalagi yang bengkak," tulis Joko Anwar. Diketahui, luka bengkak dan melepuh ini juga ada di bagian leher Adil.

5. Misteri Tangan di Akhir Film

Film Siksa Kubur diakhiri dengan adegan tangan seseorang melepaskan cincin dan beberapa rangkaian peristiwa misterius lain. Adegan pendek itu menuai banyak teori liar netizen, mengingat pemilik cincin bermotif angsa ini adalah Ibu Nani (Christine Hakim) yang sudah meninggal.

Joko Anwar pun mengonfirmasi bahwa ada petunjuk yang jelas terlihat di adegan tersebut. Hal ini menandakan Ibu Nani masih hidup dan akan pergi bersama suaminya, Pandi (Arswendy Bening Swara).

Timeline di kehidupan nyata pun berada di hari setelah Wahyu dikubur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat