uefau17.com

WhatsApp dan Instagram Sempat Down, Dialami Pengguna di Seluruh Dunia - Regional

, Bandung - Beberapa aplikasi milik perusahaan Meta sempat mengalami gangguan atau down pada Kamis (4/4/2024) dini hari. Diketahui aplikasi tersebut di antaranya WhatsApp, Instagram, hingga Facebook.

Diketahui gangguan tersebut tidak hanya dialami oleh pengguna di Indonesia tetapi dialami secara global di beberapa negara lainnya. Namun, saat ini ketiga aplikasi tersebut sudah pulih dan bisa digunakan kembali oleh para pengguna.

Mengutip dari situs Downdetector sebuah situs pelaporan pemadaman aplikasi melaporkan bahwa aplikasi WhatsApp sempat tidak bisa digunakan sekitar pukul 01.16 dini hari. Terdapat sekitar 68 persen pengguna yang mengeluhkan tidak bisa mengakses aplikasi.

Kemudian 26 persen di antaranya mengeluh bahwa mereka tidak bisa menerima pesan dari pengguna lain. Pemadaman atau down tersebut terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia dan laporan gangguan ini berasal dari pengguna di Jakarta, Surabaya, dan negara lainnya.

Sementara di negara asalnya yaitu Amerika Serikat, pengguna mengeluhkan bahwa mereka mengalami permasalahan serupa. Termasuk gangguan juga terjadi pada aplikasi lainnya yaitu Facebook dan Instagram.

Diketahui aplikasi Instagram sempat berlangsung di antara pukul 01.30 hingga 05.00 di Indonesia. Gangguan tersebut di antaranya 49 persen koneksi server, 31 persen aplikasi, dan 19 persen profil.

Para pengguna dilaporkan kesulitan untuk mengakses laman utama atau feeds Instagram. Kemudian aplikasi WhatsApp juga mengalami gangguan yang cukup lama sama seperti aplikasi Instagram.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tanggapan Pihak Aplikasi

Saat ini, aplikasi WhatsApp telah memberikan tanggapan terkait gangguan tersebut di media sosialnya. Diketahui WhatsApp membagikan kabar gangguan di media sosial X pada pukul 01.55 pagi.

Kami tahu beberapa orang mengalami masalah saat ini, kami berupaya mengembalikan semuanya ke 100% untuk semua orang secepat mungkin,” tulis @WhatsApp.

Kemudian pada pukul 05.19 pagi melalui akun X (Sebelumnya Twitter) pihak WhatsApp mengumumkan bahwa saat ini aplikasinya sudah bisa digunakan kembali. Sejumlah pengguna juga membenarkan pengumuman tersebut di kolom replynya.

Dan kami kembali. Selamat mengobrol!,” katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat