uefau17.com

Mendekati Pemilu 2024, Intip Caleg di Platform Pilihyangbener - Regional

, Jakarta - Data dari laman infopemilu.kpu.go.id menunjukkan bahwa 43.2% Caleg DPR RI tidak melengkapi informasi program kerja. Hal ini juga berlaku pada caleg tingkat DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD, di mana sekitar 18.5% dari lebih dari 258.000 caleg enggan mempublikasikan profil mereka.

Dengan kata lain, hampir 1 dari 5 caleg bahkan tidak bersedia dikenal oleh calon pemilihnya. Namun, ketersediaan informasi mengenai para Caleg yang dapat diakses oleh masyarakat masih sangat terbatas.

Informasi yang minim pada baliho di sepanjang jalan tidak mencukupi untuk memberikan gambaran yang mendalam mengenai rekam jejak caleg.

Untuk mengatasi kekosongan informasi ini, telah dibuat platform digital independen, nirlaba, nonpartisan, dan imparsial bernama pilihyangbener.id.

Welly Chan, salah satu inisiator pilihyangbener.id, menyampaikan hingga saat ini, informasi caleg yang tersedia masih minim. Pihaknya mengajak para calon pemilih agar mencari tahu rekam jejak caleg secara online sebelum Pemilu.

"Cara yang paling praktis adalah lewat simulasi surat suara dan halaman Pemilu pilihyangbener.id," jelasnya.

Penting bagi calon pemilih untuk mendapatkan informasi lebih mendalam tentang rekam jejak caleg, seperti visi, misi, kegiatan, kontribusi, komitmen, dan program mereka di tengah masyarakat.

Jika informasi ini tidak tersedia, masyarakat akan kesulitan memilih caleg berdasarkan kompetensi, pengalaman, dan rekam jejak lainnya. Hal ini bisa mengakibatkan pemilihan secara asal-asalan atau golput.

Untuk membantu warga mengenali nama-nama caleg dalam surat suara, fitur Simulasi surat suara di pilihyangbener.id akan membantu warga melihat layout dan isinya yang menyerupai surat suara asli. Dengan fitur ini, warga dapat mempelajari dan berlatih menemukan posisi parpol dan nomor urut caleg terbaik yang akan dicoblos.

Warga hanya perlu mengizinkan pengambilan lokasi via GPS atau memilih Kabupaten/Kota dan Kecamatan di TPS mereka. Setelah itu, akan muncul gambar sampul surat suara sesuai tingkatan legislatif di dapil mereka, dan nama caleg dapat diklik untuk melihat detil informasi mengenai visi, program, dan rekam jejak mereka.

Melalui pilihyangbener.id, masyarakat dapat aktif melakukan penelitian terhadap rekam jejak caleg yang akan mewakili mereka dalam pembuatan undang-undang dan pengawasan anggaran di daerahnya.

Fitur suara warga memungkinkan masyarakat memberikan masukan atau aspirasi secara langsung. Dari sisi caleg, mereka memiliki kesempatan untuk menampilkan rekam jejak secara online dengan tampilan yang terstruktur dan profesional.

"Pilihyangbener.id memberikan solusi bagi caleg yang ingin memperkenalkan diri lebih dari sekadar baliho. Kami percaya bahwa caleg yang memiliki integritas, kompetensi, dan pengalaman kerja yang baik akan senang dikenal dengan jelas oleh warga di dapil mereka," ia menambahkan.

Mereka dapat membagikan visi, misi, program kerja, gagasan, dan kontribusi mereka untuk masyarakat, bahkan bersedia dibandingkan dengan caleg lain agar masyarakat dapat menemukan caleg yang paling kompeten mewakili rakyat.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat