uefau17.com

Bisa Dicoba, Ini 9 Cara Mengatasi Depresi - Regional

, Yogyakarta - Depresi merupakan gangguan jiwa yang berpengaruh terhadap suasana hati atau mood. Biasanya tanda dari depresi adalah perasaan sedih mendalam kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai.

Depresi sangat berbahaya jika dibiarkan berlanjut atau tidak mendapat penanganan. Imbasnya orang dengan depresi akan mengalami penurunan produktivitas kerja, gangguan hubungan sosial, hingga muncul keinginan bunuh diri.

Lantas apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi? Ada beberapa langkah-langkah kecil yang bisa dilakukan mulai dari rutinitas harian, pola makan, dan kebiasaan gaya hidup.

Dikutip dari Healthline, berikut beberapa cara mengatasi depresi:

1. Bersikap terbuka

Seseorang bisa saja tidak menyadari bahwa mereka menghadapi tantangan, emosi, dan hambatan. Bersikap terbuka, menerima, dan mencintai diri sendiri serta apa yang dialami dapat membantu untuk mengatasi depresi.

2. Jalan-jalan di sekitar tempat tinggal

Ada masa seseorang dengan depresi kesulitan bagun dari tempat tidur, terutama pagi hari. Olahraga dan aktivitas fisik sejatinya bisa jadi solusi terbaik untuk mengatasi depresi hingga meningkatkan energi.

Sejumlah penelitian menunjukkan, bagi sebagian orang, olahraga sama efektifnya dengan pengobatan dalam meredakan gejala depresi. Ini juga dapat membantu mencegah depresi di masa depan.

Bahkan ketika merasa tidak mampu atau hanya memiliki sedikit energi, tetapkan tujuan kecil untuk diri sendiri, misalnya dengan berjalan-jalan di sekitar tempat tinggal.

3. Sadari hari ini bukanlah indikasi hari esok

Emosi dan pikiran dapat berubah dari hari ke hari. Melacak pengalaman melalui catatan harian suasana hati dapat membantu mengingat hal ini. Jika tidak berhasil bangun dari tempat tidur atau mencapai tujuan hari ini, ingatlah bahwa jika Anda tidak kehilangan kesempatan besok untuk mencoba lagi.

Beri diri sendiri kesempatan untuk menerima bahwa meskipun hari-hari tertentu akan sulit, hari-hari lain juga akan lebih mudah. Cobalah untuk menantikan awal baru besok.

4. Fokus menilai detail

Depresi dapat mewarnai ingatan dengan emosi yang sulit. Seseorang bisa saja berfokus pada hal-hal yang tidak membantu atau dianggap sulit. Cobalah untuk menghentikan generalisasi berlebihan ini.

Dorong diri untuk mengenali yang baik. Jika membantu, tuliskan apa yang bermakna tentang peristiwa atau hari tersebut. Dengan demikian ada peluang untuk menilai mana hal yang membuat aktivitas itu menyenangkan.

5. Lakukan kebalikan dari apa yang disarankan oleh 'suara depresi'

Suara dalam konteks ini biasanya juga adalah hasrat. Jika yakin suatu kegiatan tidak akan menyenangkan atau tidak sepadan dengan waktu yang dimiliki, katakan pada diri sendiri, “Kamu mungkin benar, tapi itu akan lebih baik daripada hanya duduk di sini sepanjang hari.”

Anda mungkin akan segera menyadari bahwa pemikiran otomatis tidak selalu membantu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetapkan Tujuan

6. Tetapkan tujuan yang ingin dicapai

Daripada menyusun daftar tugas yang panjang, pertimbangkan untuk menetapkan tujuan-tujuan kecil. Menetapkan dan mencapai tujuan-tujuan ini dapat memberikan rasa kendali dan pencapaian serta membantu motivasi.

Tujuan yang dapat dicapai mungkin termasuk:

- bukan membersihkan rumah; tapi membuang sampahnya.- bukan mencuci semua cucian yang menumpuk; menyortir tumpukan untuk nanti.- bukan bersihkan seluruh kotak masuk email; cukup sampaikan pesan yang jadi prioritas

Ketika telah melakukan hal kecil, fokuslah pada hal kecil lainnya, lalu hal kecil lainnya. Dengan cara ini, Anda akan memiliki daftar pencapaian nyata dan bukan daftar hal yang harus dilakukan.

7. Self reward

Semua tujuan patut mendapat pengakuan, dan semua kesuksesan patut dirayakan. Ketika mencapai suatu tujuan, lakukan yang terbaik untuk mengenalinya.

Anda mungkin tidak ingin merayakannya dengan kue seperti orang-orang. Namun mengakui kesuksesan diri sendiri bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengatasi beban negatif depresi.

Ingatan akan pekerjaan yang telah diselesaikan dengan baik mungkin sangat kuat melawan self-talk yang tidak membantu dan generalisasi yang berlebihan.

8. Buat rutinitas

Jika gejala depresi mengganggu rutinitas harian, jadwal yang teratur dapat membantu lebih merasa terkendali. Rencana ini tidak harus dipetakan sepanjang hari.

Berfokuslah untuk menciptakan rutinitas yang longgar namun terstruktur untuk membantu menjaga kecepatan harian Anda.

9. Lakukan sesuatu yang disukai

Depresi dapat mendorong seseorang untuk menyerah pada kelelahan. Ini mungkin terasa lebih kuat daripada emosi yang disukai. Cobalah untuk mundur dan lakukan sesuatu yang disukai, sesuatu yang menyenangkan atau bermakna. Melakukan kegiatan yang menjadi hobi bermain alat musik, melukis, mendaki gunung, atau bersepeda.

Terlibat dalam aktivitas yang bermakna akan meningkatkan suasana hati atau energi, yang selanjutnya dapat memotivasi untuk terus melakukan aktivitas yang membantu mengatasi gejala.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat