uefau17.com

Umumkan Pamit, Ini Kiprah NOAH yang Berawal dari Peterpan - Regional

, Yogyakarta - Baru memasuki 2024, grup band NOAH justru mengumumkan pamit dari industri musik Indonesia. Hal ini diumumkan langsung melalui akun Instagram @noah_site.

Dalam unggahannya, NOAH mengucapkan pamit sekaligus berterima kasih kepada Sahabat Noah, label Musica Studios, dan Indrawati Widjaja (Ibu Acin). Tak lupa, Ariel, Lukman, dan David juga berterima kasih kepada tim manajemen, additional players, tim produksi, tim kreatif, tim dokumentasi, dan pihak lain yang terlibat dalam perjalanan bermusik NOAH.

NOAH merupakan salah satu band legendaris yang telah menelurkan banyak karya. Kiprahnya di belantika musik tanah air pun tak perlu diragukan lagi.

NOAH berawal dengan nama Peterpan yang saat itu beranggotakan enam orang, yaitu Ariel, Andika, Indra, Uki, Reza, dan Lukman. Band ini resmi berdiri pada 2000 di Bandung, Jawa Barat.

Peterpan awalnya adalah sebuah band yang tampil reguler di kafe-kafe Bandung. Selanjutnya, pertemuan Peterpan dengan Noey Java Jive pun membuat karier Noah semakin cemerlang.

Pada 2002, Peterpan masuk dalam album kompilasi Musica Studios bertajuk Kisah 2002 Malam. Dengan lagu Mimpi yang Sempurna, Peterpan memulai kariernya di industri musik.

Pada 2003, Peterpan merilis album pertama bertajuk Taman Langit. Satu tahun kemudian, Peterpan merilis album kedua bertajuk Bintang di Surga yang sekaligus menjadi awal mula kesuksesan Peterpan. Album ini sukses terjual secara fisik sebanyak 3,2 juta copy.

Kesuksesan Peterpan tak lepas dari konflik internal. Pada 2006, Andika dan Indra memutuskan hengkang dan digantikan oleh David dan Lucky. Selepas kepergian personel awal, Peterpan masih produktif dan menelurkan beberapa album.

Konflik kembali terjadi ketika Andika merasa keberatan sisa personel band ini masih menggunakan nama Peterpan. Pasalnya, nama Peterpan merupakan ide dari Andika.

Peterpan kemudian melepaskan nama band ini melalui album Sebuah Nama, Sebuah Cerita yang dirilis pada 2008. Sempat vakum karena keterlibatan Ariel dengan kasus video syur, Peterpan akhirnya resmi berganti nama menjadi NOAH pada 3 Agustus 2012.

NOAH pun kembali bermusik dengan lima personel, yaitu Ariel, Uki, Lukman, Reza, dan David. Setelah merilis beberapa album dan menggelar tur bersama NOAH, pada 2015 Reza memutuskan hengkang. Pada 2019, Uki menyusul Reza untuk hengkang dari NOAH.

Dengan personel yang masih tersisa, NOAH terus berkarya dan melahirkan album baru, termasuk membuat video klip remake Yang Terdalam, Menghapus Jejakmu, Bintang di Surga, dan Di Atas Normal.

Setelah berkiprah bertahun-tahun di dunia musik, NOAH pun mengumumkan pamit setelah sebelumnya sempat mengumumkan akan hiatus pada September 2023. Para penggemar berharap Ariel, Lukman, dan David akan kembali sebagai NOAH suatu saat nanti.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat