uefau17.com

10 Kuliner Legendaris Jakarta, dari Makanan hingga Minuman - Regional

, Jakarta - Ragam kuliner Jakarta sudah mengalami akulturasi dan asimilasi dari berbagai macam budaya. Hal itu melahirkan banyak kuliner legendaris yang masih eksis hingga kini.

Berbagai ragam kuliner legendaris pun memiliki karakter dan keunikan tersendiri. Mengutip dari indonesia.travel, berikut 10 kuliner legendaris Jakarta yang wajib dicoba:

1. Bakmi Gang Kelinci

Bagi pencinta mi dengan taburan suwiran ayam yang empuk, Bakmi Gang Kelinci bisa menjadi pilihan tepat. Tempat makan legendaris yang sudah ada sejak 1957 ini telah tersebar di beberapa sudut Kota Jakarta, seperti di Pasar Baru, Cengkareng, Kuningan, Menteng, Kemayoran, Blok M, hingga Grogol.

Tak hanya bakmi, tempat makan ini juga menyajikan jenis mi lainnya, seperti i fu mie dan kwetiau. Selain itu, ada juga nasi goreng yang diolah oleh juru masak unggul dengan menggunakan bahan-bahan terbaik.

2. Gabus Pucung Dapur Betawi

Olahan ikan gabus yang satu ini juga tak boleh ketinggalan. Gabus pucung adalah olahan ikan gabus dan kluwek khas Betawi bercita rasa gurih dan asam.

Salah satu tempat terbaik menikmati gabus pucung adalah di Gabus Pucung Dapur Betawi Cabe 5, Jalan Raya Parung, Ciputat. Tak hanya kulinernya, tempat ini juga menawarkan nuansa khas tempo dulu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Kerak Telor Bang Sape'i

Berbicara tentang kuliner legendaris Betawi tentu tak bisa dilepaskan dari kerak telur (kerak telor). Kudapan ini dibuat dari telur ayam atau bebek, beras ketan, ebi, dan kelapa sangrai.

Dengan tekstur renyah di luar dan lembut di dalam, kerak telor menjadi salah satu sajian favorit masyarakat lokal dan wisatawan. Untuk mencoba kerak telor legendaris ini kamu bisa memesannya secara online di Kerak Telor Bang Sape'i.

4. Laksa Betawi Assirot

Perpaduan kuah santan penuh rempah dan aneka macam olahan lainnya berpadu sempurna dalam laksa. Sajian ini berisi ketupat, tauge, daun kemangi, daun kucai, dan bawang goreng.

Untuk menikmati laksa Betawi yang legendaris ini, kamu bisa berkunjung ke Laksa Betawi Assirot di Jalan Assirot, Kebayoran Lama. Tempat makan ini sudah ada sejak 1978, sehingga resepnya pun merupakan racikan turun-temurun.

5. Martabak Pecenongan

Martabak sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia. Terdapat salah satu gerai martabak legendaris di Jakarta, yaitu Martabak Pecenongan di Jalan Pecenongan Raya No 65A. Kamu bisa memilih aneka macam topping favorit, mulai dari keju, coklat, kacang, green tea, hingga red velvet.

 

3 dari 4 halaman

6. Mie Ayam Gondangdia

Salah satu restoran mi legendaris di Jakarta adalah Mie Ayam Gondangdia yang berada di Jalan RP Soroso No. 36, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat. Tempat makan yang sudah ada sejak 1968 ini menyajikan mi bertekstur lembut.

Selain itu, ayamnya pun empuk dan manis. Tak lupa, kuahnya pun sangat gurih.

7. Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani

Nasi uduk merupakan makanan yang sangat umum, terutama di Jakarta. Ada satu kedai di Jakarta yang memiliki banyak pelanggan, yaitu Nasi Uduk Ayam Goreng Zainal Fanani.

Tempat makan ini berlokasi di Jalan KebonKacang Raya, Tanah Abang. Sudah ada sejak 1967, siapa sangka ternyata tempat makan ini berawal dari sebuah gerobak kecil.

8. Roti Bakar Eddy

Sajian roti lapis khas Indonesia ini juga menjadi salah satu kuliner yang wajib dicoba saat berada di Jakarta. Kamu bisa mengunjungi Roti Bakar Eddy yang tersebar luas di Jakarta.

Lokasi pertama kedai ini berada di Jalan Raden Patah, Blok M. Uniknya, roti yang digunakan di sini adalah roti buatan sendiri dengan berbagai pilihan isi, mulai dari coklat, keju, kornet, hingga telur.

 

4 dari 4 halaman

9. Soto Betawi H. Ma'ruf

Menjelajahi kuliner Jakarta tak lengkap rasanya jika tak menjajal soto Betawi. Soto khas Betawi adalah soto yang diolah menggunakan santan, kentang, tomat, serta potongan daging sapi, kambing, atau jeroan.

Salah satu tempat terbaik menikmati soto ini adalah di Soto Betawi H Ma'ruf. Tempat yang sudah dirintis sejak 1940-an ini berada di Jalan Cikini Raya No. 73. Selain itu, Soto Betawi H Ma'ruf juga membuka cabang di Jalan RP Soeroso, Plaza Atrium, Jalan Pramuka, dan Jalan Tebet Raya.

10. Es Ragusa Italia

Tak hanya makanan, Jakarta juga menawarkan toko es krim legendaris, Es Ragusa Italia. Berlokasi di Jalan Veteran, Gambir, toko es krim ini sudah didirikan sejak 1930-an. Kamu bisa menikmati es krim tradisional Italia beraneka rasa, mulai dari coklat, vanilla, stroberi, hingga kismis dan durian.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat