uefau17.com

Sir Jim Ratcliffe Beli Saham Manchester United, Berikut Profilnya - Regional

, Bandung - Baru-baru ini klub Manchester United (MU) resmi mengumumkan bahwa Sir Jim Ratcliffe mengakuisisi 25 persen saham klubnya pada Minggu (24/12/2023). Jim Ratcliffe dikenal sebagai orang terkaya di Inggris.

Melansir dari Bola Manchester United (MU) mencapai kesepakatan dengan Sir Jim Ratcliffe untuk mengakuisisi hingga 25 persen kepemilikan saham di klubnya. Diketahui Ratcliffe merupakan CEO dari INEOS.

Adapun sebagai bagian dari transaksi INEOS telah menerima permintaan direksi klub untuk mendelegasikan tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola di MU. Hal tersebut akan mencakup seluruh aspek operasional dan akademi sepak bola pria dan wanita.

Kemudian juga mencakup dua kursi di dewan Manchester United dan manajemen klub tersebut. Co-Chairman dan Direktur Eksekutif Avram Glazer dan Joel Glazer juga menyambut baik kesepakatan dengan Sir Jim Ratcliffe tersebut.

"Kami sangat senang telah menyetujui kesepakatan ini dengan Sir Jim Ratcliffe dan INEOS. Sebagai bagian dari tinjauan strategis yang kami umumkan pada November 2022, kami berkomitmen untuk mencari bagian alternatif untuk membantu mengembangkan Manchester United, dengan fokus memberikan kesuksesan bagi tim pria, wanita, dan akademi kami," ucapnya.

Sir Jim Ratcliffe juga menyampaikan rasa senangnya karena berhasil mendapatkan saham dari Manchester United. Ia juga berambisi untuk membawa kembali MU berada di puncak sepak bola Inggris, Eropa, hingga dunia.

"Sebagai anak lokal dan pendukung setia klub, saya sangat senang bahwa kami dapat menyetujui kesepakatan dengan Dewan Manchester United yang mendelegasikan kepada kami tanggung jawab pengelolaan operasional sepak bola klub," ucap Sir Jim Ratcliffe.

"Ambisi kami bersama jelas: kami semua ingin melihat Manchester United kembali ke tempat kami berada, di puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Profil Sir Jim Ratcliffe

Melansir dari beberapa sumber Sir Jim Ratcliffe mempunyai nama lengkap Sir James Arthur Ratcliffe. Ia merupakan salah satu orang terkaya di Inggris yang lahir pada 18 Oktober 1952 di Failsworth, Inggris.

Diketahui daerah lahirnya tersebut masih bagian wilayah Greater Manchester dan Ratcliffe menyebutkan dirinya sebagai anak lokal dan pendukung seumur hidup dari klub Manchester United.

Sementara itu, Ratcliffe merupakan lulusan terbaik dari teknik Kimia di Universitas Birmingham dengan gelar BSc dan MSc. Ratcliffe juga meraih gelar MBA dari London Business School pada 1980.

Mempelajari pendidikan terkait kimia dan bisnis Ratcliffe kemudian bekerja di sebuah perusahaan oli besar Esso. Kemudian membentuk perusahaan bernama INEOS pada tahun 1998.

Saat ini, perusahaannya tersebut dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi bahan kimia mentah untuk berbagai keperluan seperti kemasan obat, perlengkapan mandi, ponsel, hingga furniture.

Perusahaannya berkembang menjadi perusahaan multinasional dan tercatat ada 26 ribu pekerja yang menjadi bagian INEOS dan tersebar di 194 lokasi dari 29 negara.

3 dari 3 halaman

Masuk Daftar Orang Terkaya di Inggris

Melansir dari Forbes hingga Desember 2023 Sir Jim Ratcliffe masih masuk sebagai daftar orang terkaya di Inggris. Ia berada pada urutan nomor 78 di dunia dengan jumlah kekayaan sekitar US$23,3 miliar atau setara Rp360 triliun.

Ratcliffe sendiri bukan berasal dari orang yang baru dalam industri olahraga terutama sepak bola. Diketahui pada Agustus 2019 ia pernah mengakuisisi klub Ligue 1 Prancis, OGC Nice dengan nilai 110 juta euro atau Rp 1,8 triliun.

Selain itu Ratcliffe juga tercatat mempunyai klub liga Swiss yaitu Lausanne dan sepertiga kepemilikan saham tim F1 Mercedes. Ratcliffe menyebutkan bahwa ia seorang suporter dari Man Utd dan sosoknya yang besar di Lancashire sebelah utara kota Manchester.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat