uefau17.com

Profil Justin Hubner, Pemain Wolverhampton Wanderers yang Resmi Jadi WNI - Regional

, Yogyakarta - Pemain Wolverhampton Wanderes Justin Hubner resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Justin telah melakukan pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Rabu (6/12/2023).

Kabar ini tentu saja menjadi kabar gembira bagi masyarakat Indonesia lantaran sebentar lagi bakalan memiliki pemain yang berpotensi besar tampil di ajang English Premier League (EPL).

Justin Hubner adalah pemain yang lahir di Den Bosch, Belanda pada 14 September 2003. Ia punya darah keturunan Indonesia dari sang kakek Ferdinand Rudolf Hubner yang berasal dari Makassar.

Sebelum menyandang status WNI, Justin Hubner masuk dalam bagian Timnas Indonesia U20 asuhan Shin Tae-yong yang diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U20 2023.

Waktu itu tahun 2022, Hubner melakukan TC bersama Rafael Struick dan Ivar Jenner di Spanyol. Sayangnya, saat Piala Dunia U-23 batal berlangsung di Indonesia, proses naturalisasi Hubner buntu.

Akhirnya PSSI hanya mengumumkan dua pemain keturunan, Rafael Struick dan Ivar Jenner yang menjadi WNI.

Menariknya lagi, Hubner sempat mendapat kesempatan membela Timnas Belanda U20 saat melakoni laga uji coba. Hal ini membuat banyak spekulasi publik bahwa Hubner akan lebih condong memilih Belanda.

Namun, tak lama kemudian, Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengatakan jika proses naturalisasi Hubner akan diteruskan. Di sisi lain banyak rumor yang mengatakan jika proses naturalisasi pemain berposisi sebagai bek itu memerlukan mahar hingga miliar rupiah.

Setelah melalui proses di DPR dan mendapatkan persetujuan dari Presiden Joko Widodo, Hubner pun akhirnya mengucapkan sumpah WNI di Jakarta pada Rabu (6/12/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kekuatan Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Dengan ini, Hubner akan menjadi kekuatan Indonesia di Piala Asia 2023 yang akan berlangsung di Qatar pada Januari 2024 mendatang.

Dikutip dari laman resmi PSSI, sebelum Hubner, PSSI telah merampungkan naturalisasi empat pemain keturunan Eropa lainnya, yakni Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, dan Rafael Struick.

Mereka semua juga sudah menjalani debut bersama timnas Indonesia seusai menjadi WNI.

Setelah jadi WNI, Justin Hubner mengaku senang. Ia tampak antusias menjalani tahapan-tahapan proses menjadi WNI.

“Ini adalah hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI, juga pemerintah Indonesia. Perasaan saya sangat senang. Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini, untuk negara kita. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dalam pemusatan latihan,” kata ungkapnya.

Ia mengatakan tak sabar bermain bersama Timnas Indonesia. Laga terdekat bermain di Piala Asia 2023 di Qatar. Ia berharap Indonesia dapat meraih prestasi terbaik di ajang tersebut dan membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 2026 mendatang.

Setelah menjalani pengambilan sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham, Justin Hubner langsung menuju kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta kantor Imigrasi untuk mengurus KTP dan paspor.

 

Penulis: Taufiq Syarifudin

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat