uefau17.com

Simak! Berikut Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CPNS 2023 - Regional

, Bandung - Pada Rabu (11/10/2023) pendaftaran seleksi CASN 2023 telah resmi ditutup setelah diberikan perpanjangan waktu. Adapun saat ini pengumuman hasil seleksi administrasi CASN 2023 akan diumumkan pada tanggal 15 hingga 18 Oktober 2023 mendatang.

Selesainya tahapan pendaftaran #SeleksiCASN2023 ditutup,” tulis Instagram (@bkngoidofficial).

Hasil seleksi administrasi tersebut bisa diakses pada situs resmi SSCASN atau melalui link sscasn,bkn.go.id. Bagi pendaftar yang berhasil lolos seleksi administrasi maka selanjutnya mempersiapkan diri untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CASN 2023.

Perlu diketahui bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) dan tidak lolos seleksi administrasi maka bisa mengajukan sanggah. Masa sanggah tersebut akan dimulai pada tanggal 19 hingga 21 Oktober 2023.

Selain itu para pendaftar harus mengetahui pada saat masa sanggah kegiatan ini bukan untuk memperbaiki berkas atau data yang salah oleh pelamar. Namun sebuah kesempatan untuk menyatakan data yang diinput sudah benar.

“Perlu diketahui juga kalau masa sanggah bukan kesempatan memperbaiki berkas atau data yang salah di input oleh pelamar, tetapi kesempatan untuk menyatakan data yang diinput sudah benar, tetapi ada yang terlewat oleh verifikator instansi mengingat banyaknya pelamar yang terdaftar,” ujar Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen.

Kemudian jawab sanggah akan berlangsung pada 19 hingga 23 Oktober dan pengumuman pasca sanggah berlangsung pada tanggal 22 hingga 28 Oktober. Dalam jadwal terbaru penarikan data final CASN 2023 berlangsung di antara tanggal 29 hingga 31 Oktober 2023.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Cek Hasil Seleksi Administrasi CASN 2023

Seperti dijelaskan sebelumnya pengumuman hasil seleksi administrasi CASN 2023 akan dimulai pada Minggu (15/10/2023) hingga 18 Oktober 2023. Berikut ini adalah langkah-langkah mengecek hasil seleksi administrasi CASN 2023:

  1. Pertama-tama untuk memeriksa hasil administrasi bisa dilakukan melalui situs resminya yaitu sscasn.bkn.go.id.
  2. Selanjutnya lakukan login dengan mengisi username dan password yang berhasil didaftarkan.
  3. Selanjutnya klik pada tab ‘Resume’.
  4. Geser ke bawah untuk melihat hasil seleksi administrasi.
  5. Jika dinyatakan lolos seleksi maka Anda bisa mencetak kartu yang tersedia.
  6. Adapun untuk pelamar yang mendapatkan notifikasi tidak lolos atau tidak memenuhi syarat (TMS) maka bisa mengajukan masa sanggah.
3 dari 3 halaman

Cara Mengajukan Sanggah Seleksi Administrasi CASN 2023

Jika pelamar tidak memenuhi syarat (TMS) atau tidak lolos seleksi administrasi CASN 2023. Bisa mengajukan masa sanggah dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1.  Hal pertama yang harus dilakukan dalam mengajukan masa sanggah adalah dengan memeriksa kembali penyebab tidak lolosnya Anda dalam tahap administrasi yang dijelaskan dalam sistem.
  2. Jika sudah maka lanjutkan dengan klik ‘Ajukan Sanggah’.
  3. Setelah itu akan muncul form sanggah berisi informasi syarat yang tidak terpenuhi, dokumen yang sudah diunggah pelamar, serta kolom isian alasan sanggah.
  4. Klik lihat untuk melihat dokumen.
  5. Isikan alasan sanggah.
  6. Setelah itu centang kotak disclaimer kesediaan menanggung akibat hukum jika isian yang dibuat tidak sesuai dengan dokumen.
  7. Klik ‘Akhiri Proses Sanggah’.
  8. Selanjutnya muncul kotak ‘Anda hanya bisa melakukan sanggah bila semua persyaratan yang tidak memenuhi syarat disanggah’, kemudian klik ‘Baiklah’.
  9. Kemudian muncul kotak ‘Apakah Anda yakin untuk mengakhiri dan memproses penyanggahan’, lalu klik ‘Iya’.
  10. Setelah itu muncul kotak ‘Pengajuan sanggah berhasil’.
  11. Jika sanggah telah berhasil diterima maka dalam halaman Resume Pendaftaran akan muncul penjelasan ‘Selamat! Anda lulus tahap administrasi berkas’.
  12. Selanjutnya pelamar bisa mencetak kartu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat