uefau17.com

4 Cara Membedakan Set Top Box Palsu dan Original - Regional

, Jakarta - Sejak pemerintah menetapkan kebijakan migrasi dari TV analog ke TV digital, set top box menjadi sangat dibutuhkan oleh pengguna televisi. Namun, belum banyak yang tahu jika banyak set top box KW yang beredar di pasaran.

Set top box merupakan alat penangkap sinyal saluran TV digital. Alat yang satu ini banyak beredar di platform belanja online seperti e-commerce atau marketplace.

Meski belanja secara online mudah dan praktis, tetapi banyak hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah mencaritahu kualitas barang yang akan dibeli, termasuk set top box. Apalagi banyak beredar kabar tentang kemunculan set top box KW atau palsu.

Sudah jadi rahasia umum jika kualitas barang palsu tidak akan lebih baik. Set top box dengan kualitas rendah bisa mempengaruhi tangkapan sinyal TV digital.

Selain itu, potensi lain dari pemakaian set top box KW adalah gangguan saat sedang menonton siaran TV digital.

Jadi sebelum membeli set top box, pastikan barang yang dipilih adalah asli dan berkualitas. Untuk mengetahui kualitas barang yang akan dibeli, berikut adalah beberapa cara membedakan set top box original dan palsu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Membedakan Set Top Box Palsu dan Original

1. Pilih Seller Terpecaya

Pastikan untuk membeli set top box dari seller yang terpercaya. Ini menjadi langkah utama untuk membedakan set top box palsu dan original.

Cari lah barang yang ditawarkan oleh seller terpercaya dan sudah memiliki jumlah pembeli yang banyak.

2. Set Top Box Bersertifikat Kominfo

Pastikan set top box yang akan kamu beli memiliki sertifikasi Kominfo. Seperti diketahui, Kominfo memberikan jaminan sertifikat untuk set top box yang terdaftar dan kompatibel untuk menayangkan saluran TV digital.

3. Cek Tanda Khusus Set Top Box

Cara membedakan set top box palsu dan original selanjutnya adalah dengan mengecek tanda khusus yang ada di set top box. Biasanya, set top box original akan menyematkan sejumlah tanda pada perangkat atau kotak pembelian. 

Kamu bisa mengecek beberapa tanda khusus seperti tulisan "DVB-T2", " Siap Digital", atau gambar modi. 

4. Cek Review Produk

Kamu juga bisa mengecek kualitas set top box lewat review produk yang diberikan oleh para konsumen. Meski cara ini tidak bisa memberikan jaminan 100 persen, setidaknya kamu bisa mengetahui kondisi set top box yang akan kamu beli.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat