uefau17.com

Wah, Kini Warga Banjarmasin Bisa Pesan Produk DIY Gratis Ongkir - Regional

, Yogyakarta - Warga Banjarmasin sangat beruntung karena ada program gratis ongkir atau (ongkos kirim) dari Pemda DIY melalui program Markethub SiBakul yang mempromosikan produk pelaku usaha UMKM di DIY. Wagub DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan program Gratis Ongkir ini untuk meningkatkan jumlah penjualan produk UMKM DIY.

“Di DIY, UMKM memiliki peran yang sangat vital dalam menjaga keberlanjutan ekonomi dan kelestarian budaya. Maka kami berkomitmen mendukung dan mendorong pertumbuhan UMKM melalui berbagai program dan kegiatan,” kata Wagub DIY Jumat 21 Juli 2023.

Upaya ini dilakukan dalam pameran produk 100 UMKM DIY di Duta Mall Banjarmasin, pada Jumat (21/07) hingga Minggu (23/07) ini. Pameran SiBakul Jelajah Nusantara ini, konsumen di Banjarmasin juga dijanjikan gratis ongkir, ketika mereka melakukan pre-order produk. Menggunakan Dana Keistimewaan dan bekerja sama dengan PT Pos Indonesia, nantinya, barang yang dikirim dari DIY ke konsumen di Banjarmasin akan dibebasongkirkan.

Wagub DIY KGPAA Paku Alam X mengatakan, UMKM adalah pilar utama pembangunan ekonomi nasional. Sektor ini memberikan kontribusi besar dalam penciptaan lapangan kerja, pendapatan, dan pengembangan ekonomi di daerah. Oleh karena itu, Pemda DIY melalui SiBakul Jogja berusaha semaksimal mungkin mendukung pergerakan UMKM di DIY, salah satunya dengan gratis ongkir ini.

"Saya berharap kesempatan ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin oleh para peserta pameran UMKM DIY untuk menunjukkan keunggulan-keunggulan produknya. Harapannya, akan terjalin kerja sama dengan para pelaku pasar di Kalimantan Selatan yang berkelanjutan,” ungkap Sri Paduka.

 

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perluas Jaringan Pemasaran

Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY Srie Nurkyatsiwi mengatakan, pameran yang melibatkan pelaku usaha di Banjarmasin ini diharapkan dapat memperluas jejaring kemitraan melalui Dekranasda Provinsi Banjarmasin. UMKM DIY berkesempatan memperkuat brand lokal di pasar nasional, mempromosikan dan mendukung produk-produk unggulan yang memiliki kualitas dan potensi untuk menjalin kemitraan lintas provinsi.

“Kami berharap tercipta ikatan kuat antara para pelaku UMKM, pengunjung, dan masyarakat. Serta menjadi lahan subur bagi pertumbuhan kolaborasi dan jaringan bisnis yang saling menguntungkan. Diharapkan pula tercipta kesempatan besar bagi UKM untuk mengembangkan potensi mereka dan meningkatkan daya saing di tingkat nasional maupun internasional,” kata Siwi.

Ketua Dekranasda DIY GKR Hemas mengatakan, pameran ini menjadi momen penting sebagai panggung promosi dan pemasaran, karena UMKM adalah tulang punggung perekonomian. Selain itu, kerajinan tradisional adalah salah satu aset kekayaan budaya yang wajib lestari.

“Kami berharap bahwa Pameran UKM SiBakul Nusantara ini dapat menjadi ajang yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, memperkuat daya saing UMKM, dan melestarikan kekayaan budaya Indonesia,” tutur GKR Hemas.

Dekranasda DIY berkomitmen mendukung program pertumbuhan dan pengembangan UMKM serta kerajinan di DIY. Berbagai pelatihan dan pemberdayaan sudah diupayakan guna membantu meningkatkan keterampilan manajerial, pemasaran, keuangan, dan teknis yang diperlukan untuk mengelola dan mengembangkan bisnis.

“Dalam Pameran UKM Sibakul Nusantara ini, saya mengajak seluruh peserta dan pengunjung untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi yang saling menguntungkan. Jadikanlah acara ini sebagai momentum untuk memperluas jaringan bisnis dan saling belajar dari para pelaku UKM lainnya,”tutur GKR Hemas mendukung program Gratis Ongkir dari Pemda DIY.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat