uefau17.com

Sandiaga Uno Dorong Perubahan Pola Rombongan Wisatawan 'Rohali' ke 'Rojali' di Toba - Regional

, Toba Sandiaga Uno terus mendorong perubahan pola wisatawan yang selama ini berkunjung ke lokasi wisata di Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut), golongan rombongan hanya lihat-lihat atau 'rohali' menjadi rombongan jajan dan beli atau 'rojali'.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Toba, tepatnya di Pendopo Kantor Bupati Toba, Jalan Sutomo Pagar Batu, Balige, Rabu (19/7/2023).

"Toba ini merupakan lokasi ke 20 dari 35 kabupaten dan kota kreatif yang telah mengikuti ekosistem ekonomi kreatif," ucapnya.

Disampaikan Sandiaga, apa yang dilakukan pihaknya juga sebagai upaya untuk mengejar target penciptaan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024. Untuk di Toba, diresmikan pembangunan Pusat Kreasi Destinasi Pariwisata (PKDP).

Pembangunan PKDP yang akan dinamai Tourism Creativity Center itu terletak di sebelah Kantor Bupati Toba, Jalan Sutomo Pagar Batu, Kelurahan Silalahi Pagar Batu, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba.

"Tahun ini Toba mendapatkan Dana Alokasi Khusus. Kita akan mulai membangun mulai tanggal 21 Juli 2023, dan diharapkan selesai tahun ini, yaitu sebuah pusat kreasi destinasi pariwisata atau kita singkat PKDP," ungkapnya.

Nantinya, akan dinamakan Tourism Creativity Center. Pusat kreasi destinasi pariwisata ini diharapkan juga akan menjadi etalase dari produk-produk ekonomi kreatif. Kehadiran PKDP tersebut menjawab permintaan masyarakat, khususnya para pelaku ekonomi kreatif di Toba.

"Mereka menginginkan adanya Creative Hub atau Creative Centre untuk memasarkan beragam produk ekonomi kreatif lokal. Pemerintah menjawab, langsung hadir dengan sebuah program Dana Alokasi Khusus yang kita harapkan nanti saat F1 Power Boat di tahun 2024 sudah siap dan digunakan sebagai etalase dari produk-produk ekonomi kreatif," ungkap Sandiaga Uno.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perkuat Ekosistem Ekonomi Kreatif

Dikatakan Sandiaga Uno, lewat kehadiran PKDP tersebut, dirinya berharap Danau Toba dapat menyumbang sekira 15-20 persen dari target 4,4 juta penciptaan lapangan kerja pada tahun 2024. PKDP juga diharapkan dapat memperkuat ekosistem sektor ekonomi kreatif dari Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba.

"Kita harapkan menjadi lokomotif sub sektor lainnya, sehingga Destinasi Super Prioritas Danau Toba yang ada di Kabupaten Toba ini akan mampu untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja yang luas dengan target 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024," ungkapnya.

Disampaikan Sandiaga, pihaknya melihat antusiasme dari masyarakat. Dengan lebih banyaknya kunjungan wisatawan, serta event-event berkualitas nasional dan internasional yang hadir di Kabupaten Toba.

"Ini kita harapkan juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Kehadiran Sandiaga Memberi Motivasi

Bupati Toba, Poltak Sitorus, menyampaikan terima kasih kepada Sandiaga Uno yang hadir secara langsung meninjau Kabupaten Toba. Kehadiran tersebut memberikan motivasi dan semangat yang luar biasa kepada masyarakat Toba.

"Kami percaya dengan kehadiran Bapak di sini akan terjadi peningkatan di ekonomi kreatif yang membawa kesejahteraan masyarakat di sini, karena sekarang kami juga sudah prioritaskan dari segi pembangunan ini kami prioritaskan pariwisata," ungkap Poltak.

"Dengan adanya dorongan untuk menaikan ekonomi kreatif kita, saya yakin kesejahteraan masyarakat akan semakin meningkat. Terima kasih, Pak Menteri," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat