uefau17.com

Deretan Kuliner Lezat dan Menggugah Selera yang Wajib Dicoba Saat ke Boyolali - Regional

, Jakarta - Boyolali merupakan sebuah kota kecil yang ada di Provinsi Jawa Tengah. Boyolali memiliki kekayaan kuliner yang tak kalah nikmat dengan daerah lain.

Diketahui, Boyolali memiliki banyak makanan lezat yang siap memanjakan lidah Anda di tengah suasana musim libur Idul Adha 2023. Menikmati kuliner Boyolali membawa anda dalam petualangan kuliner yang tak terlupakan.

Banyak kuliner yang wajib di cicip ketika Anda mengunjungi kota Boyolali yang membuat perut kenyang dan membuat ketagihan. Kuliner Boyolali diketahui memiliki ciri khas yang tidak kalah menarik.

Berikut deretan kuliner Boyolali lezat dan menggoda selera penikmatnya

‌Nasi Liwet

Mengawali petualangan kuliner di Boyolali, Anda harus mencicipi nasi liwet. Nasi ini terbuat dari beras yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah seperti serai, daun salam, dan lengkuas.

Nasi liwet disajikan dengan berbagai lauk pauk seperti ayam suwir, sambal terasi, dan sayur labu siam. Rasanya yang gurih dan harum membuat nasi liwet menjadi hidangan favorit masyarakat Boyolali.

‌Pecel Boyolali

Jika Anda pecinta makanan pedas, jangan lewatkan Pecel Boyolali. Pecel adalah salah satu makanan khas Jawa Tengah yang terdiri dari sayuran seperti kacang panjang, tauge, daun singkong, dan kangkung yang disiram dengan bumbu kacang pedas yang khas.

Pecel Boyolali memiliki cita rasa yang khas dengan bumbu kacang yang nikmat dan pedas yang menggigit. Anda juga dapat menambahkan tempe, tahu, dan rempeyek sebagai pelengkap.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kuliner Boyolali

Satai Kere

Satai Kere merupakan makanan yang sudah terkenal di Boyolali. Bedanya dengan sate pada umumnya, satai kere terbuat dari daging kere atau tetelan sapi. Daging tersebut diolah dengan bumbu khas dan ditusuk menggunakan tusuk satai.

Kemudian, satai kere disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Rasanya yang enak, lembut, dan gurih membuat Satai Kere menjadi pilihan yang tepat untuk menemani waktu santai Anda.

‌Lempah Kulat Sisir

Bagi pecinta kuliner eksotis, Lempah Kulat Sisir menjadi menu yang wajib dicoba. Lempah adalah sup tradisional yang terbuat dari kulat sisir, sejenis jamur yang tumbuh liar di hutan.

Kuah lempah yang kental dan gurih disajikan dengan berbagai bumbu seperti daun jeruk, serai, dan kelapa parut yang membuat rasanya semakin istimewa. Lempah Kulat Sisir dapat dinikmati dengan nasi hangat dan sambal terasi.

‌Ledre Boyolali

Sebagai penutup perjalanan kuliner di Boyolali, Anda tidak boleh melewatkan Ledre Boyolali. Ledre adalah jajanan khas Jawa Tengah yang terbuat dari ketan hitam yang dibalut dengan kelapa parut.

Rasanya yang manis, gurih, dan lezat membuat ledre menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang. Ledre Boyolali memiliki keunikan dengan rasa kelapa parut yang kaya akan aroma dan tekstur yang lembut.

Penulis: Belvana Fasya Saad

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat