uefau17.com

Iduladha, Begini Tips Mengolah Daging Kurban agar Empuk dan Tidak Bau - Regional

, Yogyakarta - Sebentar lagi, umat muslim akan memperingati Hari Raya Iduladha. Hari raya ini identik dengan daging kurban, yaitu kambing atau sapi.

Mengolah daging kambing atau sapi berbeda dengan daging ayam maupun ikan. Kesalahan dalam pengolahan daging kurban bisa saja memunculkan bau tak sedap dan tekstur daging yang keras.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut tips mengolah daging kurban agar empuk dan tidak bau:

1. Diamkan sejenak sebelum dimasak

Saat mendapatkan daging kurban, sebaiknya diamkan sejenak dan jangan langsung dimasak. Setelah dipotong dan dikuliti, diamkan daging kurban beberapa saat agar otot-ototnya mengendur.

Proses ini biasanya disebut dengan istilah pelayuan. Kamu juga bisa membalut daging dengan daun pepaya agar lebih empuk.

2. Tidak perlu mencuci daging

Mengolah daging sapi maupun kambing sebaiknya tidak dicuci terlebih dahulu. Sebelum memasukkannya ke dalam kulkas, kamu bisa membungkus daging dengan daun pepaya.

Bungkus daging dengan dua layer daun pepaya dan plastik hingga benar-benar tertutup rapat. Hal ini dapat menjaga kualitas dan kebersihan daging.

3. Melumuri daging dengan nanas

Saat akan mengolah daging, kamu bisa melumurinya dengan nanas. Nanas dipercaya ampuh menghilangkan bau pada daging.

Selain itu, nanas juga bisa membuat tekstur daging menjadi lebih empuk. Buah ini mengandung enzim bromelin yang dapat membantu melunakkan serat-serat pada daging.

Potong nanas menjadi ukuran kecil-kecil, kemudian balurkan di atas daging. Setelah itu, remas-remas sebentar dan diamkan selama 15-30 menit dan cuci bersih.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jeruk Nipis

4. Melumuri dengan jeruk nipis

Selain nanas, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai bahan untun melumuri daging. Jeruk nipis membantu menetralisir bau tak sedap pada daging kurban.

5. Membuang bagian lemak berlebih dengan cara trimming

Aroma prengus pada daging biasanya datang dari bagian lemaknya yang berwarna putih. Kamu bisa membuang bagian tersebut dengan cara trimming. Namun, tetap sisakan sedikit lemak agar masakan tetap terasa gurih.

6. Rebus dengan air mendidih

Cara selanjutnya agar dapat memperoleh daging dengan tekstur empuk adalah dengan merebusnya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan panci presto maupun panci biasa. Saat merebusnya, pastikan air telah mendidih terlebih dahulu sebelum daging dimasukkan.

7. Tambahkan rempah pada air rebusan

Sambil merebus daging, kamu bisa memasukkan berbagai rempah untuk menghilangkan aroma tak sedap pada daging. Gunakan pala, daun jeruk, biji lawang, atau kayu manis dengan jumlah secukupnya saja dan tidak terlalu banyak. Dengan demikian, daging kurban Idul Adha yang akan diolah pun akan terasa empuk dan tidak bau.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat