uefau17.com

Ini Alasan Mengapa Para Pelaku UMKM Perlu Pahami Desain Grafis - Regional

, Palembang - Persaingan yang semakin ketat pada saat ini , produk UMKM masih berpeluang untuk bersaing di pasar global. Para pelaku UMKM pun didorong untuk scale up dengan berbagai cara, di antaranya menguasai desain grafis guna memperkuat daya saing. Kemampuan desain grafis dinilai menjadi daya dorong dalam inovasi produk menjadi lebih kreatif. Pada era yang semakin digital ini, desain grafis memberikan dampak positif yang signifikan bagi pertumbuhan bisnis.

Menurut Muhammad Asrop, pemilik Grafisatu, desain grafis yang baik dapat menjadi alat yang efektif dalam membangun identitas bisnis yang kuat dan mengesankan di mata pelanggan.

“Dengan memiliki desain grafis yang menarik, bisnis dapat membedakan dirinya dari pesaing dan menarik perhatian calon pelanggan,” ujar Asrop yang menekuni usaha layanan jasa desain grafis secara online sejak 2017 lalu.  

Asrop menambahkan, salah satu manfaat utama desain grafis adalah kemampuannya  menciptakan identitas bisnis yang kuat. Melalui penggunaan elemen desain seperti logo, warna, dan tipografi yang konsisten, pelaku bisnis UMKM dapat membangun ciri khas yang dikenali oleh pelanggan. “Contohnya, logo yang unik dan mudah dikenali dapat membantu pelanggan mengidentifikasi merek dengan mudah, sehingga memperkuat hubungan antara bisnis dan konsumen,” terangnya.

Desain grafis juga berperan penting dalam memperkuat keselarasan merek. Dengan memiliki desain grafis yang konsisten di semua saluran komunikasi, mulai dari situs web, media sosial, hingga materi pemasaran, bisnis UMKM dapat meningkatkan citra merek yang profesional.

“Ketika pelanggan melihat desain yang konsisten di berbagai platform, mereka akan memiliki kepercayaan lebih pada bisnis tersebut. Desain grafis yang konsisten membantu menciptakan konsistensi merek yang dapat meningkatkan daya tarik dan mengesankan pelanggan,” papar Asrop yang mendirikan jasa desain grafis online di bawah bendera PT. Satu Bisnis Digital.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Pembeda

Menurut Asrop yang berdomisili di Palembang, Sumatera Selatan, desain grafis juga berperan menarik perhatian pelanggan dan membedakan bisnis dari pesaing. Dalam dunia bisnis yang kompetitif,  desain logo yang menarik dapat menjadi faktor penentu memikat calon pelanggan.

“Ketika sebuah bisnis memiliki desain grafis yang menarik, pelanggan akan cenderung tertarik dan ingin mengeksplorasi lebih lanjut. Desain grafis yang unik dan kreatif akan membantu sebuah bisnis untuk membedakan dirinya dari pesaing yang serupa, menarik minat calon pelanggan, dan memberi keunggulan kompetitif,” jelasnya.

Bagi para pelaku UMKM yang memiliki kendala dan keterbatasan sumber daya di bidang desain grafis tidak perlu risau. Di era digital saat ini banyak aplikasi atau jasa desain grafis yang dapat dijadikan mitra konsultasi dalam merancang konsep dan desain produk mereka.  

Untuk layanan jasa desain Grafisatu misalnya, saat ini dapat diakses  secara online melalui platform website grafisatu.com, atau melalui akun media sosial Instagram @grafisatu dan Tiktok @grafisatu. “Menggunakan jasa desain grafis online bisa menjadi salah satu solusi untuk menerapkan strategi pemasaran  efektif untuk mencapai kesuksesan  bisnis UMKM,” tandas Asrop.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat