uefau17.com

Mudik dari Bandung ke Yogyakarta, Ini Rekomendasi Kuliner di Sepanjang Jalur Pantai Selatan - Regional

, Yogyakarta - Saat Lebaran tiba, salah satu jalur yang banyak dilalui pemudik yang akan menuju ke Jawa Tengah atau Jawa Timur adalah jalur Pantai Utara (Pantura). Selain jalur tersebut, ada juga jalur lintas Pantai Selatan (Pansela) yang bisa menjadi alternatif jalur bagi para pemudik.

Sepanjang jalur Pansela, pemudik akan disuguhi panorama pesisir pantai yang indah. Tak lupa, sajian kuliner Pansela dari daerah-daerah yang dilewati juga bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut rekomendasi kuliner mudik Lebaran di jalur Pansela, mulai dari Bandung hingga Yogyakarta:

1. Mi Kocok (Bandung)

Bandung memang dikenal memiliki sajian kuliner yang lezat. Salah satu sajian yang bisa kamu coba sebelum memulai perjalanan adalah mi kocok.

Mi kocok merupakan hidangan berupa campuran mi kuning, irisan kikil, taoge, bakso, jeruk nipis, seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Berbagai bahan tersebut berpadu sempurna dengan siraman kuah kaldu sapi yang gurih.

2. Nasi Tutug Oncom (Tasikmalaya)

Sampai di Tasikmalaya, kamu bisa mencicipi salah satu kuliner yang tak kalah sedap, yakni nasi tutug oncom. Sajian ini memadukan nasi dengan oncom yang digoreng atau dibakar. Disajikan dalam keadaan hangat, sajian ini akan memberi rasa nyaman pada perut setelah perjalanan jauh.

3. Soto Sokaraja (Banyumas)

Selanjutnya, perjalanan mudik sampai di Banyumas. Kamu bisa menikmati aneka sajian berupa soto sokaraja. Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan sambal cabai biasa, soto sokaraja ini biasanya disajikan dengan bumbu sambal kacang dan ketupat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Getuk Goreng (Purwokerto)

4. Getuk Goreng (Purwokerto)

Jika sebelumnya kamu sudah menikmati aneka hidangan utama, maka saat sampai di Purwokerto kamu bisa menyantap kudapan ringan. Salah satu jajanan yang bisa kamu pilih adalah getuk goreng.

Kudapan ini terbuat dari singkong. Selain bisa dijadikan camilan saat perjalanan, getuk goreng juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga besar di kampung halaman.

5. Oemah Tahu Sumedang Mang Eman (Banjarnegara)

Saat sampai di Banjarnegara, kamu dan keluarga bisa berkunjung ke Oemah Tahu Sumedang Mang Eman. Rumah makan yang merupakan cabang dari Purwokerto ini berlokasi di Jalan Raya Sukoharjo, Randegan, Sigaluh, Banjarnegara.

Selain areanya yang luas, tempat ini juga memiliki wahana bermain untuk anak-anak. Beberapa sajian yang bisa kamu coba adaah tahu sutra, nasi liwet ayam ingkung, nasi bancakan, hingga tahu kupat.

6. Dawet Ireng (Purworejo)

Sesampainya di Purworejo, kamu dan keluarga bisa menikmati kesegaran es dawet ireng khas Purworejo. Minuman menyegarkan ini memiliki dawet yang berwarna ireng (hitam). Dawet ireng ini berpadu sempurna dengan santan yang gurih.

7. Mangut Beong (Magelang)

Magelang memiliki beberapa tempat makan yang khas. Salah satu kuliner yang wajib dicicipi adalah mangut beong.

Banyak warung yang menjual mangut beong, salah satunya di Warung Sehati Selera Pedas di Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur. Ikan yang sekilas mirip ikan lele ini memiliki daging yang cukup padat dan lembut.

8. Yogyakarta

Sesampainya di Yogyakarta, kamu bisa langsung menuju ke rumah dan menikmati sajian yang telah disiapkan keluarga besar. Namun, tak ada salahnya jika kamu ingin membawa buah tangan dari kota ini. Salah satu camilan yang bisa kamu bawa adalah bakpia.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat