uefau17.com

Jalan-Jalan ke NTB, Ini 10 Kuliner Lombok yang Harus Dicicipi - Regional

, Lombok - Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjadi salah satu destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Daerah ini dikenal memiliki keindahan alam dan budaya adat yang masih dipertahankan hingga saat ini.

Terlebih dengan adanya Sirkuit Mandalika yang menambah daya tarik Lombok untuk dikunjungi. Selain terkenal akan pemandangan alam dan tempat wisata, makanan khas Lombok juga patut di coba.

BACA JUGA: VIDEO: ITS Sapuangin Juarai Kejuaraan Regional Shell Eco-Marathon 2024
BACA JUGA: VIDEO: Viral Pria di Bima Terbakar Saat Pindahkan Bensin Sambil Merokok

Makanan khas Lombok terkenal kaya akan rempah-rempah, sehingga memiliki cita rasa yang pedas. Berikut kuliner Lombok yang wajib dicoba.

1. Ayam Taliwang

Makanan khas Lombok yang cukup populer di Indonesia adalah ayam taliwang. Bahkan olahan ayam khas Lombok inidapat ditemui hampir dimana pun.

Ayam taliwang memiliki cita rasa yang pedas dan gurih karena bumbu rempahnya yang meresap. Bumbu itu terdiri atas cabai merah kering, bawang merah, bawang putih, terasi goreng, kencur, garam, gula merah, dan tomat.

Ayam taliwang terasa sangat nikmat karena diiringi aroma bakaran dari arang. Biasanya, makanan khas Lombok ini disajikan dengan plecing kangkung.

Plecing kangkung adalah kangkung yang direbus dan dicampur dengan taoge, kacang tanah goreng, urap, dan kacang panjang. Plecing kangkung biasanya disajikan di atas daun pisang.

2. Ayam Rarang

Ayam rarang merupakan makanan khas Lombok yang menjadi andalan masyarakat setempat. Bahkan, resep ayam rarang sudah diturunkan dari 4 generasi sehingga rasanya tidak perlu diragukan lagi.

Ayam ini kental dengan bumbu rempah, yakni bawang putih, bawang merah, cabai rawit, terasi, kemiri, sebie gero (cabai kering). Campuran tersebut membuat rasa makanan ini sangat kaya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tum Ayam

3. Tum Ayam

Makanan khas Lombok selanjutnya ialah tum ayam. Tum ayam adalah olahan daging ayam, umumnya tetelan atau bagian kulit, yang kandungan lemaknya lebih sedikit.

Bahan tersebut dipotong-potong lalu dibalut dengan daun pisang untuk dikukus. Tum ayam dilengkapi bumbu seperti bawang putih, bawang merah, kencur, terasi, sereh, dan kunyit.

Makanan khas Lombok ini cocok dinikmati bersama bulayak.

4. Sate Tanjung

Sate tanjung adalah makanan khas Lombok bagian utara. Bahan dasarnya dari daging ikan cakalang segar yang dipotong-potong.

Daging itu lalu direndam ke dalam bumbu rempah yang dihaluskan. Setelah itu, daging ditusuk dan dibaluri bumbu lagi untuk selanjutnya dibakar hingga matang.

Rasa dari sate ikan tanjung sangat gurih dan teksturnya sangat lembut. Makanan khas Lombon ini banyak ditemui di Pasar Tanjung, Lombok.

5. Sate Bulayak

Sate bulayak atau satai bulayak menggunakan daging sapi dan jeroan sapi yang dilumuri bumbu khas Lombok saat dibakar tercium aromanya yang sedap. Nama sate bulayak karena satai ini dimakan dengan bulayak.

Bulayak adalah lontong berbentuk bulat memanjang yang dibungkus dengan daun kelapa atau daun enau muda, sehingga rasanya semakin nikmat.

6. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung merupakan makanan khas Desa Puyung, Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah. Nasi balap puyung berisi nasi putih, ayam suwir dengam bumbu pedas, keripik kentang, kacang kedelai, oseng kacang, dan telur.

Kemudian, nasi dibungkus dengan daun pisang atau kertas minyak. Makanan khas Lombok ini biasanya menjadi menu sarapan favorit masyarakat Lombok.

 

3 dari 3 halaman

Aik Kalas

7. Aik Kalas

Makanan khas Lombok aik kalas merupakan menu berkuah kebanggaan masyarakat Lombok. Aik kalas biaanya dihidangkan saat begawe atau hajatan.

Isian dari aik kalas berupa daging, daun belimbing, dan bumbu seperti cabai rawit, cabai merah, bawang merah, dan bawang putih. Makanan khas Lombok ini kerap dihidangkan dengan bulayak sebagai pengganti nasi. Bulayak adalah kuliner seperti lontong yang dibungkus daun aren. Dalam bahasa Sasak di Lombok, bulayak memiliki arti lontong.

Bentuknya memanjang seperti spiral. Bedanya dengan lontong, untuk membukanya, Anda harus memutar bungkusnya bukan mengupasnya.

8. Dodol Rumput Laut

Makanan khas ombok selanjutnya ialah dodol rumput laut. Dodol rumput bercita rasa manis seperti dodol pada umumnya.

Bedanya, makanan khas Lombok ini terbuat dari rumput laut. Tekstur dodol rumput laut sangat lembut, tidak lengket dan berwarna bening.

Dodol ruput laut juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Lombok yang dapat dibeli. Sebab, proses pemasakan dodol membuat sajian ini awet dan tahan lama.

9. Plecing Kangkung

Plecing kangkung adalah makanan khas Lombok yang cocok disantap dengan ayam taliwang. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar dengan sambal tomat, yang dibuat dari cabai rawit, garam, terasi dan tomat, dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau.

Sebagai pendamping Ayam taliwang, plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap. Kangkung yang digunakan untuk masakan ini juga sangat khas.

Tidak seperti tanaman kangkung sayur yang sering ditemui di Pulau Jawa. Kangkung yang digunakan pada plecing kangkung merupakan jenis kangkung air yang biasanya ditanam di sungai yang mengalir dengan metode tertentu. Kangkung ini menghasilkan kangkung dengan batangan besar yang renyah.

10. Bebalung

Makanan khas Lombok berikutnya yakni bebalung yang terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau. Iga sapi atau krbau dibumbui dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan kunyit.

Agar semakin khas, ditambahkan jahe agar rasa pedas dalam makanan Lombok ini memiliki ciri khas tersendiri. Penyajian bebalung umumnya ditaruh pada mangkok dan dilengkapi dengan taburan bawang goreng.

Bebalung merupakan menu wajib yang selalu dihidangkan pada setiap hajatan masyarakat Lombok.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat