uefau17.com

6 Fakta Menarik Gunung Sempana, Bagian 7 Summit di Sembalun Rinjani - Lifestyle

, Jakarta - Mengingat kedekatannya dengan Gunung Rinjani yang besar, pegunungan berumput di sebelah timur Sembalun ini, yaitu Gunung Sempana tak mudah untuk diabaikan. Namun, punggung bukit yang menyenangkan ini memberikan pemandangan yang luar biasa baik ke Gunung Rinjani maupun ke arah timur ke laut dan pulau Sumbawa dan sangat layak untuk didaki.

Mengutip dari laman Gunung Bagging, Rabu (12/6/2024), berada di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), ketinggian Gunung Sempana mencapai 2.329 mdpl menurut yang tertera di peta Bakosurtanal.

Punggung bukitnya yang tertinggi dan oleh karena itu bisa dibilang merupakan sudut pandang terbaik. Masih banyak hal mengenai Gunung Sempana selain lokasi maupun ketinggiannya, berikut enam fakta menarik Gunung Sempana yang dirangkum Tim Lifestyle dari berbagai sumber.

1. Tempat Berkemah Favorit

Beberapa tahun yang lalu, tidak ada yang pernah mendengar hal ini dan hanya bagian bawah Bukit Pergasingan yang dilalui oleh mereka yang mencari sesuatu yang lebih mudah dan lebih pendek daripada Gunung Rinjani. Namun pada 2021, Sempana adalah tempat perkemahan yang populer di kalangan penduduk setempat di akhir pekan dan pemandangannya luar biasa di pagi hari.

Dari Sembalun Bumbung (selatan Sembalun Lawang tempat ujung jalan setapak Rinjani berada), jalur pertanian mengarah dari loket tiket kayu sederhana dan warung (1.204 mdpl) ke jantung perbukitan. Anda dapat membawa sepeda atau pergi dengan pemandu untuk menghemat waktu berjalan kaki sekitar 30 menit. 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Hutan Pohon Cemara

Area parkir kecil (1.266 mdpl) dan tanda yang mengarah ke jembatan bambu menandai ujung jalan setapak yang formal. Jalan setapak kemudian melewati lahan pertanian, melewati gubuk kayu (1.310 mdpl) sebelum memasuki hutan.

Terdapat tempat istirahat yang nyaman (1.459 mdpl) sebelum jalan setapak muncul dari hutan (1.502 mdpl) dan menuju punggung bukit berumput yang semakin curam seiring jalur zig-zag mendaki lereng gunung. Pada satu titik ada beberapa langkah kayu sederhana untuk membantu Anda (1. 888 mdpl).

Setelah kurang dari 3 jam, Anda akan sampai di punggung bukit yang ditumbuhi pohon cemara indah dan merupakan tempat populer untuk berkemah (2.239 mdpl). Di sisi lain lembah Sembalun tentu saja terdapat Rinjani sendiri yang dibingkai indah oleh pepohonan cemara. 

3. Gunung Tambora dari Kejauhan

Jika Anda berbelok ke kiri (utara) selama dua menit saja, Anda akan mencapai titik tertinggi punggung bukit di sini (berlabel Atas Timuk, 2.255 mdpl di peta Bakosurtanal tetapi tidak dikenal dengan nama itu). Di sebelah timurnya terdapat garis pantai dan dua pulau datar Gili Lawang dan Gili Sulat. Lebih jauh ke timur adalah Sumbawa, dan Anda mungkin cukup beruntung bisa melihat Gunung Tambora dari kejauhan. 

 

3 dari 4 halaman

4. Bagian 7 Summit Rinjani

 

Gunung Sempana merupakan salah satu dari 'Tujuh Puncak Sembalun', sebuah daftar yang dibuat baru-baru ini yang mencakup Rinjani, Sempana dan lima puncak lainnya di sebelah timur Rinjani. Ada tantangan untuk mencapai ketujuh puncak dalam waktu sesingkat mungkin, dan setidaknya satu pelari telah melakukannya dalam waktu kurang dari 24 jam meskipun sebagian besar tim memerlukan waktu 4 hari!

Lima 7 Summit lainnya dalam daftar adalah Gedong Lembah (2.200 mdpl), Kondo atau Gunung Seribu (1.934 mdpl), Gunung Anak Dara (1.923 mdpl), Gunung Pergasingan 1.806 mdpl dan Bao Ritip atau Gunung Sengkor (1.500 mdpl). Beberapa nama puncak tersebut pada peta Bakosurtanal tampaknya telah diperbarui atau diabaikan atau hanya salah pada saat peta dibuat masih belum jelas, namun Bakosurtanal biasanya sangat akurat sehingga mungkin beberapa nama baru ini baru ditemukan.

5. Terdapat Puncak Lainnya

Memang masih ada beberapa puncak lain di kawasan itu, yakni Bukit Nanggi (Gunung Iyasa, 2.039 mdpl) yang terletak di sebelah selatan punggungan Sempana. Ada pula Bukit Suwarna atau Gunung Adas dengan ketinggian 1.899 mdpl dan Bukit Pal Jepang atau Gunung Tanakiabang dengan ketinggian 2.259 mdpl. Berada di antara puncak Sempana dan titik tertinggi jalan yang membentang utara-selatan di antara pegunungan, dikenal seperti Pusuk Sembalun dan kira-kira 1.635 mdpl. 

 

4 dari 4 halaman

6. Sumber Air Panas untuk Berendam

 

Di sebelah barat jalan, di sisi Rinjani, terdapat Gunung Kanji (2.065 mdpl) terletak di utara Gedong Lembah dan di selatan Savana Dandaun yang populer. Sabana kedua di sebelah barat jalan utama terletak tepat di utara Kondo dan disebut Savana Propok. Terdapat juga sumber air panas (Sebau) yang dapat dicapai dengan berjalan kaki singkat ke arah timur jalan utama. 

Untuk mencapai Gunung Sempana, ada penerbangan harian dari Jakarta dan Denpasar. Bandara internasional Lombok telah dibuka pada 2010, sehingga ada penerbangan langsung dari Jakarta ke Lombok.

Mengutip dari Laman Lombok 7 Summit, untuk mencapai Gunung Sempana setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 7 jam perjalanan. Pada jam pertama pendakian cukup melelahkan karena terjal. Setelah sampai Bukit Nanggi baru treknya sedikit landai sampai pada puncak Sempana.

Dibutuhkan waktu lebih cepat ketika turun, namun akan menjadi lebih lama jika lutut anda bermasalah. Oleh karenanya, pastikan diri Anda tidak memiliki masalah dengan lutut atau kaki saat melakukan pendakian.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat