uefau17.com

6 Fakta Menarik Gunung Palung di Kalimantan Barat yang Satu Kawasan dengan Gunung Ponti - Lifestyle

, Jakarta - Gunung Palung merupakan sebuah gunung yang terletak di daerah Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian sedang, yakni mencapai 1.116 Mdpl.

Gunung Palung merupakan sebuah kawasan pegunungan di mana puncak tertingginya adalah Gunung Palung dan Gunung Panti atau Gunung Ponti dengan ketinggian 1.050 Mdpl. Bagian tengah pegunungan ini berupa cekungan atau embah hulu Sungai Siduk.

Kawasan ini merupakan Taman Nasional Gunung Palung yaitu salah satu kawasan pelestarian alam yang memiliki keaneka-ragaman hayati bernilai tinggi. Berbagai tipe ekosistem antara lain hutan mangrove, hutan rawa, rawa gambut, hutan rawa air tawar, hutan pamah tropika, dan hutan pegunungan yang selalu ditutupi kabut.

Masih banyak hal mengenai Gunung Palung selain lokasi maupun ketinggiannya. Berikut enam fakta menarik Gunung Palung yang dirangkum dari berbagai sumber pada Kamis, 20 Juni 2024.

1. Taman Nasional dan Tempat Penelitian

Gunung ini memberi nama pada Taman Nasional Gunung Palung dan merupakan rumah bagi stasiun penelitian biologi penting, yang menjadi basis studi flora dan fauna di hutan hujan primer dataran rendah yang fantastis ini. Titik tertingginya bukanlah Gunung Palung, melainkan puncak tetangga Gunung Ponti di punggung bukit granit berbentuk U.

Faunanya yang unik antara lain orangutan liar, kera, siamang, burung. Gunung Palung juga terkenal dengan keanekaragaman habitatnya, antara lain hutan gambut dataran rendah dan rawa segar dengan pepohonan besar, hutan tepi sungai dengan sungai yang masih asli, hutan pegunungan bawah, dan hutan pegunungan dekat puncak.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Letaknya 200 KM dari Pontianak

Taman ini berjarak 200 km sebelah selatan Pontianak, ibukota Kalimantan Barat. Pintu masuk yang biasa dilakukan adalah dari kota kecil Sukadana di sebelah barat taman. Anda bisa pergi dari Pontianak dengan pesawat atau speedboat.

Anda bisa berangkat dari Rasau, sekitar 30 menit perjalanan darat dari bandara Pontianak dan memakan waktu antara 4 hingga 7 jam untuk sampai ke Teluk Melano tergantung kondisi cuaca. Perjalanan dengan speedboat memang menarik, melewati jalur pantai yang terisolasi dan tak berpenghuni dengan vegetasi bakau serta kemungkinan melihat buaya.

3. Izin Pendakian

Pengunjung harus mendaftar ke Kantor Taman Nasional di Ketapang atau Sukadana atau Melano dan memberikan salinan dokumen identitas. Salah satu permasalahan penting saat ini adalah bahwa Taman Nasional tersebut sebenarnya ditetapkan sebagai taman nasional penelitian.

Itu sebabnya taman ini hanya dapat diakses oleh peneliti yang memiliki izin penelitian dari pemerintah Indonesia. Namun, pihak taman nasional secara aktif berupaya untuk mendorong ekowisata dan pendakian oleh masyarakat umum diperbolehkan di kawasan tertentu.  

3 dari 4 halaman

4. Jalurnya Melewati Kawasan Penelitian

Jalur menuju puncak Gunung Ponti dan Gunung Palung langsung melewati kawasan penelitian aktif, tempat mempelajari populasi orangutan, kera, dan siamang, serta flora di berbagai habitat. Ini adalah kawasan sensitif di mana penelitian telah dilakukan sejak pertengahan tahun 1980an.

Karena itu masyarakat umum saat ini tidak memiliki akses ke satu-satunya jalur menuju puncak. Tapi masyarakat dapat mendaki gunung tersebut jika berkoordinasi dengan pihak Taman Nasional.

5. Titik Awal Pendakian

Jalur menuju taman nasional dimulai dari sebuah kanal yang digali di lahan gambut dominan, sekitar 15 menit dari Sukadana. Jalur ini berjarak 18 km menuju Stasiun Penelitian Cabang Panti, namun pertambahan ketinggian hanya 40 mdpl, karena jalur dimulai pada ketinggian 10 m dpl, dan stasiun penelitian berada pada ketinggian 50 mdpl.

Pada beberapa kilometer pertama sepanjang kanal, hutan lahan gambut telah dibuka dan dibakar. Jalur ini kemudian masuk ke dalam hutan sekunder dan secara umum kualitasnya meningkat seiring Anda mendaki. Hal ini jelas sangat dipengaruhi oleh pembalakan liar, yang merajalela terutama pada awal tahun 2000an setelah desentralisasi pemerintahan.

4 dari 4 halaman

6. Pendakian Unik dengan Transisi Hutan

Pendakian ini unik karena Anda memulainya di hutan dataran rendah primer dan dapat melihat transisi ke hutan yang lebih terbuka seiring bertambahnya ketinggian, sebelum pepohonan menjadi semakin pendek menuju puncak. Hanya ada sedikit kesempatan untuk melihat dataran dan pantai serta puncak-puncak di sekitarnya, tetapi berada di dalam hutanlah yang menjadi keistimewaan pendakian ini.

Di atas ketinggian 1.000 mdpl di Gunung Ponti jalurnya sangat ditumbuhi tanaman karena ini menandai akhir dari lokasi penelitian dan stasiun cuaca kecil berakhir di titik ini. Setelah itu Anda akan membutuhkan parang untuk membantu membersihkan jalan setapak, namun sudah jelas jalan mana yang menuju titik tertinggi.

Tidak ada pemandangan di puncak, tapi yang pasti ada rasa pencapaian. Gunung Ponti dan Gunung Palung bisa didaki dalam satu hari dengan turun ke tiang di antara keduanya, namun kini hal ini tampaknya hampir mustahil.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat