uefau17.com

Deretan Kuliner Khas Lombok, Wajib Dicoba Saat Berlibur - Regional

, Jakarta - Setiap daerah di Indonesia memiliki ragam warisan kuliner yang menjadi ciri khas. Salah satunya di Lombok.

Selain mendunia dengan Sirkuit Mandalika, Lombok menyimpan ragam wisata kuliner yang wajib dicoba. Kuliner khas Lombok bisa menjadi pelengkap di tengah menikmati suasana liburan. 

Bahkan, kuliner Lombok yang identik dengan sambal ini dapat disantap sambil menikmati pemandangan alam. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa makanan khas Lombok yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana:

Satai Bulayak

Perpaduan rempah dalam potongan daging sapi yang tersaji pada satai bulayak ini akan memanjakan lidah kamu. Berbeda dari kebanyakan satai lainnya, saus kacang yang dipakai terbuat dari kacang tanah sangrai yang dimasak bersama santan. 

Sehingga rasanya mirip dengan bumbu kari. Uniknya, lontong yang disajikan dengan satai ini dibungkus dengan darun aren.

Ayam Taliwang

Untuk para pecinta makanan pedas, ayam taliwang dijamin tidak akan mengecewakan lidah kamu. Ayam yang dimasak dengan bumbu bumbu tradisional ini menjadi salah satu kuliner Indonesia yang sudah dikenal dunia. 

Kombinasi rasa manis dan pedas dengan limpahan rempah membuat siapa saja jatuh cinta dengan ayam taliwang.

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ayam Rarang

Selain Ayam Taliwang, olahan ayam pedas yang satu ini tak kalah menggoda. Kuliner tersebut bernama Ayam Rarang. 

Rasa pedas dari ayam ini berasal dari bumbunya yaitu sambal goreng cabai rawit yang biasa disebut sebagai bumbu plecing oleh masyarakat lokal.

Plecing Kangkung

Selain Bali, Lombok juga terkenal akan plecing kangkungnya yang pedas dan menggugah selera. Ciri khusus yang dimiliki oleh plecing kangkung Lombok ini adalah bahan utamanya yang menggunakan tauge dan parutan kelapa muda berbumbu pedas di atasnya. Sedang di Bali, tidak menggunakan tauge dan parutan kelapa di atasnya.

Sambal Beberuk Terung

Sambal khas Lombok ini cukup unik karena bahan-bahannya menggunakan sayuran segar. Seperti potongan terung bulat, tomat, dan kacang Panjang dengan siraman sambal cabai merah yang pedas. 

Salah satu cara terbaik menikmati sambal beberuk terung ini adalah menyantap bersama ayam taliwang atau hidangan seafood.

Kalau kalian sedang berlibur datau mengunjungi Lombok, mampirlah untuk sekadar menikmati makan-makanan khas yang super enak ini.

Penulis: Nila Amalia Putri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat