uefau17.com

5 Kue Manis Khas Jambi, Cocok Jadi Makanan Penutup - Regional

, Jambi - Jambi merupakan salah satu kota di Pulau Sumatra sekaligus sebagai ibu kota Provinsi Jambi. Sebagaimana provinsi lain di Indonesia, Jambi juga memiliki banyak kuliner khas yang layak untuk dicoba.

Dari banyaknya rasa yang bisa dicoba, salah satu sajian yang layak dicoba di Jambi adalah kudapan manisnya. Berikut lima kudapan manis khas Jambi yang cocok jadi makanan penutup.

1. Bolu Kojo atau Bolu Kemojo

Selain di Jambi, bolu kojo atau bolu kemojo sebenarnya juga bisa dijumpai di Riau, Palembang, dan Bengkulu. Kue ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga kamboja.

Bentuk tersebut tak lepas dari loyang yang digunakan untuk membuat kue ini. Namun, di beberapa tempat, bolu ini terkadang juga dibuat dengan bentuk yang serupa dengan kue bolu pada umumnya.

Masyarakat Jambi sering menyajikan makanan ini dalam berbagai acara adat. Kue Jambi ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

2. Kue Muso

Sekilas, tampilan kue muso mirip dengan pie. Bedanya, bagian tengah kue ini berwarna hijau dan pinggirnya cenderung kecokelatan.

Kue ini sering dijadikan salah satu menu takjil Ramadan. Pasalnya, kue ini memang memiliki cita rasa yang manis. Adapun kue muso terbuat dari tepung terigu, tepung ketan, cokelat bubuk, minyak sayur, air pandang yang sudah dicampur suji, garam halus, santan, dan bahan-bahan lainnya.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kue Padamaran

3. Kue Padamaran

Kue padamaran merupakan kue basah khas Jambi berbahan dasar tepung beras. Kue ini memiliki ciri khas berwarna hijau dan biasanya dikemas dalam bentuk persegi panjang.

Bentuk tersebut tidak lepas dari pemakaian daun pisang yang biasa disebut takir. Kue ini memiliki tekstur yang lembut serta memiliki cita rasa manis sekaligus gurih.

Perpaduan rasa tersebut didapatkan dari pemakaian gula merah dan santan sebagai salah satu bahan utamanya. Selain disantap sebagai cemilan sehari-hari, kue padamaran juga sering kali dijadikan menu takjil di bulan Ramadan.

4. Kue Putri Kandis

Selain kue padamaran, Jambi juga memiliki kue basah lainnya yang tak kalah lezat. Kue tersebut adalah kue putri kandis.

Kue ini memiliki ciri khas bentuk persegi dengan disertai tampilan warna-warni, yakni hijau, cokelat, dan kuning. Kue ini dibuat dengan telur dan gula dalam jumlah banyak.

Kue ini umumnya disajikan saat acara adat antar belanjo. Antar belanjo merupakan acara adat yang digelar sebelum akad nikah. Pada acara tersebut, calon pengantin pria akan membawa berbagai hantaran belanja untuk pengantin wanita, salah satunya kue putri kandis.

5. Rambutan Goreng

Jika sebelumnya sajian manis khas Jambi didominasi oleh kue, rekomendasi selanjutnya tergolong sebagai sajian manis paling unik di Jambi. Adalah rambutan goreng yang dibuat dari daging rambutan.

Daging rambutan tersebut dibiarkan beberapa saat hingga kering. Kemudian, daging rambutan dilumuri bumbu berbahan tepung terigu, garam, dan vanili.

Selanjutnya, adonan digoreng hingga berwarna kecokelatan. Rambutan goreng memiliki cita rasa manis, layaknya kurma.

(Resla Aknaita Chak)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat