uefau17.com

Kabar Gembira, Warga Riau yang Ingin Umrah Bisa Langsung dari Pekanbaru - Regional

, Pekanbaru - Bandara Sultan Syarif Kasim II membuka rute penerbangan dari Pekanbaru menuju Madinah dan dari Jeddah menuju Pekanbaru. Hal ini menyusul izin layanan embarkasi umrah di Pekanbaru yang diberikan Pemerintah Arab Saudi ke Indonesia. 

Rute penerbangan Pekanbaru-Madinah serta dari Jeddah ke Pekanbaru ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat Riau, khususnya yang akan melaksanakan ibadah umrah. Rute penerbangan ini ada setiap Rabu pukul 08.55 WIB dan Jeddah-Pekanbaru setiap Jumat pukul 15.00 WIB.

Rute baru ini menggunakan maskapai Lion Air. Pada Rabu pagi, 18 Januari 2023, sudah 212 warga Indonesia yang diberangkatkan secara perdana. 

Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Riau menyambut baik rute ini. Jajaran imigrasi di setiap kabupaten di Bumi Lancang Kuning diminta meningkatkan pelayanan. 

"Berikan kinerja terbaik karena ini akan meningkatkan kunjungan wisatawan luar negeri ke Riau ataupun sebaliknya," kata Kepala Kanwil Kemenkumham Riau Mhd Jahari Sitepu, Rabu siang, 18 Januari 2023.

Jahari meminta jajarannya selalu siaga dan waspada, khususnya memeriksa administrasi perjalanan dengan seksama sehingga tidak ada celah bagi orang-orang yang tidak bertanggungjawab memanfaatkan momen ini.

"Tetap perkuat sinergitas dengan kementerian dan lembaga lainnya demi menjaga kemanan dan ketertiban NKRI," tegas Jahari. 

Sebelumnya, pelayanan umrah sudah vakum hampir 2 tahun. Jumlah embarkasi umrah yang sebelumnya hanya 8 daerah bertambah menjadi 9 setelah Pekanbaru mendapatkan izin penerbangan. 

 

 

*** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan Ketat

Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Riau Darmunansyah sudah mengecek penerbangan perdana tersebut. 

Kepala Subseksi Pemeriksaan Keimigrasian, Ridwan Alfaisi Tanjung, sudah diperintahkan memeriksa administrasi penumpang di Bandara Pekanbaru. 

"Kami sudah pantau keberangkatan internasional menggunakan Pesawat Lion Air JT 56 dengan jumlah penumpang WNI sebanyak 212 Orang," sebut Darmunansyah.

Darmunansyah menyatakan siap koordinasi dengan pihak kesehatan Bandara Sultan Syarif Kasim II dan karantina terkait upaya pencegahan penyebaran Covid-19 maupun Monkey Pox. 

"Semua penumpang dicek menggunakan thermal scanner, semuanya dalam keadaan sehat," katanya.

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat