uefau17.com

Libur Natal dan Tahun Baru, Sejumlah Petugas Siaga di Titik Rawan Jalur Kereta Api Cirebon - Regional

, Cirebon - PT KAI Daops 3 Cirebon menyatakan siap mengawal kelancaran momen libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun 2022. Sejumlah upaya antisipasi juga diminimalisir untuk memberi rasa aman dan nyaman penumpang di tengah cuaca ekstrim.

Vice Presiden Daops 3 Cirebon Takdir Santoso mengatakan, sejumlah petugas diturunkan untuk meminimalisir potensi bahaya akibat cuaca ekstrim yang mengganggu perjalanan kereta api. Takdir mengatakan, petugas sudah menormalisasi saluran air dari tumpukan sampah hingga penempatan alat material untuk siaga (AMUS) di 17 titik.

BACA JUGA: VIDEO: Muncul di Lomba Bulu Tangkis, Iptu Rudiana Ayah Eky Dikecam Pengacara Pegi dan Liga Akbar
BACA JUGA: VIDEO: Viral Ogoh-ogoh di Cirebon Terbakar Akibat Pria Nyalakan Flare
BACA JUGA: VIDEO: Alat Bukti Dianggap Lemah, Pengacara Pegi Minta Polisi Eksaminasi Kasus Vina dari Nol

"Untuk AMUS kami tempatkan di stasiun Pabuaran, Pasirbungur, Pegaden Baru, Haurgeulis, Terisi, Jatibarang, Arjawinangun, Cirebon, Cirebon Prujakan, Babakan, Tanjung, Bulakamba, Brebes, Sindang Laut, Ciledug, Ketanggungan, dan Songgom," ujar Takdir usai memimpin apel Gelar Pasukan angkutan Nataru di Stasiun Cirebon, Kamis (22/12/2022).

Selain itu, Takdir mengatakan telah menyiapkan 45 orang petugas penilik jalan (PPJ) ekstra di sepanjang jalur wilayah Daops 3 Cirebon. Kemudian 10 orang penjaga jalan lintas (PJL) ekstra, 12 orang petugas posko daerah rawan ekstra.

Petugas dan perlengkapan tersebut disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas KA untuk memantau apabila terjadi kondisi yang dapat menghambat perjalanan KA.

"Semua sudah kami siapkan," ujar dia.

Takdir mengatakan, prediksi puncak kedatangan pemudik pada libur Nataru di Stasiun Cirebon pada 23 Desember 2022. Sementara puncak keberangkatan terjadi pada 1 Januari 2023.

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penumpang

Takdir mengatakan, Daops 3 Cirebon telah menyiapkan 14 lokomotif dan 1 rangkaian kereta tambahan Argo Cheribon relasi Cirebon-Gambir (PP). Kereta api tambahan tersebut akan beroperasi setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu.

"Kami mencatat ada peningkatan penumpang hingga 127 persen dibandingkan tahun lalu. Khusus untuk Daops 3 sendiri peningkatannya 40 persen dibandingkan tahun lalu," ujar dia.

Takdir menjelaskan, peningkatan jumlah penumpang tersebut karena tidak ada batasan mobilitas yang ketat pada momen libur Nataru ini. Daops 3 Cirebon sendiri menambah jumlah kursi dan kereta.

Dia menyebutkan, hingga saat ini tercatat ada 3.297 pemudik datang ke Stasiun Cirebon. Sementara 2.567 pemudik telah berangkat dari Stasiun Cirebon.

"Pemudik yang datang didominasi oleh penumpang tujuan dari dan ke Jakarta," ujar Takdir.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat