uefau17.com

Resep Chocolate Churros dengan Saus Karamel Favorit Keluarga - Regional

, Jakarta - Churros merupakan kue donat ala Spanyol yang termasuk kategori pastry. Cara pembuatannya digoreng dan menggunakan tepung sebagai bahan utamanya. Kue ini didampingi saus cokelat dalam penyajiannya.

Selain terkenal di Spanyol, churros juga sangat terkenal di Perancis, Amerika Latin, US, Filipina, dan Portugis. Churros disebut dulunya merupakan camilan atau panganan yang sering disantap oleh para penggembala kambing di pegunungan Spanyol.

Nama churro atau churros ini disebut berasal dari nama kambing yang mereka gembalakan yaitu Navajo-Churro. Tanduk dari domba ini disebut mirip dengan bentuk dari churro yang kita kenal sampai sekarang.

Saus cokelat yang mendampingi kue ini diketahui mengandung senyawa flavonoid yang sangat baik bagi tubuh, salah satunya adalah berperan untuk melebarkan pembuluh darah di dalam otak. Sehingga dengan mengonsumsi cokelat bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah.

Selain itu, jenis flavonoid yang terkandung dalam cokelat hitam dan menurut penelitian dapat memberikan efek positif pada kesehatan jantung. Flavanol diketahui dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan aliran darah ke jantung serta otak.

Tapi ingat, makan cokelat setiap hari dapat membuat berat badan naik, lho. Alasannya, cokelat ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi. Jadi jangan keseringan makan cokelat ya walaupun enak.

Nah, di sini kita akan membuat camilan chocolate churros yang enak dan juga gurih.

 

** bersama BAZNAS bekerja sama membangun solidaritas dengan mengajak masyarakat Indonesia bersedekah untuk korban gempa Cianjur melalui transfer ke rekening:

1. BSI 900.0055.740 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) 2. BCA 686.073.7777 atas nama BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional)

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bahan

- 130 ml susu

- 30 gr kental manis putih

- 30 gr mentega

- 50 gr tepung terigu protein sedang

- 10 gr coklat bubuk

- 50 gr Oreo Coklat

- 1 butir telur

- ⅙ sdt garam

 

Bahan saus karamel:

 

- 80 ml susu

- 60 gr gula pasir

- 40 ml air

- 30 gr mentega

- 60 gr gula palem

- ½ sdt garam

- 1 sdt perisa vanila

- 4 sdm gula pasir (bahan pelapisnya)

3 dari 3 halaman

Cara Membuatnya

1. Untuk sausnya karamelnya, pertama-tama kita masak gula pasir, gula palem, dan air, masak di api sedang hingga larut dan wangi kemudian masukkan susu, mentega, garam, dan perisa vanila, masak selama 2 menit.

2. Lalu untuk adonan churrosnya, kita masak susu, kental manis, mentega, dan garam dengan api sedang kecil hingga larut kemudian masukkan tepung terigu, aduk hingga menyatu.

3. Kemudian kita pindahkan ke dalam mangkuk, lalu diamkan hingga dingin atau hangat kuku.

4. Selanjutnya kita haluskan Oreo Coklat dengan food processor lalu masukkan ke dalam adonan beserta telur, aduk hingga rata.

5. Setelah itu kita tambahkan coklat bubuk sambil disaring, aduk rata.

6. Kemudian kita masukkan piping tip ke dalam piping bag lalu masukkan adonan churros

7. Lanjut kita panaskan minyak, lalu semprotkan churros ke dalam minyak setelah itu kita gunting, kemudian kita goreng churros hingga struktur luar menjadi kering, jangan lupa tiriskan.

8. Untuk taburannya, haluskan gula pasir dengan blender. Balurkan churros ke dalam gula pasir. Churros pun siap dimakan.

Penulis: Fathia Uqimul Haq

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat