uefau17.com

Menikmati Keindahan Pesona Stalaktit dan Stalagmit Gua Gong - Regional

, Pacitan - Pacitan, Jawa Timur, memang dikenal memiliki banyak gua yang indah. Dari sekian banyak gua tersebut, ada satu gua yang cukup menarik dan populer di Asia Tenggara.

Gua tersebut adalah Gua Gong, yang terkenal dengan keindahan panorama stalaktit dan stalagmitnya. Stalaktit adalah batangan kapur yang terdapat pada langit-lagit gua dengan ujung meruncing ke bawah, sedangkan stalagmit merupakan batu kapur berbentuk kerucut yang berdiri tegak di lantai gua.

Destinasi wisata Pacitan ini berlokasi di Jalan Salam, Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, yang berjarak 37 kilometer dari pusat kota. Mengutip dari student-activity.binus.ac.id, gua ini memang merupakan gua terindah di Asia Tenggara. Struktur stalaktit dan stalagmit di gua ini terbentuk secara natural.

Untuk dapat sampai ke Gua Gong, pengunjung harus melalui perjalanan yang cukup panjang. Perjalanan panjang tersebut akan ditemani dengan pemandangan yang indah di sepanjang perjalanan.

Gua Gong memiliki panjang kurang lebih 256 meter dan membutuhkan waktu setidaknya dua jam untuk menyusuri keindahan di dalamnya. Nama 'gong' disematkan karena saat tetesan air terjatuh akan terdengar bunyi seperti gong.

Tak hanya gua, destinasi wisata ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan. Wisatawan yang berkunjung dapat bersantai di gazebo atau menikmati kuliner di warung sekitar. Selain itu, juga terdapat tempat khusus penjualan oleh-oleh khas Goa Gong.

Tak hanya sebagai destinasi wisata, bahkan salah satu ruangan dalam gua ini pernah digunakan sebagai lokasi konser musik. Konser tersebut juga disiarkan secara langsung di empat negara dalam rangka mempromosikan potensi Gua Gong.

 

Penulis: Resla Aknaita Chak

Saksikan video pilihan berita hari ini:

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat