uefau17.com

Relawan Deklarasi Dukungan, Minta Anies Baswedan Maju Pilgub Jakarta 2024 - Pemilu

, Jakarta - Simpul relawan Anies Baswedan resmi mendeklarasikan dukungan untuk Anies Baswedan agar maju sebagai calon gubernur (cagub) pada pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta 2024.

Pernyataan deklarasi dukungan simpul relawan Anies dipimpin Arini Soemardi (dari relawan Pejuang ABW) di Mabes XI, Brawijaya XI, Jakarta Selatan, Sabtu (1/6/2024). Setidaknya, total ada 22 simpul relawan Anies yang ikut dalam deklarasi.

"Kami menyatakan dukungan penuh kepada Anies Rasyid Baswedan untuk maju sebagai calon Gubernur DKI Jakarta pada Pilkada 2024," kata Arini.

Menurut Arini, dukungan diberikan oleh simpul relawan berdasarkan berbagai pertimbangan dan harapan untuk kemajuan Jakarta yang lebih baik.

Pertimbangan pertama, dukungan diberikan oleh para simpul relawan karena kepemimpinan Anies yang telah teruji di Jakarta. Anies dinilai memiliki kapasitas dan integritas.

"Kepemimpinannya yang inklusif dan visioner telah membawa banyak perubahan positif bagi Jakarta," ungkapnya.

Pertimbangan kedua, Anies disebut berprestasi dan mampu menjalankan program nyata. Semisal, program yang telah dijalankan oleh Anies Baswedan, seperti revitalisasi trotoar, penyediaan rumah DP 0 persen, dan program pendidikan Kartu Jakarta Pintar (KJP).

"(Program Anies) telah memberi manfaat nyata bagi warga Jakarta," kata dia.

Pertimbangan terakhir, kata Arini karena adanya dukungan dari warga Jakarta yang cukup banyak kepada Anies. Warga yang memberikan dukungan kembali dianggap telah merasakan langsung manfaat dari kebijakan Anies.

"Dukungan (warga) ini mencerminkan kepercayaan dan harapan masyarakat akan keberlanjutan program- program positif yang telah ada," ucap dia.

Oleh sebab itu, relawan berharap Anies dapat melanjutkan program-program yang telah dirintis sebelumnya kala memimpin Jakarta. Selain itu, Anies juga didorong bisa membawa terobosan baru untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi Jakarta.

"Kami percaya bahwa dengan kepemimpinannya, Jakarta akan menjadi kota yang lebih ramah, inklusif, dan berkelanjutan," katanya.

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PKB Bangun Komunikasi dengan Anies Baswedan Untuk Pilgub Jakarta 2024

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mulai membangun komunikasi dengan Anies Baswedan terkait dukungan untuk pemilihan gubernur (Pilgub) Jakarta 2024. PKB sendiri meyakini elektabilitas Anies di Jakarta saat ini masih tinggi.

"DKI kita sudah melakukan komunikasi oleh Ketum (PKB). Sepenuhnya diserahkan kepada Desk Pilkada. Jadi sedang melakukan pendalaman, diskusi-diskusi dengan Pak Anies Baswedan," kata Ketua Desk Pilkada PKB, Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB Jakarta Pusat, Rabu (29/5/2024).

Abdul Halim akan bertemu Anies Baswedan pada pekan depan, untuk membahas soal Pilgub Jakarta 2024. Jika pembahasan sudah final, Anies nantinya akan menjalani Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK) bakal calon kepala daerah yang diusung PKB.

"Kami ditugasi oleh Ketua Umum (PKB) kami untuk berkomunikasi dengan Pak Anies Baswedan. Kemungkinan minggu depan Ketua Desk Pilkada akan ketemu Pak Anies Baswedan," kata Bendahara Desk Pilkada PKB, Ahmad Iman Sukri.

Iman menyampaikan PKB belum memutuskan apakah akan mengajukan kader partainya untuk menjdi calon wakil gubernur pendamping Anies di Pilkada DKI 2024. Hal ini akan dibahas PKB saat bertemu Anies.

"Sejauh ini survei Pak Anies masih tinggi, mengenai wakil dan macem-macem tinggal dikomunikasikan mungkin minggu depan akan ketemu. Mudah-mudahan DKI ini segera fix," jelas Iman.

Sebelumnya, Anies Baswedan memberi sinyal bakal kembali maju di Pemilihan Gubernur Jakarta 2024-2029. Hal itu dia sampaikan saat bersilaturahmi ke Kampung Muara Baru Penjaringan di Jakarta Utara.

“Saya mendapatkan undangan dari partai-partai politik, ditawarkan, diminta untuk dicalonkan menjadi gubernur dan saat ini saya sedang mempertimbangkan,” kata Anies di Kampung Muara Baru Penjaringan di Jakarta Utara, Minggu (19/5/2024).

“Kembali atau tidak, kembali atau tidak ya?,” tanya Anies ke para warga,

“Kembali!” Maju terus pantang mundur! Maju maju maju,” jawab warga.

3 dari 3 halaman

Anies Mengaku Akan Salat Istikharah

Mendengar hal itu, Anies mengaku akan salat istikharah terdahulu sebelum memutuskan bagaimana langkah politiknya di Pemilihan Gubernur Jakarta pada November mendatang.

"Saya Insya Allah istikharah, saya ingin pertimbangkan, kalau ada aspirasi saya akan amat serius mempertimbangkan,” Anies memungkasi.

“Lanjut pak, lanjut,” seru warga.

Kedatangan Anies sebelumnya disambut meriah warga setempat bak seorang yang masih menjabat sebagai gubernur.

“Pak Anies, Pak Anies!,” seru warga yang menyambut kedatangannya.

Anies pun terlihat semringah dan tersenyum. Dia pun menerima salam dan permintaan foto para warga setempat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat