uefau17.com

Menang Pilpres 2024, Prabowo: Terima Kasih Pak Jokowi, Hari Ini Saya Dapat Mandat dari Rakyat - Pemilu

, Jakarta - KPU resmi menetapkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang dalam Pilpres 2024. Prabowo menyampaikan terima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakannya hak pilihnya di pemilu 2024.

"Dalam hal ini saya atas nama pribadi dan atas nama pasangan calon presiden dan wakil presiden 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka dan juga atas mama Koalisi Indonesia Maju yang telah mengusung kami, ingin menyimpaikan terimakasih dan penghargaan setinggi tingginya kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah menggunakan hak pilihnya pada tahun 2024," kata Prabowo saat jumpa pers di Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Rabu (20/3/2024).

Prabowo juga menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Prabowo mengatakan, Jokowi telah merangkulnya sampai kini ia bisa terpilih sebagai Presiden RI.

"Saya ingin juga menyampaikan terima kasih saya dan penghargaan saya yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI Pak Joko Widodo, dengan kenegarawanan beliau telah memberi contoh rekonsiliasi besar, lawan beliau sekian tahun, sepuluh tahun ya," ucapnya.

"Beliau rangkul dan bahkan beliau yang juga sangat besar mendorong saya, sehingga hari ini saya mendapat mandat dari rakyat," pungkas Prabowo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah selesai melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat nasional untuk 38 provinsi se-Indonesia.

Hasilnya, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut dua Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memperoleh suara terbanyak.

Ketua KPU Hasyim Asyari di KPU RI menyampaikan, Prabowo-Gibran mendapatkan suara terbanyak dalam Pilpres 2024.

"Jumlah suara sah Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 2 H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebanyak 96.214.691 suara," tutur Hasyim di KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/3).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suara Sah Paslon 1 dan 3

Sementara itu, Jumlah suara sah Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 H. Anies Rasyid Baswedan, Ph.D dan Dr, (H.C.) H. A. Muhaimin Iskandar sebanyak 40.971.906 suara.

Jumlah suara sah Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 3 H. Ganjar Pranowo, S.H., dan Prof. Dr. H. M. Mahfud MD sebanyak 27.040.878 suara.

Adapun jumlah suara sah sendiri sebanyak 164.227.475, dan jumlah suara tidak sah sebanyak 4.198.536.

Total keseluruhan suara, baik yang sah dan tidak sah adalah 167.738.033 suara.

Reporter: Muhammad Genantan Saputrato/Merdeka.com

 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat